in

Punya Teman Sensitif? Begini Tips Menghadapinya

Berteman dengan orang sensitif perlu jurus juga, lho!

Berteman dengan orang sensitif harus tahu cara-caranya. (Sumber gambar: Ali Yahya on Unsplash)

Pasti menyenangkan kalau punya banyak teman di sekitar kita, baik itu di sekolah, kuliah, tempat kerja, atau di lingkungan mana pun. Biasanya sifat teman ini datang dengan berbagai karakter: ada yang supel, humoris, pendiam, atau bahkan yang sensitif dan gampang sekali terbawa perasaan. Nah, untuk tipe teman yang terakhir ini ya, yakni si sensitif, kamu perlu memiliki perlakuan khusus agar temanmu tidak gampang emosi atau mudah marah.

Lalu hal-hal seperti apakah yang bisa dilakukan dalam cara menghadapi tipe teman yang sensitif

1.Bersikap hati-hati dan menghormati

menghargai , teman sensistif
Berteman harus saling menghargai dan hati-hati ketika bersikap. (Sumber gambar: Angelika Agibalova on Unsplash)

Mungkin kamu bisa bercanda berlebihan dengan teman yang suka humor, tapi tidak bisa dilakukan pada tipe teman yang sensitif. Kita tahu kalau orang yang sensitif memiliki rasa emosional yang tinggi. Jadi, hati-hatilah dan menghormati saja ketika bersikap dengan orang yang sensitif. Kadang juga perlu bicara secara pribadi supaya mereka tidak terganggu. Dan yang lebih penting, jangan sampai memaksa mereka untuk mengeluarkan apa yang mereka punya jika mereka merasa keberatan.

Karena sikap bawaannya yang tidak mudah percaya, orang sensitif bahkan biasa curiga dengan semua hal. Semakin besar rasa aman yang diberikan, maka akan semakin percaya juga orang sensitif pada orang tersebut.

Bersikap menghormati juga harus kamu lakukan ketika dia memintamu untuk melakukan sesuatu sebab ada yang membuatnya tidak nyaman. Misalnya kamu memiliki pengharum ruangan yang mungkin menurutmu baunya tidak menyengat dan kamu gunakan untuk mengusir bau tak sedap di ruangan itu. Tetapi bisa saja temanmu yang sensitif menganggap harum tersebut menganggu pernapasannya dan terlalu menyengat.

Mudah terpengaruh oleh keadaan lingkungan sekitar dirasakan oleh orang yang sensitif. Penelitian pemindaian otak yang dilakukan oleh Universitas California menunjukkan bahwa otak orang sensitif merespons situasi dengan lebih agresif. Situasi itu bisa berupa cahaya terlalu terang, suara terlalu bising, pengharum yang terlalu menyengat, dan lain-lain.

Baca juga ;

2.Hindari Bersikap Keras

hindari sikap keras , teman sensitif
Hindari bersikap keras dengan orang sensitif. (Sumber gambar: Martin Sanchez on Unsplash)

Mereka gampang tergerak dengan sesuatu yang menyentuh. Sebagian dari mereka juga bisa larut dalam kisah-kisah mengharukan. Orang yang sensitif ini juga tidak bisa disikapi dengan keras. Semakin keras, maka akan semakin sensitiflah ia. Untuk itu jika ingin menyampaikan beberapa hal kepadanya cobalah untuk menyampaikannya secara sabar dan bijaksana.

Termasuk dalam hal tugas atau pekerjaan. Orang yang sangat sensitif akan merasa kewalahan saat ada begitu banyak perintah atau tugas yang ditujukan kepadanya. Mereka merasa kesulitan jika dalam satu waktu perhatian mereka diminta pada berbagai hal. Oleh sebab itu jika menemukan kasus seperti itu sebaiknya bantu mereka dengan menyarankan membuat daftar tugas. Kerjakan tugas satu per satu.

3.Tidak Perlu Susah Payah Mengubahnya

Bisa jadi sebenarnya, ia sendiri juga tidak sebegitu ‘tersiksa’nya dengan bawaan sensitif itu. Intinya, semua temanmu, juga termasuk kamu sendiri tetaplah pada sifat asli, selama tidak mengganggu yang lain. Jadilah diri sendiri dan bisa menempatkan diri sesuai kebutuhan.

Orang yang sangat sensitif sebenarnya bukan hal yang aneh. Menurut peneliti Dr. Elaine Aron, sekitar 15-20 persen dari populasi dunia ini adalah orang yang sangat sensitif. Mereka memang dilahirkan seperti itu. Justru mereka yang sensitif memiliki keunggulan yaitu rasa empati tinggi, dan memiliki intuisi.

peka , teman sensitif
Menurut penelitian, otak meteka memang lebih peka akan situasi sekitar. (Sumber gambar: Sergio Souza on Unsplash)

Jika orang sensitif bertemu dengan seseorang atau bahkan hewan yang kurang beruntung nasibnya, biasanya perasaan itu akan dirasakan juga oleh mereka. Sebegitu kuatnya rasa empati dan sedih ketika menghadapi kejadian tidak mengenakkan biasanya dapat memengaruhi suasana hati mereka.

Jadi jangan heran ketika mereka tahu kamu sedang murung atau tidak bahagia. Kepekaan mereka dapat merasa apa yang orang sekitarnya rasa meski duduk jauh darinya. Hal itu terkadang membuat orang dengan sensitivitas tinggi merasa lelah.

4.Beri Mereka Waktu Menyendiri

menyendiri , teman sensitif
Beri waktu mereka untuk menyendiri untuk mengatasi masalah. (sumber gambar: Chris Fuller on Unsplash)

Jika temanmu yang sangat sensitif terlihat tidak ingin diganggu atau tidak ingin membagi apa yang ia rasakan denganmu, berilah dia waktu sendiri. Karena intensnya perasaan yang mereka rasakan dari berbagai stimuli dari sekitarnya, biasanya waktu menyendiri berguna untuk membuat perasaan mereka menjadi lebih baik.

Ketika mereka lebih banyak menangis dari kamu, itu bukan karena mereka tidak memiliki kontrol terhadap perasaan sendiri. Tetapi memang seperti itulah mereka apa adanya.

Bahkan nih, bagi temanmu yang sangat sensitif, konsumsi kafein dapat membuat mereka merasa kewalahan, lho. Mereka akan lebih mudah merasa cemas.

5.Jangan Mudah Menghakimi

Sikap mudah menghakimi orang lain hanya karena mereka berbeda dari kita memang tidak baik. Meski kita tidak pernah tahu apa yang dirasakan oleh teman sensitif, jangan pula menghakimi yang bukan-bukan. Hanya karena mereka butuh waktu sendiri dan tidak mudah percaya, biasanya orang akan melabeli mereka sombong. Mereka mudah merasa terharu, orang melabeli mereka cengeng. Saat mereka meminta kita untuk mengecilkan volume musik karena dia merasa terganggu, kita melabeli mereka lebay dan enggak gaul.

menghakimi , teman sensitif
Bersikap mudah menghakimi tidak baik. (Sumber gambar: Orlova Maria on Unsplash)

Hal-hal seperti itu yang membuat mereka jadi susah merasa aman dan nyaman denganmu. Jadilah teman yang baik dan mengerti kebutuhan mereka. Bisa jadi justru merekalah yang akan menjadi pendengar setiamu saat kamu butuh untuk didengarkan, membantumu ketika merasa kesulitan, dan juga menghargaimu karena mereka juga merasa dihargai.

 

Comments

Leave a Reply
  1. Setuju. Aku ini tipe yang sensitif, tapi ketika menemukan teman yang sudah seperti saudara dan itu nggak mudah, hanya ada satu sampai hari ini. Mau dia cuek atau apa aku nggak lagi terpengaruh. Ya sebab aku tahu dia emang pribadi yang cuek.
    Suka artikelnya, Kak Elsa. Lingkungan pertemanan masih meresahkan di usia 20.an ini.

    • Nah betul itu Kak hehehe kalua udah ada teman yang pas biasa loyal sama dia. Lebih baik punya sedikit tapi dekat daripada banyak tapi nggak ada yang klik gitu ya hahaha. Makasih juga Kak Kiki udah dibaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

menikah , rencana keuangan

Sudah Siap Menikah? Pahami 9 Poin Perencanaan Keuangan Berikut Ini

Dilan Milea , Film Dilan 1991

8 Gombalan Siap Viral yang Bakal Muncul di Film Dilan 1991