in

Tips Menjadi Freelancer yang Sukses, Praktis untuk Diterapkan

Apakah kamu suka pekerjaan yang fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja? Atau mungkin pekerjaan di bidang yang disukai dan tentunya dengan nominal penghasilan yang menjanjikan. Siapa yang tidak tertarik bekerja seperti itu? Salah satu pekerjaan fleksibel yang dimaksud adalah menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas. Lalu bagaimana tips menjadi freelancer yang sukses?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa BPS menunjukkan angka kenaikan jumlah freelancer di Indonesia sebesar 26% dari tahun 2019 lalu semenjak pandemi berlangsung. Menjadi seorang freelancer sangat membuka peluang bagi para job seeker dan fresh graduated untuk mencicipi dunia kerja. Atau bisa jadi justru akan menemukan passion di sini. Jangan salah juga karena ternyata para pekerja kantoran pun banyak yang memilih menjadi seorang freelancer. Lumayan bisa nambah uang jajan bahkan bisa punya banyak tabungan. Iya kan?

Simak Tips Menjadi Freelancer Berikut Ini

Fleksibilitas dalam bekerja bukan berarti  tidak profesional ya. Kita justru harus mengatur ritme dan target kerja sendiri. Kalau tidak disiplin dengan deadline, kita sendiri yang akan kewalahan menghadapi klien. Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba pekerjaan satu ini? Yuk mari simak tips menjadi freelancer yang sukses. Berikut tipsnya.

  1. Bangun Personal Branding

Personal branding di sini sangat dibutuhkan agar calon klien percaya dengan keahlian kamu. Ini salah satu trik untuk memasarkan diri melalui apa yang terlihat oleh mereka. Caranya yang tepat untuk membangun personal branding adalah dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki. Cobalah untuk menunjukkan hasil karyamu di platform media sosialmu, siapa tahu salah satu followers-mu sedang mencari seseorang yang punya passion sepertimu. Atau kamu akan dilirik oleh perusahaan maupun calon klien yang mampir di media sosialmu. Jadi, manfaatkan peluang itu dengan baik, ya.

  1. Tips Menjadi Freelancer yang Penting: Disiplin Waktu!

Kalau kamu membiasakan diri untuk disiplin memanfaatkan waktu, kemampuan ini akan sangat membantu ketika mendapatkan suatu project. Freelancer juga dituntut bekerja sesuai dengan deadline dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Kalau kerjanya asal-asalan dan malas-malasan, klien akan kabur nanti. So, disiplin waktu di sini juga menjadi tanggung jawabmu kepada klien. Kalau kinerja kita bagus, klien pun juga akan senang. Dan akan membuka peluang-peluang baik setelah pekerjaanmu selesai.

  1. Update Informasi Terbaru

Dengan mengetahui tren yang sedang kekinian, selalu update informasi terbaru, tentu akan memberikan hasil pekerjaan yang lebih relevan kepada klien. Jadi penting untuk memiliki keingintahuan yang tinggi mengenai isu terkini terutama pada hal yang sedang kita geluti saat ini. Jangan lelah untuk belajar yaa sahabat Ublik!

  1. Kerjakan Hal yang Kamu Suka

Poin penting berikutnya tentang tips menjadi seorang freelancer adalah ini, mengerjakan hal yang disukai. Sering dengar kan istilah ini, “Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah melakukan hobby yang disukai dan dibayar.” Nah, akan sangat menyenangkan bukan kalau apa yang menjadi pekerjaan kita adalah apa yang kita sukai selama ini. Namun tidak menutup kemungkinan ada rasa bosan dan malas suatu waktu menghampiri kita. Pastinya kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Yang terpenting asah terus kemampuan kita dan jangan bosan buat belajar.

tips menjadi freelancer

  1. Tentukan Tarif yang Sesuai dengan Keahlianmu

Seiring dengan project yang kita kerjakan menjadi seorang freelancer tentu sangat penting untuk tahu tentang hal ini. Berapa tarif yang akan kita kenakan kepada klien? Tidak sembarang klien disama ratakan ‘kan tarifnya? Pelajari dulu tingkat kesulitannya, dan cari tahu juga dari freelancer lain terkait tarif ini, berapa biasanya. Lakukan riset agar tahu harga di pasaran pada umumnya. Intinya, pintarlah dalam bernegosiasi juga dengan klien. Agar kita tidak rugi dan harga yang diberikan memang layak dan setara dengan pekerjaan yang kita lakukan.

  1. Tips Menjadi Freelancer, Selalu Tingkatkan Skill

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, tentu perlu strategi supaya kita menguasai dunia digital juga. Seperti quotes ini,

“The future belongs to those who can connect creativity to technology”

~Walter Isaacson

Jadi kita juga perlu untuk meng-upgrade diri dan skill yang kita miliki dengan mengikuti perkembangan zaman.. Kita bisa meningkatkan skill di bidang digital marketing misalnya, optimasi SEO, menganalisis tren pencarian di google dengan aplikasi, dan hal-hal lain yang dapat menunjang karir kita sebagai seorang freelancer.

  1. Daftar di Platform Khusus Freelancer

Karena menjadi freelancer juga harus pintar memanfaatkan peluang, maka langkah ini penting untuk dilakukan supaya kamu jadi freelancer sukses. Kita harus pintar mencari klien, kalau dapat klien maka itu jadi sumber penghasilan utama bukan? Ini juga akan memperluas jaringan kita dan menjangkau klien lebih mudah. Nah, ada beberapa platform atau aplikasi yang bisa kamu coba daftar untuk  menjangkau klien lebih luas. Di antaranya adalah projets.co.id, fastwork, sribulancer, upwork, 99design, fiverr, dan masih banyak lagi. Siapa tahu kamu juga bisa dapat klien dari luar negeri dari sini. Kalau dolar dirupiahkan kan lumayan juga to? Selamat mencoba 🙂

  1. Tunjukkan Portofolio yang Menarik

Selain membangun personal branding tadi, portofolio juga penting buat diperhatikan. Ini adalah bukti nyata dari pekerjaan kita. Tunjukkan portofoliomu agar menarik dan dilirik oleh klien. Kamu bisa buat portofoliomu di suatu website dengan tampilan yang menarik. Hal ini juga menunjang personal branding-mu agar lebih terlihat kredibel dan profesional.

Nah itu tadi sahabat Ublik beberapa tips menjadi freelancer yang sukses. Tertarik untuk mencoba? Yuk, mulai detik ini juga.  Semangaatttt! 🙂

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

gejala burnout

Cara Mudah Mengatasi Gejala Burnout Akibat Lelah Bekerja

fakta tentang turki

7 Fakta tentang Turki yang, Masih Jarang Kita Ketahui