in

Tips Berkarya dan Menjadi Produktif di Masa Pandemi Covid-19

Covid-19 yang tengah melanda Indonesia menjadi salah satu ancaman besar masyarakat Indonesia saat ini. Pemerintah melalui Satuan Tugas Covid-19 mencatat per 1 Maret 2021 kasus Covid-19 di Indonesia telah mencapai 1.341.314 orang. Akibatnya, semua sektor menjadi kurang produktif bahkan merasakan dampak negatif dari adanya Covid-19 mulai dari ekonomi, sosial, pendidikan, pariwisata, pertanian dan lain lain.

Waktu luang yang berlimpah hingga aktivitas yang semuanya dilakukan di rumah menjadi fenomena baru yang dapat kita rasakan saat ini. Di tengah kondisi pandemi saat ini, sudah seharusnya kita dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan potensi yang kita miliki untuk dapat terus produktif dalam menghasilkan karya serta mengembangkan skill yang kita miliki. Namun, nyatanya tidak sedikit pemuda yang menyia-nyiakan peluang itu dengan bermalas-malasan.

Di satu sisi, tidak sedikit pula pemuda yang melihat pandemi sebagai peluang yang berharga untuk menjadikan kita lebih produktif. Mulai dari mengikuti berbagai webinar series, mengikuti berbagai kompetisi, menghasilkan karya, hingga mengisinya untuk magang dan bekerja.

(Baca juga: Gaya Hidup Sehat dan Stylish yang Mudah Dipraktikkan)

Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, banyak sekali  skill yang dapat kita kembangkan mulai dari menulis, membuat poster, membuat microblog, dan masih banyak lagi. Berikut terdapat beberapa tips dari penulis yang dapat kita lakukan di masa pandemi Covid-19 saat ini agar dapat terus mengoptimalkan waktu kita untuk meningkatkan skill yang ingin kita kembangkan.

Luruskan Niat dan Kuatkan Tekad untuk Jadi Produktif

Tips Berkarya dan Menjadi Produktif di Masa Pandemi Covid-19
(foto: pixabay)

Niat yang tulus disertai tekad yang kuat menjadi kunci awal dalam meningkatkan serta skill yang ingin kita kembangkan. Dengan meluruskan niat serta membulatkan tekad, maka kita sudah berkomitmen untuk terus maju, produktif, dan siap menghadapi tantangan apapun yang terjadi kedepannya ketika kita mulai melatih skill kita, seperti malas, kegagalan, dan lain lain.

Produktif dalam Hal Apa? Pasang Target yang Spesifik

Tips Berkarya dan Menjadi Produktif di Masa Pandemi Covid-19
(foto: pixabay)

Setelah meluruskan niat dan membulatkan tekad, maka kita perlu memasang target atau capaian yang ingin kita realisasikan. Sebagai contoh, kita ingin melatih kemampuan menulis maka kita dapat memasang target berupa :

(a). Dalam satu bulan menghasilkan satu tulisan,

(b). Mengikuti kompetisi menulis,

(c). Menjadi juara dalam kompetisi menulis.

Dengan memasang target yang kita inginkan, maka secara langsung dapat memacu semangat kita untuk terus berlatih dan mengembangkan skill yang kita miliki.

Mulai Take Action untuk Melatih Soft Skill yang Diinginkan

Setelah memasang target yang diinginkan untuk dicapai, maka saatnya kita memulai take action untuk mencoba melatih serta mengembangkan skill yang kita punya. Pada umumnya, banyak orang yang gagal untuk bertahan pada tahap ketiga ini. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, seperti pengaruh rasa malas, lingkungan yang tidak mendukung, serta mudah menyerah ketika melihat hasil yang dibuat tidak sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan.

Oleh karena itu, pada tahap ini merupakan tahap paling penting dalam meningkatkan serta mengembangkan skill yang kita miliki. Bagaimana tidak? Ketika kita tidak berani untuk memulai dan tidak bisa bertahan dengan segala masalah-masalah yang akan menghadapi kita nantinya, bagaimana skill kita dapat menjadi sempurna dan membuahkan hasil yang maksimal?

Coba untuk Melatih Diri dengan Mengikuti Kompetisi

Melatih diri dengan mengikuti berbagai macam kompetisi menjadi solusi untuk mengetahui kemampuan skill yang telah kita kembangkan serta mengidentifikasi kesalahan atau hal apa saja yang perlu diperhatikan agar karya yang kita buat dapat menarik dan menjadi perhatian banyak orang.

Selain itu, dengan mengikuti kompetisi kita juga dapat menjalin relasi dengan orang-orang baru yang memiliki kemampuan atau ketertarikan yang sama dengan skill yang kita kembangkan, sehingga kita dapat belajar bersama-sama dan menambah pengetahuan baru terkait skill tersebut.

Terus Berlatih dan Jangan Pernah Berhenti Mencoba

Setelah mencoba melatih diri dengan mengikuti berbagai macam kompetisi, kita jangan puas sampai disini. Terus berlatih dan kembangkan skill yang kita miliki. Gagal? Hal yang biasa. Banyak pemuda yang memiliki semangat juang yang lemah. Ketika dihadapkan pada suatu kegagalan dalam percobaan pertama atau bahkan kedua dan ketiga, banyak yang berpikiran negatif seperi ini.

“Karyaku sejelek itu ya?”

“Yah, kalah. Lain kali gausah ikut lagi deh.”

Atau kalimat-kalimat lain yang justru tidak bersifat membangun. Ingat! Orang hebat lahir dari semangat juang yang kuat, kegagalan bukanlah penghalang kalian menuju kesuksesan. Tapi, jadikanlah kegagalan sebagai pembelajaran untuk batu loncatan kehidupan. Teruslah mencoba dan berlatih hingga hasil karya yang kita kerjakan menjadi tampak luar biasa, jangan pernah berhenti karena kegagalan yang terus kalian alami, jangan pernah berhenti hanya karena pikiran-pikiran negatif yang selalu menghantui. Yakin dan percayalah bahwa semua perjuangan yang kalian lakukan akan menghasilkan kebahagiaan di waktu yang akan datang.

( Baca juga: Buatmu yang Pernah Berpikir Mengakhiri Hidup, Bertahanlah Sekali Lagi )

Pandemi yang saat ini sedang melanda  dunia, termasuk Indonesia seharusnya bukanlah menjadi suatu penghalang bagi kita untuk terus menghasilkan karya dan menjadi produktif guna kebutuhan hidup kita masing-masing. Semoga  tips yang diberikan dapat menjadi pemantik teman-teman guna meningkatkan produktivitas selama masa pandemi Covid-19 di Indonesia dan dapat terus berjuang dalam mengembangkan serta mengasah skill yang dimiliki sehingga dapat menghasilkan karya-karya hebat di masa yang akan datang.

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cegah Meningitis Mumpung Masih Muda, Kenali Juga Penyebabnya

Cegah Meningitis Mumpung Masih Muda, Kenali Juga Penyebabnya

Melawan Insecurity, Menjadi Pribadi yang Lebih Percaya Diri