in

Inilah 4 Judul Sinetron Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Sinetron adalah hiburan berkualitas paling buruk di layar kaca. Begitulah ungkapan salah seorang anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Judul yang nyeleneh, alur cerita yang tidak logis atau bertele-tele, adegan yang tidak mendidik adalah beberapa keluhan yang kerap kali disampaikan penonton kepada KPI. Meskipun berbagai kritik disampaikan, sinetron-sinetron yang berkualitas (maaf) sampah tetap diproduksi karena menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi televisi. Ironis memang, tapi itulah fenomena yang terjadi.

Namun bukan berarti semua sinetron yang memiliki rating tinggi adalah sampah. Meskipun tidak banyak, ada beberapa sinetron berkualitas yang mampu meraih rating tinggi di Indonesia. Berikut empat judul sinetron Indonesia terbaik sepanjang masa versi Ublik.id.

Pilihan Editor;

1.Si Doel Anak Sekolahan

Si Doel The Movie 2018 (Sumber: YouTube/Falcon)

‘Si Doel Anak Sekolahan’ adalah salah satu sinetron terbaik dengan rating tertinggi sepanjang masa di Indonesia. Popularitas Si Doel bahkan mengalahkan tayangan-tayangan luar negeri yang saat itu mendominasi layar kaca Indonesia. Serial ini ditayangkan pertama kali pada tahun 1994 dan berakhir pada tahun 2007. ‘Si Doel Anak Sekolahan’ menjadi salah satu sinetron dengan jumlah episode terbanyak yang terbagi dalam 7 musim. ‘Si Doel Anak Sekolahan’ sendiri merupakan remake atau versi modern dari sinetron lawas berjudul Si Doel Anak Betawi karya Aman Datuk Majoindo.

Mengangkat kisah kehidupan masyarakat Betawi, ‘Si Doel Anak Sekolahan’ menyelipkan pesan-pesan moral yang dikemas dalam balutan cerita yang ringan namun menarik. Selain menyajikan kisah perjuangan Kasdullah atau Doel dalam meraih cita-citanya menjadi seorang insinyur, sinetron ini juga dipermanis dengan kisah cinta segitiga antara Doel (Rano Karo) dengan Sarah (Cornelia Agatha) dan Zaenab (Maudy Koesnaidy). Cerita semakin lengkap dan seru lantaran dibumbui unsur komedi yang diselipkan dalam dialog para pemainnya, terutama perseteruan unik antara Mandra (Mandra) dengan Karyo (Alm. Basuki).

Untuk mengobati kerinduan para penggemarnya, ‘Si Doel Anak Sekolahan’ beberapa kali ditayangkan ulang di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Tak hanya itu, ‘Si Doel Anak Sekolahan‘ juga telah memiliki sekuelnya dalam bentuk film layar lebar, yaitu ‘Si Doel The Movie’ yang dirilis pada 2 Agustus 2018. Film ini disambut hangat oleh para penggemarnya, terbukti dengan jumlah penontonnya yang mencapai lebih dari satu juta penonton.

2.Keluarga Cemara

Pemain Keluarga Cemara ‘remake’ 2018 (Sumber: liputan6.com)

“Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga”

Kalian yang lahir di tahun 90-an pasti tidak asing dengan lirik lagu di atas. Lagu tersebut adalah soundtrack sinetron Keluarga Cemara, salah satu sinetron terbaik sepanjang masa. Tidak berbeda dengan Si Doel, sinetron ‘Keluarga Cemara’ juga memiliki masa penayangan yang cukup panjang, yakni sembilan tahun. ‘Keluarga Cemara’ pertama kali ditayangkan pada 6 Oktober 1996 dan berakhir pada 28 Februari 2005. Sinetron ini pun mengalami beberapa perubahan pemain, salah satunya tokoh Emak yang tidak lagi diperankan Novia Kolopaking.

‘Keluarga Cemara’, mengangkat kisah perjuangan Abah menghidupi keluarganya dengan membanting tulang menjadi tukang becak. Sang istri, Emak, membantu mencukupi kebutuhan hidup dengan membuat opak yang selanjutnya dijual keliling oleh sang anak, Euis. Banyak nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil dari sinetron ini, yakni tentang kesahajaan, kesederhanaan, ketulusan, keikhlasan dan kekeluargaan.

Sama halnya dengan ‘Si Doel Anak Sekolahan’, ‘Keluarga Cemara’ juga diremake dalam bentuk film layar lebar dan dijadwalkan tayang pada Desember 2018 mendatang.

3.Lorong Waktu

Salah satu scene Lorong Waktu (Sumber: clipzui.com)

Ini dia sinetron terbaik Indonesia sepanjang masa yang paling dinantikan di bulan Ramadhan, ‘Lorong Waktu’. Serial ini pertama kali ditayangkan pada bulan Ramadhan tahun 1999, lalu berlanjut pada ‘Lorong Waktu 2′ (2000), ‘Lorong Waktu 3’ (2002), ‘Lorong Waktu 4’ (2003), ‘Lorong Waktu 5’ (2004), dan terakhir ‘Lorong Waktu 6’ (2006).

Berbeda dengan sinetron bertema religi pada umumnya, ‘Lorong Waktu’ menggunakan perjalanan menembus dimensi ruang dan waktu sebagai sarana mempertebal keimanan dan ketakwaan. Meskipun tidak menggunakan teknologi CGI yang mahal, serial ini tetap ‘mahal’ karena memuat nilai-nilai religiusitas yang dikemas secara menarik dan ringan, namun mengena di hati pemirsanya. Meskipun terbilang sukses, hingga saat ini belum ada sinetron religi yang mengambil tema time traveling seperti ‘Lorong Waktu’.

4.Para Pencari Tuhan

Sinetron Para Pencari Tuhan (Sumber: SCTV)

Setelah sukses dengan ‘Lorong Waktu’, Dedy Mizwar kembali memproduksi serial televisi bergenre Islami yang tayang selama bulan Ramadhan, yaitu ‘Para Pencari Tuhan’. Ditayangkan pertama kali pada 16 September 2007, ‘Para Pencari Tuhan’ langsung mencuri perhatian penonton sehingga mampu meraih rating tinggi selama penayangannya. Karena kesuksesannya, ‘Para Pencari Tuhan’ mampu bertahan selama 11 tahun yang terbagi dalam 11 jilid.

Salah satu sinetron terbaik Indonesia ini berkisah tentang kehidupan Bang Jack (Deddy Mizwar), seorang marbot yang menampung dan mengajarkan ilmu agama kepada ketiga muridnya yang merupakan mantan narapidana. Seperti umumnya sinetron religi, ‘Para Pencari Tuhan’ juga dibumbui kisah cinta Islami antara Aya (Zazkia Adya Mecca) dengan Azzam (Agus Kuncoro). Bumbu komedi yang diselipkan juga membuat sinetron ini semakin menarik dan komplit. Selain mengandung pesan-pesan moral, ‘Para Pencari Tuhan’ juga mengandung banyak kritik sosial yang dikemas secara menarik dan mudah dicerna. Unsur-unsur komedinya pun dieksekusi secara cerdas dan sarat makna.

Meski sudah tamat, ‘Para Pencari Tuhan’ akan selalu dikenang sebagai salah satu mahakarya serial televisi Indonesia, salah satu sinetron terbaik sepanjang masa.

Itulah sinetron-sinetron terbaik sepanjang masa versi Ublik.id. Yang mana favoritmu?

 

Bangga! Indonesia di Puncak Daftar Negara Paling Dermawan di Dunia

Tempat wisata di bandung untuk foto prewedding

Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Cocok Untuk Foto Prewedding