in

Siapkan Liburan Dengan Baik Agar Bahagianya Maksimal

Sahabat Ublik, pernah tidak merasa sudah jenuh sekali dan ingin liburan? Namun ingin liburan yang menyenangkan, bukan yang melelahkan. Liburan yang menyegarkan pikiran bukan yang berdesak-desakan dan membuat penat sepanjang jalan. Namun juga bukan liburan sendirian yang bikin kesepian.

Ada beberapa liburan yang perlu kamu coba, ketika sudah lelah dengan rutinitas. Supaya otak bisa beristirahat dan siap bekerja kembali selama lima atau enam hari dalam seminggu. Karena jeda memang diperlukan agar kreatifitas dan energi maksimal kembali.

Yang pertama, liburan bersama keluarga, biasanya kalau liburan dengan keluarga tidak perlu jauh-jauh dan cukup di Jakarta. Pun, ada jasa sewa mobil Jakarta tanpa supir, sehingga Bapak atau Mas yang menyopiri. Supaya mobil muat untuk seluruh anggota keluarga.

Kita tentu tahu selama lima atau enam hari dalam sepekan waktu habis di tempat kerja dan tidak bisa bersama dengan keluarga. Berangkat pagi ketika semua orang juga hendak beraktivitas, lalu pulang malam ketika semua orang juga lelah dan tak punya tenaga untuk diajak ngobrol, bahkan bisa jadi anggota keluarga yang lain sudah bersiap untuk tidur.

Karenanya, menyiapkan liburan dengan keluarga seperti sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Yaitu mengistirahatkan otak serta quality time dengan keluarga.

Yakin deh, ketika sedang liburan, ponsel akan menjadi sekadar pajangan atau benda yang tidak begitu penting. Sebab keasikan selama perjalanan, cerita-cerita yang dibagi demi mengusir rasa bosan, dan wisata-wisata menarik dengan segala permainan, seolah mengalihkan kita yang biasanya terjebak dalam dunia maya. Media yang membuat kita semakin penat.

Yang kedua, liburan bersama teman.

Kalau kamu ingin liburan dengan budget yang tidak menyakiti kantong, liburan bersama teman adalah pilihan terbaik. Mengapa? Karena kamu bisa patungan dengan teman-temanmu yang memiliki tujuan liburan sama denganmu.

Namun perlu diingat, ketika liburan bersama teman, maka kamu harus mencari teman perjalanan yang sevisi. Kendati hanya persoalan liburan, tentu kamu ingin cuti yang diambil tidak sia-sia hanya karena berdebat di tengah jalan dan berakhir dengan ketidaknyamanan bukan?

Pun, meski patungannya menjadi lebih ringan, semakin banyak orang tidak menjamin perjalananmu semakin menyenangkan. Karenanya kamu harus betul-betul selektif tentang teman perjalanan.

Yang ketiga, apabila memang terpaksa tidak punya teman, maka kamu bisa kok liburan sendirian.
Liburan sendirian tidak selalu erat dengan kesepian. Justru kamu bisa menantang keberanian dan kemandirian di tempat liburan. Jangan lupakan pengalaman, biasanya jika sendirian mau tidak mau kita akan menjadi banyak bertanya dengan orang-orang. Siapa yang tahu jika hal itu justru akan membuatmu bertemu dengan banyak kenalan baru?

Wisata kuliner sendirian? Kenapa tidak. Wisata kuliner di ibukota misalnya. Apalagi banyak banget kuliner khas Jakarta yang unik-unik.

Bagaimana? Apakah kamu sudah punya pandangan tentang liburanmu yang akan menyenangkan? Apakah sudah merasa excited menunggu jadwal cuti dan lekas pergi ke tempat yang akan menyegarkan pikiran?

Tunggu dulu, sebelum liburan tentu kamu harus menyiapkan berbagai hal. Demi membuat liburanmu yang tidak datang setiap waktu itu menjadi maksimal. Persiapkan liburanmu dengan baik agar bahagianya maksimal, bagaimana caranya?

Pertama, persiapkan budget.

Mempersiapkan budget adalah hal yang penting setelah niat, mengapa? Karena dari uang yang kita miliki itulah kita tahu liburan ini cocok dibawa ke mana. Jika kamu memiliki budget yang tidak memadai untuk liburan jauh, tidak perlu bersedih. Mantan ibu kota kita juga merupakan tempat yang asik untuk berlibur, misalnya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan tempat-tempat lainnya yang patut dikunjungi.

Kedua, persiapkan akomodasi.

Tempat menginap adalah hal penting lainnya setelah budget. Sebab di sanalah kita akan tinggal selama beberapa hari di kota orang. Dengan budget itulah kita menentukan akomodasi yang pas sesuai kemampuan.

Saat ini sudah banyak platform terpercaya yang menyediakan jasa booking hotel dengan mudah dan terpercaya. Kamu harus pintar-pintar memilih, terlebih bagi kamu yang tidak suka hal rumit.
Ketiga, persiapkan kendaraan.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, paling menyenangkan ketika berlibur adalah bepergian dengan kendaraan sendiri. Namun, bagaimana dengan yang tidak punya mobil sendiri? Tenang saja, kita berada di era yang mempermudah semua orang melakukan apa pun. Termasuk sewa mobil. Contohnya jasa sewa mobil di Jakarta tanpa sopir. Atau kamu juga bisa sewa berikut sopirnya. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Apalagi jika liburan bersama keluarga dan teman, sewa mobil akan memudahkanmu berpindah dari satu tempat ke tempat lain tanpa perlu mencari bus dan drama menunggu. Terlebih kalau kamu liburan bersama teman, paling enak ya pakai mobil karena bisa menyewa dengan patungan. Karenanya, tips yang tak kalah penting adalah mencari teman yang punya sim dan bisa menyetir mobil.

Bagaimana, liburan ke mana kamu tahun ini? 2019 sudah hampir habis, jangan lewatkan kesempatan mengukir kebahagiaan di tahun ini ya.

One Comment

Leave a Reply
  1. Liburan sekeluarga memang harus menyiapkan semuanya lebih detail. Tidak bisa seenaknya seperti kalau berdua dengan suami. Anak, ortu, atau kerabat lain, belum tentu memahami apa keinginan kita sehingga potensi gesekan bisa terjadi.
    Untuk transport, sudah pas banget kalau sewa, jika belum punya. Sekali angkut, bisa liburan sekaligus quality time. Karena, saat safar bersama, kita lebih tahu karakter seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mengenal Ophuijsen: Bahasa Melayu Sekolahan

E-Learning dan Teknologi Pendidikan untuk Indonesia di Masa Depan