in ,

8 Tips Belajar Otodidak, Biar Makin Mudah Belajar Banyak Hal

Belajar sudah menjadi hal yang wajib dalam menuntut ilmu, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Seperti halnya diberi tugas dari sekolah, kalian dituntut untuk mengerjakannya secara mandiri di rumah. Nah, tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru tersebut adalah salah satu cara agar murid-muridnya belajar sendiri mengenai apa yang telah dipelajari di sekolah.

Namun, belajar tidak hanya diperoleh secara formal seperti di lembaga atau sekolah yang dibatasi oleh ruang dan guru, sesorang juga dapat mempelajari suatu ilmu secara otodidak. Otodidak adalah belajar secara sendiri atau mandiri tanpa ada seseorang lain yang mengajarinya.

Belajar otodidak ini dinilai efektif, karena langsung fokus pada bidang yang akan dicapai oleh seseorang tersebut. Hal ini dikarenakan pengetahuan yang terbatas atau sempit yang diperoleh dari pendidikan formal. Maka dari itu, kita dipaksa untuk mencari segala pengetahuan itu sendiri.

Baca Juga: 8 Cara Mengatur Pola Belajar Yang Efisien

Dengan otodidak, seseorang dapat lebih mudah mempelajari apa yang mereka ingin pelajari. Meskipun terlihat susah, namun cara belajar ini memiliki banyak manfaat, yaitu melatih diri kita agar tidak mudah menggantungkan terhadap orang lain. Belajar otodidak juga dapat membuat kita berpikir kreatif dan kritis.

Namun, adakalanya kita merasa jenuh dan bosan jika tidak terbiasa belajar otodidak. Nah, berikut ini adalah beberapa tips melatih diri belajar otodidak. Yuk, mari disimak!

8 Tips Belajar Otodidak

1. Tentukan Subjek Yang Akan Dipelajari

Menentukan subjek yang akan dipelajari ini menjadi hal yang mendasar, karena jika belajar otodidak secara asal-asalan tanpa tahu apa yang akan dipelajari, maka hasil tidak akan maksimal. Contohnya, seseorang ingin mempelajari tentang kepenulisan, tetapi ia tidak mendapatkan ilmu tersebut dalam kuliahnya. Lalu, seseorang tersebut belajar dengan otodidak mengenai kepenulisan seperti memulai riset, sering mencatat mencatat, dan mempraktikkannya dengan menulis setiap hari.

2. Buat Rencana atau Planning.

8 tips belajar otodidak untuk mahasiswa
gambar: pixabay

Sebelum belajar otodidak, mulailah dengan menulis rencana di buku rencana atau yang biasa disebut dengan planner. Dengan begitu, kamu akan mudah mengatur hal-hal yang akan dipelajari selanjutnya setiap harinya. Dengan planner juga akan memudahkanmu untuk mengevaluasi apa saja yang telah dipelajari sebelumnya.

Baca Juga: Ingin Meningkatkan Skill? Inilah 7 Online Course yang Bisa Kamu Coba

3. Menulis Catatan Dengan Menarik

Salah satu penggugah semangat adalah jika catatan ditulis dengan rapi, bahkan menarik seperti diberi highlights dan ditulis dengan tinta warna. Dapat pula diberi gambar-gambar atau aksesoris seperti stiker dan selotip warna. Dengan begitu kita akan sering membuka catatan tersebut dan akan membacanya secara tidak sadar.

4. Gunakan Lebih Dari Satu Media

Belajar otodidak sangat berbeda dengan belajar pada suatu lembaga atau sekolah. Di sekolah, tersedia dengan lengkap hal-hal penunjang seperti buku pelajaran, alat praktik, atau apapun yang disediakan oleh sekolah kita. Sedangkan belajar otodidak tidak memiliki semua itu. Oleh karena itu, sangat diperlukan media yang lebih untuk menunjang keberhasilan belajar otodidak. Media-media tersebut adalah buku yang dari perpustakaan maupun toko buku sesuai bidang yang akan dipelajari. Selain buku, bisa juga majalah yang terkait dengan subjek yang dituju. Lalu, manfaatkan internet. Ada banyak sekali informasi yang dapat kita peroleh melalu internet yang mana akan sangat membantu.

5. Manfaatkan Internet Dengan Maksimal Untuk Belajar Otodidak

tips belajar otodidak dengan menggunakan internet

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Internet adalah media yang memiliki banyak manfaat. Jika kita telusuri lebih dalam lagi, terdapat banyak sekali yang ada di Internet, diantaranya adalah Youtube yang memudahkan kita saat belajar otodidak, karena menyajikan video-videoyang mudah dipahami. Selanjutnya, adalah podcast. Podcast adalah episode program yang telah banyak tersedia di Internet. Selain melihat video, kita dapat mendengarkan melalui podcast yang menyajikan seputar hal apa saja yang menarik dan tentunya bermanfaat. Lalu berikutnya adalah website atau blog. Kedua platform ini sudah pasti muncul saat kita mencari suatu informasi di Internet. Lainnya adalah aplikasi penunjang sesuai bidang yang ditekuni.

Baca Juga: 5 Situs Kuliah Online Ini Berikan Solusi Pendidikan Tanpa Uang dan Ruang

6. Manajemen Waktu

Cara Belajar Otodidak untuk pelajar

Hal ini termasuk salah satu yang terpenting saat belajar otodidak, karena jika kita tidak pandai memanajemen waktu, maka tidak akan maksimal belajar kita. Belajar otodidak adalah pekerjaan yang dilakukan sendiri, itu artinya tidak ada yang mengatur waktumu seperti saat di sekolah atau perkuliahan. Maka sangat perlu untuk memanajemen waktu dengan baik agar hasilnya baik pula.

7. Konsisten

Konsisten sangat diperlukan dalam proses belajar otodidak. Mengapa? karena jika seseorang tidak konsisten dalam belajar, maka belajar tersebut akan menjadi sia-sia, atau paling tidak hasilnya tidak maksimal. Seperti tanaman, jika diberi air setiap hari, makan akan cepat pula tanaman tersebut tumbuhan berkembang dengan baik. Sama seperti otak kita, jika diberi dilatih setiap hari, maka akan meningkat pula kinerja otak dengan baik.

8. Praktikkan Ilmu yang Diperoleh

Hasil dari belajar tidak akan maksimal jika tidak dilatih atau dipratikkan. Terapkan ilmu-ilmu yang telah diperoleh saat belajar otodidak. Contohnya seseorang yang telah belajar otodidak tentang kepenulisan mempraktikkan ilmunya dengan menulis setiap hari. Walaupun masih jauh dari kata sempurna, menulis setiap hari akan melatih diri kita menjadi terbiasa.

Nah, itu dia beberapa tips belajar otodidak. Belajar tidak harus didapat secara formal, namun juga secara otodidak atau mandiri. Menuntut ilmu tidak akan pernah cukup, oleh karena itu sangat diperlukan dengan yang namanya belajar otodidak. Selain itu, manfaat belajar otodidak ada banyak sekali, salah satunya yaitu semakin memperluas wawasan kita terlebih bidang yang kita minati, yang mana tidak diperoleh di sekolah maupun perkuliahan. Beberapa Tips melatih diri belajar otodidak diatas akan membantu kalian semua untuk terbiasa dalam belajar secara mandiri. Semoga bermanfaat!

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tradisi Sekaten di solo

Liburan Ke Solo Naik Kereta Lebih Menyenangkan

Hobi Bisa Menjadi Pekerjaan pelajari dulu Ikagi

Benarkah Hobi Bisa Menjadi Pekerjaan Kita? Pelajari Dulu Hal Ini