in ,

Kamu Sering Gagal Fokus? Coba 5 Tips Mengatasi Distraksi Berikut Ini

Tips untuk menghindari gagal focus (Sumber gambar: medium.com)

Pernah nggak, lagi niat mau mengerjakan sesuatu tapi pikiran kita lompat ke sana kemari? Niat awalnya sih mulia sekali, ingin belajar untuk tes, ingin mengetik naskah, ingin berlatih desain, ingin ini ingin itu banyak sekali. Eh, malah ketularan nyanyi soundtrack Doraemon. Hehe.

Nggak usah malu untuk mengakui kalau memang setiap ingin fokus melakukan sesuatu yang berguna, ada saja makhluk tak kasatmata yang dijuluki distraksi di kepala kita. Mereka seolah-olah selalu menggoda otak kita untuk memikirkan hal lain, yang bahkan tidak ada hubungannya dengan apa yang sedang dikerjakan.

Misalnya saat kalian mau belajar, tiba-tiba kepikiran apakah mendung yang tadi menggantung betul-betul akan menurunkan hujan atau cuma lewat saja, sedangkan jemuran masih nangkring di luar. Ujung-ujungnya kelamaan ‘menunggu konfirmasi’ hujan, niat belajar pun raib.

Itu baru satu contoh. Belum lagi kekuatan luar biasa yang dimiliki media sosial yang menjadi salah satu sebab umum kita jadi gagal fokus.

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, berikut tips yang bisa kita coba lakukan jika sedang gagal fokus.

1.Bikin Daftar Hal yang Membuat Kamu Terdistraksi

Buat daftar distraksi yang kamu pikirkan (SUmber gambar: yourstory.com)

Tips yang satu ini ditulis oleh Nick Wignall di dalam salah satu artikelnya yang diterbitkan oleh medium.com, berjudul The Distractions List: A Simple Technique for Better Focus. Penulis sekaligus seorang psikolog klinis ini menyebutkan bahwa membuat daftar hal distraksi yang terjadi padamu mampu membuat pikiran lebih fokus.

Nick Wignall menyebutkan bahwa, biasanya pikiran-pikiran yang menyelip dan membuat kita gagal fokus itu terus muncul secara berulang sebab itulah yang dilakukan otak manusia saat berusaha mengingatkan hal penting.

Kita ambil saja contoh yang sudah disinggung di atas; tentang langit mendung, hujan, dan nasib jemuran. Bisa saja kamu sedang menjemur pakaian yang harus dipakai esok hari, sehingga kamu harus bergerak cepat menyelamatkannya dari air hujan. Itulah mengapa otakmu terus memperingatkan kamu tentang hal tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Sukses Memulai Bisnis di Usia Muda

Untuk melakukan tips ini tidaklah sulit. Bahkan, sangat sederhana apalagi untuk kamu yang tidak mau repot. Yang perlu dilakukan hanya menyiapkan pensil atau pulpen, dan buku catatan. Pertama, lakukan hal yang ingin kamu lakukan. Kamu bisa membaca, belajar, mendesain sesuatu, dan lain-lain. Di saat kamu melakukannya, lalu ada hal yang bikin fokusmu terganggu, segera ambil alat tulis dan buku catatan yang kamu letakkan di dekatmu. Tuliskan apa saja yang menjadi penyebab kamu gagal fokus.

Walau terkesan amat sederhana dan mungkin kamu sukar memercayainya, tetapi ternyata dengan menuliskan daftar distraksi itu akan membuat otakmu lebih rileks. Itu disebabkan adanya catatan yang akan membantu otak melewatkan hal-hal penting. Setelah kamu menuliskannya dan selesai mengerjakan kewajibanmu, maka perikasalah daftar itu. Dan kamu bisa mencari solusi dari setiap poin yang tercatat di sana.

2.Simpan Gawai atau Singkirkan Jauh-Jauh

Singkirkan gawai untuk sementara (Sumber gambar: zdnet.com)

Bermain gawai atau gadget memang menyenangkan. Nggak anak-anak, kaum muda, orang tua, semua gemar bermain gawai setiap ada waktu. Tapi sadar nggak sih kalau sebenarnya banyak waktu yang terbuang dari berbagai aktivitas yang kita lakukan dengan gawai?

Nah, sayangnya, kecintaan kita pada gawai ini juga hadir saat kita sedang dituntut untuk fokus. Semestinya belajar, eh, malah terpikir tentang jumlah likes yang kita dapatkan dari foto yang baru diunggah. Tangan pun merayap lagi ke gawai yang cuma ditaruh di dekat kita.

Menyingkirkan gawai sejenak memang agak sulit, tetapi kedisiplinan itu memang diperlukan kalau kita mau belajar fokus. Saat waktunya bekerja, letakkan gawai jauh-jauh, pokoknya yang tidak terjangkau mata deh biar nggak bisa dilirik-lirik setiap layar menyala. Atau bisa juga simpan di dalam laci.

Setelah semua urusan kelar dan kamu sudah melaksanakan kewajiban, baru deh bisa pegang gawai lagi.

Baca Juga : Sejarah Media Sosial dan Hal-hal yang Jarang Kita Sadari di Internet

3.Istirahat yang Cukup

Istirahat cukup itu penting (Sumber gambar: bbc.co.uk)

Gagal fokus juga bisa disebabkan karena kamu kurang tidur, lho. Saat kita kurang istirahat, kita cenderung sulit berkonsentrasi. Baru baca buku satu kalimat, mulut sudah terbuka lebar karena menguap terus. Kelopak mata juga ikutan terus menurun seperti tidak berdaya.

Cara satu-satunya untuk mengatasi kurangnya istirahat adalah tidur yang cukup. Tinggalkan sejenak apa yang ingin kamu kerjakan agar tubuh bisa beristirahat beberapa saat, sebelum memulai aktivitas lagi.

4.Coba Meditasi, yuk!

Meditasi untuk menenangkan pikiran (Sumber gambar: yogajournal.com)

Ih, meditasi? Memang perlu?

Orang yang memiliki banyak pikiran dan kerap mencemaskan sesuatu, bisa mencoba cara yang satu ini. Banyak teknik meditasi yang bertebaran di YouTube, sehingga kamu bisa mengikuti langkah demi langkahnya.

Hal yang biasanya diutamakan saat meditasi adalah nafas. Nafas kamu akan menjadi lebih teratur sehingga perasaan tenang dan nyaman akan menjalari tubuh. Pikiran yang semula ruwet dan membuatmu gagal fokus, biasanya akan menjadi lebih tearah seiring jalannya waktu.

Lakukan tips yang satu ini sampai kamu merasa betul-betul siap untuk kembali melanjutkan aktivitas, ya.

Baca juga: Hati-hati, Hoax Tak Hanya Tahan Bibir Tapi Juga Tahan Jempol

5.Olahraga Teratur

Olahraga penting untuk memaksimalkan fungsi otak (Sumber gambar: sport-egger.com)

Dikutip dari cnnindonesia.com, menurut penelitian, olahraga secara teratur membantu otak sebagai kunci untuk memori, konsentrasi, dan ketajaman mental. Ternyata manfaat olahraga bukan hanya untuk kebugaran tubuh saja, namun membantu otak tetap aktif agar bisa melaksanakan fungsinya dengan baik.

Itulah 5 tips untuk mengatasi distraksi agar lebih fokus mengerjakan sesuatu. Mana yang sudah kamu terapkan?

Tempat wisata di bandung untuk foto prewedding

Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Cocok Untuk Foto Prewedding

Bagaimana Hidup Tanpa Media Sosial Tanpa Ketinggalan Tren Baru?