in ,

Suka Jurusan Desain Grafis? Ini Jenis Karir Yang Bisa Kamu Tekuni

5 Pekerjaan Menjanjikan Untuk Kamu Lulusan Desain Grafis

Dulu, 10 – 20 tahun yang lalu sejak tulisan ini dipublikasikan, bisa dikatakan kalau jurusan desain grafis adalah jurusan yang langka. Bahkan sangat langka.

Karena waktu itu, banyak mahasiswa / i yang lebih memilih jurusan populer seperti kedokteran, teknik, pertanian, ekonomi, atau hukum.

Tidak salah memang. Karena waktu itu memang begitulah trendnya.

Tapi seiring berjalannya waktu, saat ini jurusan desain grafis semakin banyak peminat. Termasuk di Indonesia.

Salah satu penyebabnya karena jurusan ini memiliki prospek dan jenjang karir yang cukup menjanjikan.

Pasalnya, sekarang ini adalah era serba digital. Dimana hampir semua industri menggunakan desain dan visual untuk menarik minat para pelanggannya.

Dan hal ini menjadi berkah tersendiri untuk jurusan desain grafis. Karena prospek serta peluang kerja lulusan di bidang ini semakin luas.

Well. Berikut ini kami sudah merangkum 5 pekerjaan yang cocok untuk kamu mahasiswa / i lulusan desain grafis. Langsung saja. Check this out!

1) Freelancer

Berkarir Sebagai Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas termasuk salah satu profesi yang lahir akibat semakin boomingnya era digital. Baik itu skala lokal maupun global.

Seorang freelancer biasanya mendapatkan pekerjaan per project, dan tidak terikat pada lembaga atau instansi manapun.

Ketika project ini selesai, maka hubungan kerja sama pun berakhir.

Nah. Kalau kamu memiliki skill desain grafis yang baik, kamu bisa memilih berkarir sebagai seorang freelancer.

Sebagai tahap awal, kamu bisa mengerjakan project yang tingkat kesulitan dan nominalnya tidak terlalu tinggi. Tujuannya untuk menambah portofolio.

Seiring bertambahnya jam terbang, kamu bisa mengerjakan project yang tingkat kesulitannya lebih tinggi, tentunya dengan mendapatkan fee yang lebih besar.

Baca Juga: 7 Hal Ribet yang Hanya Bisa Dipahami Oleh Penulis Freelance

2) Digital Marketing Agency

Berkarir di Digital Marketing Agency

Di beberapa kota besar di Indonesia, hingga saat ini ada cukup banyak digital marketing agency yang bermunculan.

Secara umum, layanan dan jasa yang mereka tawarkan mencakup search marketing, social media marketing, video marketing, dan email marketing.

Belakangan muncul istilah baru, yakni influencer marketing.

Setiap digital marketing agency tentunya memiliki kelebihan masing – masing. Dan hampir semuanya membutuhkan sentuhan visual untuk menyampaikan pesan kepada client.

Kalau kamu lulusan desain grafis dan menyukai dunia digital marketing, kamu bisa mengembangkan bakatmu dengan bekerja di sini.

3) Media Online

Bekerja di Media Online

Media online bisa dibilang (Hanya) merupakan wujud transformasi dari media tradisional.

Contoh. Jika dulunya orang – orang membaca berita melalui kertas (Koran), saat ini beralih menggunakan gadget. Istilah kerennya go green.

Overall. Konten yang terdapat di media online dan media tradisional tidak terlalu berbeda secara signifikan. Karena sama – sama harus up to date.

Ringkasnya, konten minggu ini belum tentu masih relevan dibaca pada minggu berikutnya.

Kalau kamu lulusan desain grafis dan tertarik dengan dunia jurnalistik, kamu bisa memilih bekerja di media online.

4) StartUp

Bekerja di Startup

Startup merupakan perusahaan rintisan yang dikelola dengan budget dan sumber daya yang minim, tapi memiliki ide yang mungkin tidak terpikirkan oleh banyak orang.

Di luar negeri, salah satu contoh startup yang terkenal adalah amazon. Sedangkan di Indonesia, gojek bisa dijadikan sebagai contoh startup yang berhasil.

Baik amazon maupun gojek sama – sama memiliki ide yang berfokus pada solusi, namun tetap memperhitungkan potensi keuntungan bisnis.

Saat ini banyak lulusan universitas yang berlomba – lomba ingin bekerja di startup. Apalagi kalau startup-nya sudah mentereng seperti gojek.

Selain lingkungan dan dunia kerjanya yang anak muda banget, kamu yang bekerja di perusahaan startup bisa mendapatkan gaji lumayan besar.

Jenjang karirnya pun terbilang cepat. Kamu mungkin pernah melihat kalau posisi strategis di startup banyak diisi oleh anak muda.

Bagaimana? Tertarik bekerja di startup?

Baca Juga: Bekerja Tidak Sesuai Jurusan Saat Kuliah? Apakah Itu Sebuah Masalah?

5) Traditional Corporate

Jurusan Desain Grafis Bekerja di Traditional Corporate

Sesuai namanya, traditional corporate merupakan perusahaan yang sudah lama ada di suatu industri. Misalnya perusahaan di bidang farmasi, otomotif, atau alat – alat berat.

Beberapa traditional corporate ini sudah memiliki nama dan branding yang cukup kuat. Tapi yang namanya dunia bisnis, sebaiknya tidak cepat berpuas diri.

Apalagi perkembangan teknologi sekarang ini membuat setiap individu / kelompok bisa memiliki kesempatan yang sama untuk sukses.

Hal ini yang membuat banyak traditional corporate mulai ekspansi ke ranah digital marketing, dan melirik lulusan desain grafis untuk diajak bergabung.

Karena kompetitor mereka pun melakukan hal yang sama.

Kalau kamu mau aman, bekerja di traditional corporate merupakan pilihan yang bijak dan ideal.

Alasannya?

Freelancer, digital marketing agency, media online, dan startup, semuanya ada karena trend digital marketing. Dan kita tidak tahu sampai kapan ini akan berlanjut.

Sedangkan traditional corporate sudah terbukti tetap bertahan dari dulu hingga sekarang.

Dan kalau suatu saat nanti trend digital marketing ini sudah jenuh, kamu bisa tetap bekerja di traditional corporate dengan pindah ke divisi lain.

Karena kalau kamu sudah memiliki pengalaman kerja yang cukup, tentunya tidak sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Tapi bagaimanapun juga, yang namanya rezeki tidak bisa dihitung dengan hanya menggunakan rumus matematika sederhana seperti di atas.

Sebaiknya. Ikuti passion dan kata hatimu dalam memilih karir. Dan yang terpenting, sesuaikan dengan realita yang ada.

Sepakat?

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kampus jurusan jurnalistik

Mau Kuliah Jurusan Jurnalistik? Ketahui Dulu Seluk-Beluknya!

berterima kasih

Psikologi: Perlukah Aku Berterima Kasih Padaku?