in ,

Saat Hidupmu Terasa Rumit, Kamu Perlu Lakukan Ini

Sahabat Ublik, jika kamu merasa stres berkelanjutan oleh tekanan hidup, barangkali hidupmu terlalu rumit. Kamu bisa membuatnya lebih simple, tetapi ingat simple bukan berarti semuanya akan menjadi lebih mudah justru bisa jadi lebih sulit.

“Life is joyfull simple. Let’s keep it that way” (Paul Jun)

Jika hidupmu rumit, maka kamu perlu lakukan atau adopsi salah satu dari beberapa hal di bawah ini.

Lakukan satu hal dalam satu waktu

Ada kalanya kita melakukan sebuah tugas sembari mengerjakan yang lain. Hal itu tentu memperbesar tingkat stres. Sebab, kamu akan dibuat pusing dalam satu waktu sekaligus dan harus menyelesaikan keduanya dalam waktu yang sama. Akan tetapi jika kamu memilih untuk melakukan satu per satu, maka akan tersedia cukup ruang untuk memberikan perhatian penuh pada tugas yang sedang dikerjakan. Selain hasilnya jauh lebih baik kamu juga bisa menikmatinya.

Atur jarak antara kegiatan

Kita senang sekali menjejalkan banyak kegiatan dalam satu hari, seolah bisa mengerjakan semuanya. Terlalu meremehkan berapa lama waktu yang akan terpakai untuk mengerjakan satu kegiatan. Biasanya setiap membuat jadwal kita sudah menetapkan berapa lama harus mengerjakannya. Sehingga akhirnya teburu-buru dan stres sendiri karena hasilnya jauh dari yang diharapkan, atau bahkan belum selesai. Bagimana jika mulai sekarang berikan jarak antar kegiatan? Agar kamu bisa menikmati pencapaian setiap tugas yang telah terselesaikan. Dan mengistirahatkan otak tentunya.

Jangan terlalu berharap

Tidak semua hal akan berjalan seperti yang kamu mau, terkadang ada yang tidak sesuai. Ketika kamu sudah berharap terlalu banyak. kemudian jika hasil yang didapat tidak sesuai keinginan maka harapan itu yang akan menghempaskanmu jatuh dan akan terasa menyakitkan. Hal itu membuatmu mudah stres. Ingat satu hal, kita hanya bisa berusaha. Urusan hasil, bukan berada dalam kendali kita. Maka, sebelum berharap kamu harus tahu batasan antara realitas dengan harapanmu itu.

Jangan suka mengkritik

Mudah sekali mengkritik orang lain, meski itu hal baik sekalipun akan terus dicari kejelekannya. Namun, sejujurnya kamu hanya terlalu sulit untuk menyadari bahwa alasan mengkritik tersebut kiranya disebabkan oleh rasa takut telah tertinggal jauh, rasa iri karena ia lebih unggul, atau bahkan hanya karena kamu bosan.

Biasanya hal ini kemudian membuatmu membanding-bandingkan hidupmu sendiri dengan orang lain.

kritikan dalam , hidupmu
Ekspresi saat menerima kritikan (Sumber gambar: Pixabay)

Jangan lari dari rasa sakit

Belajarlah untuk melalui apa pun yang sedang kamu hadapi saat ini. Jika kamu merasakan sakit, katakan kepada dirimu. Belajarlah untuk berhenti membuat alasan demi menghindarinya. Yang harus diselesaikan maka lakukan saat ini, jangan membawaya terlalu lama bersamamu. Agar hidup ini tidak lebih berat dari kapasitas yang sesungguhnya.

Rendah hati

Jangan terlalu haus pujian. Ketika kita merasa diri ini lebih hebat, maka akan terus berusaha menjadi yang terhebat dalam segi apa pun. Bukankah itu melelahkan? Jadilah rendah hati dan apa adanya.

Jangan berurusan dengan orang-orang beracun

Mereka hanya akan menghabiskan waktumu, percayalah. Ketika kamu menemui orang yang mengajakmu berdebat tanpa arti, mereka bahkan tidak berubah pikiran meski kamu sudah menjelaskan kebenarannya. Maka sebaiknya hindari. Orang semacam ini selalu bangun dalam keadaan menyalahkan segala hal selain dirinya sendiri. Ketimbang menemukan masalahnya dan menyelesaikan hal itu.

Definisikan arti kesuksesanmu sendiri

Semua orang jelas memiliki definisi sukses yang berbeda-beda. Memiliki mobil bagus, rumah bagus, gaji yang besar, lulus kuliah, punya abs, dan lain-lain. Itu semua bukan arti kesuksesan, walau bisa jadi ini kesuksesan untuk sebagian orang.

“Everybody has their own private Moun Everest they were put on this earth to climb.” (Ignore Everybody karya Hugh Macleod)

Mencari definisi kesuksesan menurut diri kita sendiri akan menghentikan kekonyolan selama ini, karena membiarkan diri sendiri menjadi standar kesuksesan orang lain. Mengikuti standar mereka tanpa makna. Definisikan kesuksesan menurut dirimu, setelah itu kamu tahu jalan mana yang harus ditempuh. Apa saja yang harus dilakukan. Yang paling terpenting adalah kamu menjalani itu semua dengan sebuah makna yang berarti.

Tanyakan alasan pada setiap yang kamu lakukan

Kamu harus tahu kenapa melakukan ini dan itu. Benarkah memang harus dilakukan atau sebenarnya malah tidak perlu. Coba tanya pada dirimu sendiri, kenapa kamu melakukannya? Jika kamu bahkan tidak bisa menjawab, berarti hal itu memang tidak perlu dilakukan.

Hal ini mencegah kamu melakukan yang tidak perlu dan membuat waktumu lebih produktif. Jika memang kamu harus melakukannya, tanyakan kembali pada dirimu sendiri, bagaimana caramu melakukannya dengan lebih baik?

Terkadang jawaban terbaik bukan dari pertanyaan yang kamu ajukan ke orang lain. Namun sebaliknya, jawaban terbaik muncul dari pertanyaan pada diri sendiri. Ketika kamu menjawabnya dengan penuh kejujuran.

hidupmu , produktif
Buat hidupmu produktif (Sumber gambar: Pixabay)

Jadilah produktif

Agar kamu tidak stres karena deadline, maka sebaiknya kamu harus menjadi produktif dan tidak menunda-nunda dengan menghabiskan waktu untuk hal-hal konsumtif. Ada banyak tips untuk produktif yang bisa kamu cari. Dan temukan yang sesuai dengan dirimu.

“Time is a created thing. To say ‘I don’t have time,’ is like saying, ‘I don’t want to.” (Lao Tzu)

Ada kalanya kamu harus mengabaikan ucapan orang lain

Kamu tidak bisa hidup dengan mendengarkan ucapan orang lain. Kita memang tidak akan bisa menyenangkan semua orang. Maka, hidup akan menjadi lebih baik jika kita berani mengabaikan ucapan orang lain. Wajar bagi manusia mengurusi hidup orang lain, mereka hidup selama berpuluh-puluh tahun, butuh hiburan dan pelarian dari hidup mereka sendiri.

Temukan kebahagiaan pada hal-hal sederhana

Kita selalu melihat kebahagian adalah hal yang mahal, ketika membuka instagram dan menemukan teman-teman berfoto di depan Menara Eiffel. Bukan berarti hal itu tidak boleh dilakukan, boleh saja. Tetapi ketika kamu bisa menemukan kebahagiaan dari hal sederhana seperti menghabiskan akhir pekan dengan segelas susu coklat panas di tangan, sebuah buku atau novel yang menarik, atau sekedar bermalas-malasan menonton drama korea semuanya akan menjadi lebih mudah. Hidupmu bisa lebih banyak bahagia karena tidak perlu menunggu tabungan penuh untuk berlibur ke luar negeri. Temukan kebahagiaan di sana. Meski hanya jalan santai di sore hari dengan orang tersayang.

Perjelas tentang apa yang sebenarnya kamu inginkan

Terkadang, ketika melihat teman bisa melakukan sesuatu, ketika menonton film keren, dan menemukan video tentang hobi dan tujuan orang lain. Tiba-tiba hidup kita berbelok arah. Hal yang sebelumnya tersusun jadi buyar. Kamu ingin mengikuti hal-hal itu karena terlihat keren. Karena kita memang akan selalu suka pada sesuatu yang baru, yang terlihat indah. Sebab milik orang lain akan terlihat lebih membahagiakan.

Lebih baik, perjelas apa yang kamu inginkan dalam hidupmu. Ketahuilah apa yang ingin kamu lakukan dan bagaimana kamu melakukannya. Kamu bisa menghabiskan waktu untuk melakukan semua hal yang berkaitan dengan tujuan hidupmu. Dan mengatakan tidak pada hal-hal yang tampak menggiurkan. Hal ini akan membuat semuanya lebih sederhana. Jangan menyesal setelah sekian lama terombang-ambing keinginan untuk terlihat keren semata. Ketika usiamu tidak lagi muda, maka kamu akan menyesal.

Jangan lakukan apa-apa

Kamu harus coba hal ini : usahakan untuk tidak melakukan apa pun. Meski bermain ponsel. Benar-benar tidak melakukan apa pun bahkan tidak memikirkan satu hal pun. Maka rasakan, betapa otakmu sangat ingin segera mengerjakan dan menyelesaikan suatu hal. Setelah itu kamu akan mendapatkan power untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Semua hal ini tidak harus kamu lakukan. Yang diperlukan justru adalah menemukan kunci kesederhanaan hidup sesuai dirimu sendiri, dengan kadar yang pas, dan cara yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

[Ruang Fiksi] Manusia Menjadi Bangkai, Tapi Kata-Katanya Membusuk di Hati

motivasi keluarga

Motivasi Terbaik Itu Bernama Keluarga: Meraih Asa dengan Cinta