in

Ternyata Ini Rahasia di Balik Sarapan yang Sehat, Kamu Sudah Tahu?

Sarapan apa hari ini?

Sahabat Ublik, sudahkah menganggap sarapan adalah rutinitas penting? Khususnya, sarapan yang sehat. Jika belum, maka artikel ini harus kamu baca. Sebab, ternyata rutinitas yang sering kita sepelekan ini sangat penting lho. Ada beberapa alasan mengapa orang seringkali meninggalkan rutinitas sarapan yang sehat. Yang pertama karena diet. Yang kedua, karena tidak ada waktu, dan ini yang sering kita jumpai. Dan yang ketiga, karena sarapan menyebabkan kantuk. Benarkah begitu?

Sarapan yang sehat adalah rutinitas yang sangat penting demi berjalannya rutinitas seharian dengan baik. Dan banyak dari kita masih salah kaprah tentang sarapan.

Yang Petama: Karena Diet

Proses diet membuat kita sering mengira bahwa tidak sarapan mengurangi kalori yang kita konsumsi. Terlebih ketika di rumah tidak ada bahan makanan sehat atau terlalu malas makan menunya itu-itu saja. Sebuah penelitian pada tahun 2003 dalam American Journal of Epidemiology, menyatakan bahwa melewatkan sarapan cenderung lebih cepat gemuk 4,5 kali. Hal itu juga telah dilansir oleh Huffington post.

Sarapan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Justru yang tidak sarapan akan makan lebih banyak dan menjadi gemuk. Selain itu kadar gula yang menurun juga membuat tubuh merasa lapar sepanjang hari. Efek samping lain dari menurunnya kadar gula adalah perasaan cemas dan lemas yang menyebabkan aktivitas akan terganggu. Lagi pula, meninggalkan sarapan yang sehat justru membuat kita mengkonsumsi lebih banyak snack yang tidak perlu dan dengan jumlah kalori yang lebih banyak.

Baca juga;

Saat Mie Instan Indomie Go International sampai ke Eropa dan Afrika
Resep Membuat Papeda, Makanan Eksotis khas Papua
Uniknya Olahan Tahu yang Terkenal di Indonesia

diet , sarapan yang sehat
Mengurangi sarapan karena diet? (Sumber: Pixabay)

Yang Kedua: Karena Tidak Punya Waktu

Sebenarnya, sarapan ini tidak memerlukan banyak waktu. Karena sarapan yang sehat dan dianjurkan justru tidak ribet sama sekali. Yaitu yang paling baik adalah telur rebus. Maka, kita bisa merebus telur sambil berdandan. Menu lain yang tidak perlu dimasak adalah buah pisang dan roti gandum utuh. Bagaimana? Masih mau bilang jika sarapan membuang waktu? Maka, bukan sarapannya yang bermasalah tapi kamu perlu bangun lebih pagi. Oh iya, biasakan belanja bulanan makanan sehat seperti roti gandum utuh atau oatmeal. Jangan lupa buahnya ya.

Lagi pula, sarapan yang sehat akan membantumu mengingat lebih baik. Hal itu justru membantu pekerjaan atau proses belajar bukan? maka mulai saat ini pikirkan beribu kali untuk meninggalkan sarapan. Penelitian yang tertulis dalam Journal of Adolescent Health, remaja usia 13 sampai 20 tahun yang sarapan memiliki ingatan jangka pendek lebih baik.

roti gandum , sarapan yang sehat
Roti gandum buat sarapan yang sehat (Sumber: Pixabay)

Yang Ketiga: Sarapan Bikin Ngantuk?

Benarkah sarapan menyebabkan kantuk? Menurut Prof. Ali Khomsan seorang ahli gizi sekaligus Guru Besar Institut Pertanian Bogor, bukan sarapan yang membuat mengantuk, tetapi porsi makannya. “Kalau Anda kelebihan makan pagi, maka oksigennya lari ke perut semua. Padahal, otak makanannya oksigen juga. Jadi kalau oksigen lari ke perut dan otak kekurangan oksigen, Anda pun mengantuk.”

Selain itu, tidak sarapan juga membuat kita mengantuk. Sebab otak kita memerlukan makanan, dan makanan otak adalah glukosa. Sedangkan ketika kita melewatkan sarapan, maka kita tidak mendapatkan glukosa yang cukup untuk diantarkan ke otak. Karena itulah otak akan kekurangan energi dan mengantuk.

Jadi, mengantuk di pagi hari bukan disebabkan oleh sarapan. Justru karena tidak sarapan atau porsi makan yang terlalu berlebihan. Selain itu juga masih menurut Prof. Ali Khomsan. “Orang-orang yang mengalami itu, seringkali dia sudah lama tidak sarapan. Artinya ketika dia mencoba sarapan perutnya berontak karena penyesuaian,” papar beliau pada acara kick off Koko Olimpiade 2019 di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, pada tanggal 22 Januari 2019 kemarin.

ngantuk , sarapan yang sehat
Ternyata ngantuk bukan karena sarapan atau nggak (Sumber: Pixabay)

Nah, agar kamu tidak mengantuk ada baiknya perhatikan ini nih.

  1. Kalau kamu tidak tahu harus sarapan apa, tidak suka roti atau oatmeal, maka kamu bisa menggantikannya dengan jus buah.
  2. Jangan ngemil. Sarapanlah sekalipun itu hanya buah. Ngemil tidak akan mengurangi rasa laparmu. Justru kamu akan cepat lapar lagi jika hanya ngemil.
  3. Minum air putih akan membantumu meningkatkan konsentrasi. Karena tubuh perlu terhidrasi agar terhindar dari rasa lelah. Minum air putih 30 menit sebelum makan juga bisa mengontrol rasa lapar, sehingga kita tidak berlebihan saat makan.
  4. Jangan sarapan terlalu siang. Minimal setengah jam setelah bangun dan tidak lebih dari jam sepuluh.

Sarapan yang sehat adalah kunci memulai hari yang produktif serta membentuk mood yang baik demi lancarnya aktivitas seharian. Jadi, kamu sarapan apa hari ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kamu istimewa

Karena Kamu Terlahir Istimewa, Apa Lagi yang Kamu Ragukan?

keluar zona nyaman

7 Tips Buat Keluar dari Zona Nyaman yang Melenakan