Jika zaman dahulu labirin dibangun dengan tujuan untuk mengurung Minotaur, makhluk dalam mitos Yunani, maka tidak demikian dengan saat ini. Taman-taman hijau yang rumit dan berliku rupanya menjadi daya tarik tersendiri. Inilah taman labirin. Tempat di mana orang suka mencoba-coba dari jalan buntu ke jalan buntu lainnya.

Labirin sendiri merupakan sebuah sistem jalur berliku-liku, serta memiliki banyak jalan buntu. Labirin bisa menjadi permainan di atas kertas, tapi bisa juga dibuat dengan skala besar dengan menggunakan tanaman yang cukup besar. Bisa juga dibuat dengan tembok atau pintu-pintu untuk dilewati.

Pilihan Editor;

Seperti teka teki, taman labirin juga menawarkan situasi rumit yang belum jelas ujungnya. Sebagaimana halnya saat menghadapi sebuah tantangan, kita butuh strategi untuk menemukan jalan keluarnya. Tapi tenang, kita tidak akan bicara soal tantangan atau masalah besar. Ini hanya tentang cara bersenang-senang, melepas penat, atau bahkan cara cepat move on dari mantan, #ups. Dan inilah taman-taman labirin itu.

1.Taman Labirin Coban Rondo

Labirin Coban Rondo (Sumber: Dakatour)

Sudah pernah ke Batu, Jawa Timur? Daerah yang dulunya termasuk bagian dari Kabupaten Malang ini memiliki banyak pesona wisata alam, khususnya air terjun. Sebelum menikmati Air Terjun Coban Rondo di Kota Batu, ada baiknya kamu mampir dulu di labirin yang satu ini. Posisinya tidak terlalu jauh dari pintu masuk area wisata Coban Rondo.

Labirin Coban Rondo sebenarnya adalah salah satu wahana di area outbound. Taman tersebut memanfaatkan tanaman-tanaman hijau rimbun yang dibentuk seperti dinding rapat yang tingginya sekitar 2 m. Ukurannya memang tidak terlalu luas, tapi cukup untuk membuat orang-orang yang datang ke sana kebingungan untuk menemukan di mana pusat labirin.  Tapi di situlah bagian menariknya, selain spot foto yang instagrammable, tentu saja.

2.Taman Labirin Pelaihari, Kalimantan Selatan

Labirin Pelaihari (Sumber: Trisebud.com)

Taman Labirin Pelaihari terletak di kawasan agrowisata PKK Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Taman ini buka mulai hari Senin sampai Jumat, dari jam 1 siang sampai jam 5 sore. Sementara itu, di akhir pekan biasa dibuka dari pukul 8 pagi hingga jam 5 sore.

Seperti di taman labirin Coban Rondo, di tempat ini pengunjung juga bisa merasakan sensasi rumit sekaligus menyenangkan ketika memasuki sebuah labirin raksasa. Taman yang terbuat dari rerimbunan tanaman yang dirancang sedemikian rupa ini seolah membawa kamu ke petualangan mencari jejak.

Jangan khawatir soal biaya ketika berwisata ke taman labirin yang satu ini, karena harga tiket masuknya bisa dibilang sangat murah, yaitu hanya Rp 3.000/orang (pada saat artikel ini ditulis). Sekadar informasi, harga tiket tersebut digunakan untuk biaya kebersihan dan pemeliharaan taman, serta untuk biaya makan ternak di BP3T (Balai Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Terpadu). Menariknya lagi, selain taman labirin, di daerah ini juga terdapat penangkaran hewan rusa tutul dan sebuah danau buatan yang memberikan suasana menyenangkan untuk bersantai atau berfoto.

3.Taman Labirin Rahasia di Taman Bunga Nusantara

Labirin Taman Bunga Nusantara (Sumber: pantauanharga.com)

Seperti sedang bermain petak umpet, ada sebuah taman rahasia yang membuat penasaran. Bisa dibilang kalau taman labirin yang satu ini adalah yang paling rumit dari semua labirin yang ada. Taman ini sudah berumur 23 tahun, diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto tanggal 10 September 1995. Sebenarnya, labirin di sini adalah ‘taman di dalam taman’, yakni Taman Bunga Nusantara yang berada di Jalan Mariwati KM. 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur. Hamparan rumput hijau dan rangkaian berbagai jenis bunga yang indah adalah spot menarik untuk berfoto di taman ini. Bahkan kamu bisa seolah-olah berkeliling 3 benua Asia, Eropa, dan Amerika sambil menikmati keindahan taman khas berbagai negara di Taman Bunga Nusantara ini.

4.Taman Labirin Simalem Resort, Sumatera Utara

Labirin Simalem Resort (Sumber: @tamansimalem)

Rasanya memang tempat ini sengaja dibuat untuk kamu yang ingin lari dari rutinitas sehari-hari. Tempatnya berada di ketinggian, itulah mengapa wisata labirin yang satu ini berhawa sejuk. Labirin dan taman Simalem Resort beralamatkan di Jalan Raya Merek-Sidikalang km 9, Karo, Sumatera Utara. Lebih tepatnya di kawasan perbukitan Danau Toba, Bukit Merek, Sidikalang. Bagaimana cara menuju ke sana?

Untuk menju ke Simalem Resort dari Medan, setidaknya perlu waktu tempuh 2,5 jam, dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bisa juga menempuh jalur yang lebih cepat, yaitu jalur dari Berastagi, karena dari jalur tersebut waktu tempuhnya hanya 45 menit saja.

5.Labirin Banua Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Labirin Banua, Banjarbaru (Sumber: YouTube/Fitria Anggeriyani)

Kali ini kita beranjak ke Kalimantan Selatan. Taman labirin Banua, Banjarbaru ini satu paket dengan ide pemerintah untuk membangun ‘Kebun Raya Banua’, sebuah wahana  konservasi alam sekaligus kawasan wisata, pendidikan dan jasa lingkungan yang lokasinya masih di dalam lingkungan komplek Perkantoran Provinsi Kalimantan Selatan. Contoh tanaman lokal daerah Kalimantan Selatan yang dilindungi adalah pohon kayu besi atau Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri) yang laju kepunahannya makin tinggi karena faktor degradasi lingkungan. Untuk labirinnya sendiri sebenarnya tidak terlalu tinggi dan disediakan tangga naik untuk menikmati pemandangan dari atas. Taman labirin ini juga cocok untuk dikunjungi bersama anak anak kecil.

Itulah 5 taman labirin di berbagai daerah di Indonesia yang mana di sana berisi jalan tidak berujung serta banyak rute yang membingungkan. Tapi ingat, ke sana tujuannya untuk bersenang-senang dan tidak disarankan untuk datang sendirian 🙂 . Jadi, ajak teman-temanmu ya.

 

(Sumber gambar utama: Trisebud.com)