in ,

12 Tips Traveling yang Aman Saat Kamu Harus Pergi Sendirian

Beberapa tips agar aman traveling sendiri.(Sumber gambar: Rye Jessen on Unsplash)

Tips traveling yang aman – Musim liburan sudah tiba. Biasanya di masa-masa seperti ini, banyak orang menghabiskan waktunya dengan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman atau malah berlibur ke luar daerah.

Ada juga yang memilih untuk berlibur sendirian, menjelajahi daerah yang tidak familiar dengan berbekal keberanian dan tentu saja, uang. Namun, berpetualang sendirian itu bukan berarti mudah. Memang sih, kalau sendirian kamu bisa lebih leluasa mengatur jadwal, nggak perlu adu mulut mau berkunjung ke mana terlebih dahulu, dan tentunya kamu nggak akan bosan kelamaan nunggu orang lain.

Tips Traveling yang Aman Saat Kamu Harus Pergi Sendirian
Bepergian sendiri perlu perisapan yang lebih matang (Sumber gambar: Raychan on Unsplash)

Tapiiii, kamu juga perlu tahu tips traveling yang aman meski sendirian. Karena sejujurnya risiko itu ada di berbagai tempat dan datangnya nggak pernah bilang-bilang. Tapi kamu bisa kok mengecilkan risiko itu karena sudah melakukan persiapan terlebih dahulu. Tips di bawah ini diungkapkan oleh para travelers yang berpengalaman, lho. Yuk, kita simak!

1.Cari Tahu Segalanya

Ketika kamu pergi sendirian, berarti kamulah yang menjadi ‘otak’ dari perjalananmu sendiri. Kamu juga yang bertanggung jawab penuh terhadap kenyamanan dan keselamatan diri sendiri. Sebelum kamu memutuskan untuk pergi, cari tahu secara detail ke mana saja tempat tujuanmu, di mana kamu akan menginap, tranportasi apa yang akan dipakai, berapa biaya yang dibutuhkan dan lain sebagainya.

Tips Traveling yang Aman Saat Kamu Harus Pergi Sendirian
Cari tahu segalanya sebelum bepergian ke tempat tersebut (Sumber gambar: Spencer Davis on Unsplash)

Metthew Karsten, seorang traveler yang juga blogger dan fotografer berpengalaman selama 8 tahun, memberi saran berupa pentingnya mencari tahu tipe kriminal apa saja yang terjadi di tempat tujuanmu. Misalnya saja di tempat tersebut terkenal akan penipuan barang kesenian sebagai oleh-oleh, supir taksi yang gemar menaikkan tarif sembarangan, pencopetan, gundam, dan masih banyak lagi rupanya. Kamu bisa mengubek-ubek Google untuk mencari tahu pengalaman orang lain.

( Baca Juga : Mumpung Masih Muda, Inilah 8 Alasan Kenapa Kamu Butuh Traveling )

2.Beri Tahu Keluarga

Sebelum melakukan perjalanan, jelaskan pada orang terdekat seperti orangtua atau saudara, tempat-tempat yang akan kamu kunjungi, kapan waktu keberangkatan dan kepulangan. Hal itu sangat penting sebagai upaya berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak mengenakkan, dan juga mengurangi kekhawatiran mereka.

3.Jangan Pernah Gunakan Saku Belakang

Kalau kamu punya kebiasaan buruk menyimpan ponsel atau uang di saku belakang, sebaiknya jahit saja saku itu agar kamu nggak bisa menaruhnya di sana lagi. Saku memang nyaman untuk dipakai karena kita tidak perlu membuka ritsleting dulu, jadi tinggal comot. Tapi melakukannya sama saja kamu mengundang pencuri untuk mengambil barang lebih mudah.

Jika kamu terpaksa meletakkan barang di saku, taruhlah di saku depan agar setidaknya kalau ada yang berniat mencurinya akan berpikir-pikir lagi sebab kamu bisa mengetahuinya. Pastikan juga saku yang kamu pakai itu memiliki kedalaman yang memadai. Kalau dangkal, yah, uang atau ponselmu bisa jatuh dan ujung-ujungnya diambil orang.

4.Hati-hati dengan WiFi Umum

Menggunakan WiFi umum memang lebih mudah. Kamu tidak perlu menggunakan kuota data atau beli paketnya dan dirasa bisa menghemat pengeluaran. Namun ternyata, WiFi publik juga memudahkan peretas untuk mengulik informasi dari ponsel atau laptop kita, lho!

Jadi kalau bisa, pakai kuota data sendiri aja, ya.

5.Cek Rute Darurat di Tempat Kamu Menginap

Tips traveling aman kelima adalah cek rute darurat. Kebiasaan kita kalau sedang berlibur adalah melihat apakah isi kamar memuaskan dan nyaman. Sebaiknya kamu juga harus memperhatikan rute darurat tempat tersebut. Apakah ada tanda-tanda yang terpasang di dinding atau pintu-pintu, bagaimana rute tersebut berjalan, dan hal-hal lain yang bersangkutan dengannya. Kita tidak pernah tahu kapan pengetahuan itu akan berguna.

( Baca Juga : Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Cocok Untuk Foto Prewedding )

6.Jangan Biarkan Orang Asing Masuk Sembarangan

Pas lagi istirahat, tiba-tiba ada yang mengetuk pintu kamarmu dengan alasan hendak melakukan perawatan atau bersih-bersih. Eits, tunggu dulu! Kamu harus pastikan pada pihak tempat menginap kalau mereka adalah betul-betul pegawai yang sedang bertugas dengan menelepon terlebih dahulu. Karena pelaku kejahatan bisa menyamar menjadi petugas hotel demi memasuki kamar turis.

7.Hati-hati dengan Uang

Kamu pasti sudah tahu betapa pentingnya menjaga kerahasiaan pin ATM ketika harus mengambil uang di bilik ATM. Jangan sampai ada yang mengintip dari balik punggungmu. Kamu juga perlu waspada kalau-kalau ada orang mencurigakan yang bisa saja membawa kabur uang yang kamu ambil.

Selain itu kamu harus mempersiapkan uang cadangan. Sebanyak apa jumlahnya itu tergantung dari kepentingan masing-masing. Yang jelas, kamu bisa menyelipkannya di pakaian, namun terletak jauh di dalam, misal di saku rahasia yang terletak di balik baju atau celana.

8.Jangan Pernah Lengah

Tips berwisata yang Aman Saat Kamu Harus Pergi Sendirian
Jangan pernah lengah karena risiko ada di mana saja (Sumber gambar: Joel Mott on Unsplash)

Ingat, jangan pernah terlihat rentan dan kurang waspada akan sekeliling. Ada baiknya kamu pegang erat ransel kamu meski sedang duduk di dalam kendaraan. Jangan kamu letakkan begitu saja meski kamu menganggap kondisi aman. Bisa juga kamu mengaitkan tas dengan suatu benda dengan kursi tempat duduk, tangan, atau kakimu. Hal itu dimaksudkan untuk menyusahkan pencuri yang biasanya berlari cepat, kabur dengan barang curian.

9.Jangan Berpenampilan Mencolok

Bepergian sendirian memang menyenangkan, tetapi bukan berarti kamu bisa berpenampilan sesuka hati. Simpan dulu perhiasan dan jam tangan mahalmu agar tidak jadi sasaran empuk pencuri. Kalau bisa gunakan pakaian yang sedikit-banyak membaur dengan orang sekitar. Jika kamu berpenampilan yang terlalu menggambarkan kamu adalah orang asing di daerah itu, risikonya jadi lebih besar apalagi kamu berpegian seorang diri.

10.SKSD pun Tak Apa

SKSD alias sok kenal sok dekat dengan sesama turis atau warga lokal? Ya, itu memang kadang diperlukan sih, apalagi ketika kamu berjalan di tempat gelap atau sepi, maka berjalanlah lebih dekat di belakang orang lain agar kamu tidak terlihat sendiri.

Yang perlu diingat, jangan umbar informasi pribadi dengan orang lain meski ia terlihat ramah dan baik sekalipun. Jika mereka bertanya di mana kamu menginap, jangan sebutkan secara gamblang. Kamu juga bisa mendekati warga lokal untuk bertanya berapa biaya trasnportasi di sana, tempat makan apa yang paling enak, dan lain sebagainya.

11.Siapkan P3K

Bukan berarti kamu perlu bawa kotak P3K ke mana-mana sih. Tapi paling nggak siapkan obat-obatan yang paling mendasar sesuai kebutuhanmu. Kalau kamu punya penyakit tertentu, siapkan obat itu dan bawa ke mana saja, apalagi yang berhubungan dengan perut.

12.Tampil Tangguh

Tips berwisata yang Aman Saat Kamu Harus Pergi Sendirian
Tips Traveling yang Aman Saat Kamu Harus Pergi Sendirian, Tetap waspada di mana saja (Sumber gambar: Lerone Pieters on Unsplash)

Baca Juga : Penuh Liku-liku dan Menantang, Taman Labirin Ini Bisa Bikin Cepat Move On dari Mantan!

Meski merasa khawatir, cemas, atau takut, jangan tampilkan itu di wajahmu. Kamu harus tampil percaya diri dan berani agar orang yang berniat buruk akan berpikir dua kali untuk berbuat buruk padamu. Dasar ilmu bela diri bagi orang yang senang bepergian sendiri tentu akan berguna sekali.

Nah. itu dia tips traveling yang aman meski sendirian. Selamat berlibur, teman-teman! Tetap aman, selamat, dan semoga menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mau Coba Traveling yang Ramah Lingkungan? Lakukan 5 Tips Ini

Inilah yang Sebenarnya Dibutuhkan oleh Generasi Milenial