Hari Raya Idul Fitri 1439 di depan mata. Sebagian masyarakat yang bekerja di luar kota berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Di Indonesia, libur lebaran memang momen yang istimewa untuk bisa berkumpul dengan sanak saudara. Meskipun bukan bagian dari perintah agama, tapi menikmati libur hari raya dengan mudik ke kampung halaman adalah tradisi yang sudah mengakar di masyarakat kita.

Bersyukurlah buat kamu yang bisa pulang kampung, meskipun hanya sekali setiap tahun. Di sekeliling kita ada yang tetap bekerja saat hari raya. Bukan berarti bekerja sepanjang tahun, tapi memang hari libur mereka berbeda dari pekerja kebanyakan. Bertepatan saat lebaran justru mereka tidak libur. Pola pekerjaan mereka mengharuskan untuk masuk di saat para pekerja lain bisa menikmati libur hari raya. Siapa sajakah orang-orang tangguh itu?

Pilihan Editor;

1.Pekerja di Pusat Perbelanjaan

Mall di Bantul (Sumber: swaragamafm.com)

Apakah di lingkunganmu orang-orangnya suka jalan-jalan di mal atau pusat perbelanjaan di hari libur? Atau mungkin kamu dan keluargamu juga suka. Benar memang hari libur menurut kalender, tapi ketika ada orang akan berbelanja, siapa yang kira-kira akan memberi layanan? Merekalah yang bekerja di pusat perbelanjaan juga harus tetap melayani pembeli.

2.Petugas SPBU

Petugas SPBU (Sumber: Antara/Oky Lukmansyah)

Di momen hari raya, banyak kendaraan yang lalu lalang di jalan untuk berkunjung ke tempat audara yang jauh. Hal itu tentunya akan berpengaruh pada kebutuhan BBM. Tidak hanya berpengaruh pada kebutuhan BBM saja, tapi juga petugas SPBU yang tidak libur karena mendapat giliran bertugas. Bahkan harus mengerahkan energi ekstra saat SPBU ramai dipadati kendaraan yang mengisi bahan bakar.

3.Dokter dan Perawat

Dokter bedah (Sumber: Pixabay)

Kita tahu bahwa orang sakit itu tidak direncanakan. Saat lebaran ada saja orang yang harus periksa, rawat jalan, atau opname. Belum lagi kalau ada peristiwa kecelakaan selama mudik, meskipun hal ini bisa dihindari. Untuk rumah sakit yang agama petugasnya beragam, akan lebih menguntungkan saat menghadapi libur lebaran, setidaknya dokter dan perawat yang muslim bisa bertukar piket dengan yang non muslim.

4.Petugas Bandara

Man and woman at airport security (Sumber: bbc.com)

Petugas bandara, termasuk juga pilot dan pramugari adalah profesi yang dimungkinkan untuk tidak libur saat hari raya. Apa jadinya kalau petugas di bandara libur semua? Maka mobilitas manusia lintas provinsi juga lintas negara akan terganggu. Dari tahun ke tahun, jumlah penumpang peawat mengalami peningkatan saat mendekati hari raya. Bukan libur, petugas bandara justru banyak yang harus lembur.

5.Security

Security (Sumber: satpampekanbaru.com)

Karena ditinggal mudik, banyak kantor yang kemudian sepi dari aktivitas kerja seperti biasa. Tapi, urusan keamanan tetap diperhatikan sedemikian rupa. Itulah mengapa security tidak libur saat lebaran, jika mereka mendapat giliran berjaga (shift) pada hari itu. Umumnya penjadwalan itu sudah diatur jauh-jauh hari oleh manajemen perusahaan, termasuk juga kapan liburnya mereka di hari lain.

6.Pedagang Mainan

Penjual mainan (Sumber: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Meskipun tidak punya kantor, pedagang mainan juga tidak libur dari pekerjaannya di hari lebaran. Justru pada hari itulah kesempatan untuk meraup untung bear. Coba ingat-ingat saat masih kecil, setelah mendapatkan uang THR dari saudara atau tetangga, anak-anak akan membelanjakannya untuk apa? Mainan adalah salah satu favorit mereka.

7.Sopir Bus Antar Kota

Melonjaknya penumpang bus tidak hanya saat menjelang hari lebaran saja. Saat hari raya lebaran tiba, masih banyak penumpang bus yang antre untuk mudik menuju ke kampung halaman. Karena itulah, banyak sopir bus yang tidak libur di hari raya, tapi berada di perjalanan untuk membawa penumpang.

8.Reporter

Jurnalis (Sumber: Pixabay)

Satu lagi orang-orang tangguh yang tidak mengenal kata libur saat lebaran. Mereka adalah reporter yang harus bertugas melaporkan kejadian sebelum dan sesudah hari raya. Kita tahu, setiap hari selalu ada peristiwa yang terjadi dan perlu diketahui masyarakat dengan segera. Berprofesi sebagai reporter menuntut mereka untuk berada di lapangan, meliput berita terkini untuk disiarkan.

Setiap profesi memang ada konsekuensinya masing-masing. Sebenarnya masih ada lagi profesi lain yang tidak libur di hari raya, tapi setidaknya itulah 8 profesi yang tetap bekerja di hari raya, saat kebanyakan orang berkumpul dengan keluarga. Yang terpenting, profesi itu adalah amanah yang tetap harus dijalani tanpa keluh kesah. Semoga ini bisa membuat kita lebih menghargai setiap profesi yang dijalani setiap orang.

 

(Sumber gambar utama: Pixabay)