in , ,

Tips Membeli Tiket Kereta Api Online untuk Mudik Lebaran 2019

Beli tiket kereta api online memang memudahkan, sudah pesan di mana?

Kamu yang mau mudik, sudah beli tiket kereta?

Sahabat Ublik, bekerja di luar kota memang selalu memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya dalam membeli tiket kereta api untuk mudik. Bagaimana, apakah kalian sudah berhasil membeli tiket kereta api? Karena semakin bertumbuhnya minat masyarakat dengan transportasi yang satu ini membuat tiket kereta api selalu ludes bahkan sejak awal-awal penjualan pada Februari lalu.

Selama lebaran 2019 yang diperkirakan jatuh pada tanggal 5-6 Juni, KAI mengoperasikan 356 KA Reguler dan 50 KA tambahan setiap harinya.

Baca juga;

Pada awal penjualan, tiket kereta api mudik lebaran telah terjual sebesa 24% dari jumlah ketersediaan tiket untuk rute dan tanggal keberangkatan favorit.  Namun tenag saja, seperti yang sudah diberitahukan oleh Direktur Utama PT. KAI, bahwa mereka akan menambah kereta lebaran agar mampu menampung lebih banyak penumpang. Dan tentu sebagaimana tiket kereta sebelumnya, tiket kereta ini juga terbatas.

Tapi bagi kalian yang belum berhasil mendapatkannya, tenang saja, Ublik temani dengan tips membeli tiket kereta api untuk mudik lebaran yang tinggal sebentar lagi.

mudik , kereta api
Sudah beli tiket kereta, mau mudik ke mana? (Sumber gambar: Ublik.id/Restia)

Tips pertama : Jangan Pesan Melalui Satu Saluran Saja

Kamu harus tahu, bahwa sekarang ini tiket kereta api sudah bisa dipesan melalui beberapa channel. Jadi apabila kalian sedang melakukan pemesanan tetapi loading-nya terlalu lama, jangan menunggu, pindah ke channel yang lain.

Maraknya situs perjalanan sampai situs jual beli e-commerce saat ini tentu memudahkan kita untuk membeli tiket kereta api. Jangan sia-siakan mereka yang sudah menjamur di mana-mana dan hanya mengandalkan satu pintu pemesanan saja.

Tips Kedua : Siapkan Gadget dan Koneksi Internet

Karena kita memesannya secara online, maka yang perlu diperhatikan adalah koneksi internet kita. Pastikan kuota internetmu cukup untuk menuntaskan pemesanan. Jangan sampai sudah mendapatkan tiket tapi kuota habis tengah malam. Tiket akan hangus karena biasanya mereka hanya memberikan waktu satu jam untuk melakukan pembayaran. Lebih dari itu tiket akan hangus dan akan dijual kembali oleh mereka. Benar-benar perhatikan ya.

Tips Ketiga : Cek Ketersediaan Tiket Secara Berkala

Jangan sedih ketika belum mendapatkan tiket kereta untuk mudik lebaranmu. Tiket bisa saja habis ketika kamu melakukan reservasi untuk pertama kali, tetapi coba cek secara berkala. Karena KAI menyediakan layanan berupa pembatalan tiket. Jadi ketika ada tiket yang dibatalkan atau berubah jadwal, maka tiket lama akan muncul kembali ke sistem dan dijual kembali melalui seluruh saluran penjualan tiket kereta api yang bekerja sama dengan PT. KAI.

tiket , kereta api
Sudah beli tiket online, kereta api siap berangkat (Sumber gambar: Ublik.id/Restia)

Tips Keempat : Pantau Informasi Tambahan Tiket Kereta Api

Menurut Edi Sukmono selaku Direktur Utama PT. KAI. Tiket kereta tambahan sudah bisa dipesan 60 hari sebelum lebaran. Maka siap-siap untuk terus memantaunya dan menjadi tim cepat. Jangan lupa tips satu dan dua diterapkan untuk mendapatkan tiket kereta api tambahan ini.

Tips Kelima : Cari Rute dan Tanggal Alternatif

Biasanya tiket kereta untuk rute favorit memang lebih cepat habis jika kita tidak menjadi satu dari sekian banyak orang yang berebut. Nah, jika memang kamu tidak bisa mendapatkan tiket kereta dengan jalur favorit itu. Ada baiknya agar tetap bisa pulang dan lebaran bersama keluarga, kamu perlu menyiapkan rute dan tanggal alternatif.

Jika rute langsung dari Jakarta ke Yogya sudah habis, maka kamu bisa naik kereta api lanjutan. Apa sih rute lanjutan itu? Rute lanjutan adalah alternatif yang akan memberika pilihan pembelian tiket melalui sistem transit. Jadi kamu akan naik dua kereta untuk mencapai tempat yang dituju.

Kalau kamu ingin ke Yogya, maka ada tiga stasiun transit yang bisa dipilih. Yaitu Bandung, Purwokerto, dan Cirebon. Baru kemudian naik kereta lagi menuju Yogya.

Oh, iya. Jangan lupa untuk memberi jeda waktu antara transit dan pemberangkatan menuju Yogya ya. Hal ini demi mengantisipasi supaya kita punya cukup waktu untuk pindah ke kereta selanjutnya tanpa takut tertinggal kereta.

Memang perlu strategi lebih ketika ingin pulang ke kampung halaman ketika musim liburan tiba. Tapi ada satu hal paling penting dari kelima tips itu, yaitu bersabar dan tidak mudah putus asa ketika sedang melakukan reservasi. Ulangi lagi tips di atas ketika kamu belum juga berhasil mendapatkan tiket yang diinginkan.

Oh iya, satu lagi. Bagi yang mudik ke Jatim, ada program tiket mudik dan balik gratis yang merupakan program kerja sama dari PT. KAI dengan Pemprov Jatim yang tersedia mulai 7 sampai 10 Juni 2019 sebanyak 4.240 tiket.

Menurut Luqman Arif, Manajer Humas PT. KAI Daop 9 Jember. Pemesanan tiket gratis ini bisa dilakukan mulai 1 April 2019. Dan tiket gratis ini hanya untuk dua KA ini : KA Probowangi jurusan Banyuwangi – Surabaya Gubeng dan KA Tawangalun jurusan Banyuwangi – Malang.

Tetapi sayangnya, kamu tidak bisa memesan tiket gratis ini secara online. Pemesanan tiket gratis ini sendiri dilayani mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

 

(Sumber gambar utama: Muhammad Rasyid)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

Mengapa Wanita Suka Berkompetisi dengan Wanita Lain?

menulis , jurnal harian

Ingin Lebih Cepat Wujudkan Impian? Mulailah Membuat Jurnal Harian