in

Ramadhan di Saat Pandemi, Apakah Lebih Sepi?

Ada lima bulan yang paling istimewa dari 12 bulan yang ada. Kelima bulan itu adalah bulan Ramadhan, Dzulkaidah, Dzulhijah, Muharam, dan Rajab. Salah satu bulan yang istimewa itu sekarang sedang kita lalui. Saat ini sudah memasuki minggu ke dua ramadhan di tahun ini yang mungkin agak sedikit berbeda.

Tahun ini adalah tahun kedua dengan suasana ramadhan yang masih berada di masa pandemi yang entah sampai kapan berakhirnya. Tapi, ada nggak ya yang berbeda dari pada tahun-tahun sebelumnya? Mungkin beberapa orang melakukan rutinitas ramadhan setiap tahunnya dengan tradisi yang sama. Apakah itu? Mari kita cek satu per satu.

  • Berburu Takjil Saat Ramadhan

Biasanya yang identik dengan suasana di bulan ramadhan adalah berburu takjil sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba atau istilah lainnya ngabuburit. Aneka hidangan siap diserbu di meja makan. Berbagai jenis makanan dari yang ringan sampai yang berat berjejeran di pinggir jalan memanggil untuk diserbu satu per satu. Masih ada kah di ramadhan kali ini? Masih dong. Coba aja keluar rumah di jam-jam 4 atau habis asar lah, akan ada banyak penjual yang tentunya di tempat-tempat yang biasa jualan itu. Jangan lupa bawa uang yang cukup supaya bisa menikmati berbagai hidangan yang tersaji  nanti. Eits tapi jangan kelewat konsumtif ya di bulan ramadhan ini. Kalau kekenyangan terus tiap hari gimana nanti lebaran, bisa jadi makin lebar-an beneran hehehe
Ramadhan di Saat Pandemi, Apakah Lebih Sepi?

  • Sholat Tarawih

Salah satu ibadah yang hanya ada di bulan ramadhan. Tentu dengan situasi yang berbeda di saat pandemi seperti ini setiap tempat harus tetap dilaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Tanpa terkecuali dengan ibadah sholat tarawih yang sudah pasti mengumpulkan banyak orang di satu tempat. Tetapi dengan tidak mengurangi kekhusyukan menjalankan ibadah sholat tarawih, setiap masjid tetap mengadakan sholat jamaah dengan menerapkan social distancing  dan tetap menggunakan masker ketika sholat sedang berlangsung. Mungkin ini suasana baru yang kita jumpai di ramadhan kali ini.

  • Bangunin Orang Sahur

Di daerah sahabat ublik ada gak yang tiap jam 3 pagi bangunin sahur yang sambil teriak dan mukulin bedug? Bikin jantungan ya kan. Baru tidur sebentar tahu-tahu sudah pagi lagi, dan dibangunkan dengan suara riuh itu. Kapan lagi menikmati keseruan itu kalau bukan di bulan ramadhan. Sesekali sahabat Ublik juga harus coba nih buat bangunin warga se-RT atau kompleks rumah biar ngerasain euforianya juga. Kapan lagi iyakan.

  • Buka Puasa Bersama Menjadi Tradisi Favorit Saat Ramadhan

Temen SD, SMP, SMA, Kuliah, temen kerja mungkin pada punya jadwalnya sendiri-sendiri buat ngajakin kumpul bareng buat buka puasa. Tapi tak jarang juga cuman jadi wacana sampai lebaran tiba. Boleh-boleh aja kalau mau buka di luar, kan namanya juga nyambung silaturahim, yang nggak setiap waktu bisa diluangkan bersama. Tapi yang penting nggak kehilangan esensi di bulan ramadhannya ya. Tiap hari nih misal diajakin teman A, teman B,C,D dan seterusnya. Tapi tiap kumpul ngajakin nggak tarawih. Nah ini nih yang perlu dikurang-kurangin hehe. Yang penting beres aja udah sholatnya, nggak akan ada masalah. Siap Sahabat Ublik?  Tapi kalau pandemi seperti ini, ada nggak yang ngajakin nih? 😀 Ada lah pasti, meski berkurang setiap tahunnya. Hanya circle terdekat yang mendekat haha

Tapi yang perlu jadi catatan, meskipun pandemi, semoga Ramadhan kita nggak sepi ya. Bulan istimewa ini nggak boleh lewat gitu aja. Sepakat? Ingat target dan rencana di awal ya, semoga berhasil!

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Melawan Insecurity, Menjadi Pribadi yang Lebih Percaya Diri

Sebuah Seni untuk Memulai Gaya Hidup Minimalis