in

Sama Seperti Uang, Investasikan Waktumu pada Hal-hal yang Tepat

Investasikan waktumu sekarang, dan lihat apa yang terjadi nanti

Investasikan waktu untuk hak tubuhmu (Sumber gambar: Pixabay)

Sahabat Ublik, tentu kita semua setuju bahwa waktu lebih berharga daripada uang. Perlu bertahun-tahun untuk menyadari bahwa kita sudah menyia-nyiakan waktu sedemikian rupa, dan mungkin saat itu sudah terlambat untuk menyesal. Maka, ada baiknya kamu menginvestasikan waktu sedini mungkin pada apa-apa yang patut diperjuangkan lebih. Pada hal-hal yang pantas mendapatkan perhatian kita lebih banyak.

Sebelum kita menyesal dan berkata, “Seandainya aku punya lebih banyak waktu”, investasikan waktu pada hal-hal bermanfaat saat ini, sedikit demi sedikit setiap harinya, akan memberikan sesuatu yang berharga di masa depan. Entah disadari atau tidak nantinya, tapi masa depan selalu ada karena apa-apa yang kita lakukan hari ini. Karena kita semua tahu bahwa hidup ini singkat dan waktu adalah sesuatu yang terbatas, maka lakukan segera dan jangan sampai menyesal.

Dan apa bila kita tidak menghabiskan waktu dengan hal yang berharga, maka itu artinya kita telah menghabiskan waktu sia-sia.

investasikan , kesehatan
Investasikan waktu untuk menjaga kesehatan (Sumber gambar: Pixabay)

Investasikan waktu untuk menjaga kesehatan tubuhmu

1.Jadwalkan untuk Berolahraga 30 Menit Sehari

Apa-apa selalu baik jika dilakukan sedikit demi sedikit namun rutin. Kalimat ini sering digunakan untuk banyak hal, terlebih pada menabung. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Sama halnya untuk berolahraga. Menyisakan waktu setengah jam sebelum bekerja, untuk olahraga ringan setiap hari lebih baik daripada olahraga berjam-jam pada sekali waktu.

Sebab olahraga selalu bisa membuat tubuh terasa segar dan bugar. Meminimalisir rasa pusing akibat kepenatan sehari-hari. Serta menyehatkan tubuh agar selalu bisa melakukan aktivitas secara maksimal.

2.Makan Makanan yang Sehat dan Segar

Makanan yang paling enak rasa-rasanya adalah makanan yang digoreng, seperti sosis goreng, tempe goreng, atau yang sedang naik daun saat ini di beberapa daerah adalah sempolan yang penyajiannya digoreng. Apa lagi burger selalu menajadi makanan kesukaan seribu umat. Ditambah pizza dan makanan yang berasal dari mie.

Makanan di atas adalah makanan yang mudah ditemukan atau selalu ditemui. Namun sayangnya makanan di atas adalah makanan yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Dan juga tidak menyehatkan karena lemak serta minyaknya yang menggumpal di sela-sela makanan dan ikut termakan.

Ada baiknya, kita memilih makan makanan yang sehat dan segar. Yang juga mudah ditemui meski rasanya tak semenggoda junk food. Karena jenis makanan sehat dan segar ini juga bisa membuat badan lebih bugar.

Jadikan badan sebagai sebuah rumah, maka buatlah dirimu nyaman tinggal di dalam rumah. Dengan makan makanan yang sehat, maka rumahmu akan sehat dan kamu akan nyaman tinggal di dalamnya.

3.Luangkan Waktu untuk Istirahat

Segala sesuatu yang kita kerjakan setiap hari rasa-rasanya selalu membutuhkan waktu lebih. Ingin sesegera mungkin menyelesaikan to do list agar apa-apa yang diingkan dapat tercapai. Namun sayangnya semua hal itu terkadang membuat kita lupa waktu untuk beristirahat. Apa lagi seseorang yang aktif berorganisasi. Mereka bisa melakukan semua kegiatan dan lupa waktu, ingat-ingat sudah jatuh sakit.

Maka, penuhi hak tubuhmu untuk tetap memiliki waktu istirahat.

investasikan , hak tubuhmu
Investasikan waktu untuk hak tubuhmu (Sumber gambar: Pixabay)

Investasikan waktumu untuk merawat pikiran

1.Membaca Setiap Hari

Untuk waktu-waktu luang rasanya menyenangkan sekali istirahat sambil melakukan hal-hal yang disukai. Namun ada baiknya, gunakan waktu untuk membaca. Atau jadwalkan membaca rutin setiap hari untuk mempelajari skiil-skill yang ingin dikuasai. Agar tidak ada lagi alasan tidak punya waktu memperdalam skill yang dimiliki. Agar kelak hal itu berguna. Atau setidaknya kita tidak tertinggal jauh dari orang-orang yang sudah mempelajari hal itu.

Membaca buku apa saja, seperti buku motivasi atau pengembangan diri juga membuatmu menemukan sisi dari dirimu yang lebih baik dari waktu ke waktu. Atau membuatmu menemukan ide-ide baru yang segar.

Sisakan paling tidak setengah jam per hari untuk membaca. Dan percayalah bahwa kamu akan menemukan dan membentuk hal-hal baru di kemudian hari.

2.Menulis Setiap Hari

Setiap waktu otak kita dipenuhi ide-ide baru, keinginan-keinginan baru, dan hal-hal yang ingin dan harus dilakukan. Maka semua itu akan hilang dalam sekejap jika tidak ditulis. Menuliskannya membuat otakmu mampu lebih tenang dan rileks. Sebab tak perlu khawatir akan lupa.

Juga setiap ada yang mengganjal atau masalah dalam sehari-hari. Ada baiknya kamu menuliskannya, sebagai bentuk pelampiasan paling baik dan positif. Daripada marah-marah atau sekedar menuliskannya sebagai sebuah status yang memiliki kemungkinan menimbulkan kericuhan.

Menuliskan apa-apa yang muncul di pikiran dan berpotensi menjadi hal penting, akan membuat pikiran menjadi lebih jernih. Lebih jernih dalam memikirkan solusi. Juga membuat pikiran jernih dalam memilih yang baik dan benar. Dimulai dari menulis, kamu akan menemukan langkah-langkah yang lebih terstruktur dengan baik sehingga tidak gegabah dalam mengambil keputusan.

3.Hindari Junk dalam Pikiran Kita

Sama halnya seperti tubuh, pikiran juga perlu dijaga kadar nutrisi agar tetap sehat dan bugar. Salah satu caranya adalah menghindari konsumsi sampah untuk otak. Sebab apa-apa yang kita baca, apa yang kita dengar, apa yang kita lihat, akan mempengaruhi pikiran. Membentuk sebuah pola sehingga menjadi ‘dirimu’.

Seperti menonton serial televisi yang tidak penting dan lebih kepada pemborosan waktu serta mengedepankan gosip. Untuk alternatifnya kamu bisa membuka YouTube dan mencari channel yang edukatif. Apalagi kamu bisa mencari channel-channel yang ‘kamu banget’. Yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Bukan berarti kamu harus mengorbankan tayangan-tayangan kesukaanmu di televisi, namun ada baiknya kamu harus menanamkan ke dalam diri sebelum menontonnya. Apa yang ingin kamu dapat dari menonton tayangan itu? Sehingga hal-hal negatif otomatis tersaring sebelum masuk ke dalam pikiran.

investasikan waktu , merawat hubungan
Merawat hubungan dengan keluarga pun butuh luangkan waktu (Sumber gambar: Pixabay)

Investasikan waktumu untuk merawat hubungan

1.Ingat Hari Ulang Tahun atau Anniversaries

Meskipun seseorang berkata tidak perlu merayakan sebuah ulang tahun atau hari-hari tertentu. Namun dengan mengingat hari lahir atau hari jadi kalian, dengan hal-hal sederhana, dengan kecupan-kecupan ringan, dengan memperlakukannya secara spesial di hari itu. Akan membuatnya mengingat momen itu seumur hidup. Mengingatnya menjadi sebuah hal baik olehmu, orang terbaik yang dia punya. Meski hanya dengan menuliskan sebuah memo tentang kamu yang mengingat hari spesial itu.

Perhatian-perhatian kecil ini akan membuatnya menyadari bahwa ia memiliki orang yang berarti, lagi dan lagi, setiap hari. Ini bagus untuknya dan untukmu.

Jangan lupakan hari-hari penting pasangan, keluarga, dan sahabat. Karena ketika kamu membutuhkan mereka, ketika semua orang meninggalkanmu, mereka akan ada untukmu. Mereka akan menangkapmu sebelum kamu terjatuh.

2.Maafkan Mereka sebelum Mereka Meminta Maaf

Jadilah yang pertama memaafkan, sebab hal-hal kecil tak begitu berarti daripada kebersamaan kalian selama ini. Lupakan apa yang sudah terjadi. Sebagaimana kamu ingin dimaafkan dan dilupakan segala kesalahan yang memalukan. Sebab ketika kamu memperlakukan mereka dengan baik, seperti memaafkan, mereka juga akan memperlakukanmu serupa.

Ini baik untukmu, dan juga baik untuknya. Sebab menyimpan kemarahan pada orang-orang terdekat hanya akan membuatmu tersiksa. Semuanya menjadi lebih rumit ketika tak saling mengalah. Hubungan kalian akan berhenti di sana dan bahkan menjadi putus sama sekali, meninggalkan kemarahan yang belum reda.

3.Hindari Orang-orang yang Menguras Emosimu

Tak peduli sebaik apa pun kamu kepada orang lain, mereka selalu bisa menguras emosimu. Mereka selalu akan menjadi orang yang menyebalkan dan membuang-buang energi. Kamu bisa menemukan orang semacam ini di lingkungan kerja, teman-teman dari masa kecil, atau bahkan bagian dari keluarga sendiri.

Tak peduli apa pun yang kamu lakukan. Mereka tidak akan berubah. Kamu juga tidak bisa mengubah mereka, tidak bisa membuat mereka lebih baik, atau menunjukkan kebaikan pada mereka. Maka hal terbaik yang seharusnya kamu lakukan adalah menghindari orang-orang semacam ini. Ada baiknya kamu menghindari mereka dan memilih menghabiskan waktu dengan orang-orang positif. Yang membuatmu lebih berenergi daripada menguras energi.

Tapi jika kamu menemukan semua orang yang dekat denganmu menguras emosi, maka yang harus kamu lakukan adalah melihat ke dalam dirimu sendiri. Mungkin di sana letak kesalahannya, dan yang harus berubah adalah diri sendiri.

Investasikan Waktu untuk Merawat Komunikasi

Hal terakhir dan tak kalah penting adalah, merawat komunikasi. Maksudnya kamu harus jauh lebih mempelajari cara berkomunikasi orang terdekat. Contohnya ketika ia sedang membutuhkan pertolonganmu, biasanya ia akan sering mengirimimu pesan untuk sekedar bertanya apakah kamu sibuk atau tidak.

Hal ini sepele sekali, selalu dianggap remeh. Namun inilah kunci dari sebuah hubungan serta kunci dari hidup yang tenteram. Kamu harus lebih peka terhadap orang-orang terdekat. Mereka punya cara berkomunikasi yang berbeda-beda dan unik. Barangkali akan sangat merepotkan awalnya, namun percayalah hal itu akan membuatmu merasa seperti mampu membaca isi pikirannya sebelum dia mengatakan. Membuat mereka semakin menyukaimu.

Karena ketidaktahuan akan cara berkomunikasi satu sama lain membuat kemungkinan salah paham lebih besar. Semoga kita semua mampu memanfaatkan waktu untuk merawat apa-apa yang penting. Dan hal itu yang meminimalisir kata ‘terlambat untuk memperbaiki semuanya’.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tradisi Unik Bulan Ramadan Khas Warga Keturunan Arab di Semarang

cara atur keuangan

5 Cara Mengatur Keuangan Untukmu yang Baru Kerja, Biar Gaji Ngga Cuman Numpang Lewat