in

Pekerjaan Paruh Waktu yang Cocok untuk Mahasiswa Bahasa Inggris

Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja, coba pekerjaan paruh waktu, kenapa tidak?

Barangkali banyak di antara sahabat Ublik yang sudah familiar dengan istilah pekerjaan paruh waktu atau kerja part-time. Bagi sahabat Ublik yang masih duduk di bangku kuliah, pekerjaan paruh waktu bisa menjadi kegiatan positif untuk mengisi waktu luang dan menambah pengalaman kamu. Terutama bagi kalian yang berkuliah di luar kota dan memiliki banyak waktu senggang di kos atau kontrakan.

Selain untuk mengatasi kejenuhan, pekerjaan paruh waktu yang biasanya dilakukan di luar jam perkuliahan ini bisa menambah pemasukan kalian juga, lho! Jadi kalau pingin beli sesuatu, nggak perlu minta sama orang tua lagi.

Soal pekerjaan, ternyata kalian bisa memilih sendiri mau bekerja di bidang apa. Banyak pilihan yang ditawarkan untuk pekerjaan paruh waktu. Namun, barangkali akan lebih asyik jika sahabat Ublik bekerja sesuai dengan jurusan yang diambil.

So, kamu jurusan apa? Buat yang mengambil jurusan pendidikan bahasa Inggris, berikut ini beberapa contoh pekerjaan yang bisa kamu kerjakan.

1. Guru Les

Kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris bisa membawa kamu untuk menjadi seorang guru atau pendidik. Oleh karena itu, menjadi guru les adalah salah satu pilihan yang tepat.

Selain bisa praktek mengajar, kamu juga bisa mengasah kemampuanmu dalam penguasaan materi. Materi yang diajarkan bisa didapat dari buku pelajaran atau mencari referensinya di internet.

Ada banyak bimbingan belajar yang membuka lowongan pekerjaan ini untuk mahasiswa. Jika tidak, kamu bisa memanfaatkan sosial media atau brosur untuk mengiklankan jasa guru les privat ke calon anak didikmu.

2. Translator

translator , pekerjaan paruh waktu
Translator, pekerjaan paruh waktu untuk mahasiswa pendidikan bahasa Inggris

Kemampuan dalam berbahasa asing juga merupakan salah satu soft skill yang paling banyak dicari. Selain guru les, ada salah satu pekerjaan lagi yang bisa mengasah kemampuan kamu.

Menjadi translator atau penerjemah merupakan pekerjaan yang mengasyikkan. Apalagi jika kamu mempunyai kapabilitas di bidang bahasa asing. Dalam hal ini, bahasa Inggris adalah bahasa yang paling sering digunakan.

Akan tetapi, tak cukup bermodal bisa bahasa Inggris saja, sebagai translator, kamu harus belajar tentang strategi penerjemahan serta kriteria penerjemahan yang baik. Kamu juga harus bisa menguasai tata bahasa yang baik agar bisa menghasilkan naskah yang mudah dipahami.

Gaji yang didapat dari pekerjaan ini cukup menjanjikan, lho. Meskipun tidak memiliki penghasilan tetap layaknya seorang karyawan perusahaan, namun seorang translator biasanya dibayar dengan nilai yang cukup fantastis. Tergantung seberapa banyak teks yang harus diterjemahkan. Lumayan, bisa untuk traktir teman-teman!

3. Tour Guide

pekerjaan paruh waktu , tour guide
Tour guide, salah satu peluang pekerjaan paruh waktu

Selain keren, bisa menguasai bahasa asing membuatmu lebih percaya diri untuk tampil di depan publik. Jika kamu adalah sosok yang menyenangkan dan komunikatif, bekerja sebagai tour guide merupkan opsi yang tepat. Lebih kepada kemampuan berbicara, menjadi seorang tour guide atau pemandu wisata menuntutmu untuk bisa berbicara dengan lancar menggunakan bahasa asing. Meskipun tidak semua turis bisa berbahasa Inggris, namun sebagai mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris, kemampuan bahasamu bisa menjadi modal utama.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat jika bekerja sebagai pemandu wisata. Selain bisa masuk ke tempat wisata dengan gratis, pekerjaan ini baik untuk melatih kemampuan berkomunikasi dan berbahasa kamu. Banyak kosa kata baru yang mungkin muncul dalam percakapanmu dan wisatawan yang kamu pandu.

Tapi, kamu juga harus memahami betul seluk beluk kepariwisataan di destinasi dimana kamu akan memandu wisatawan. Tak hanya menemani, seorang tour guide harus bisa memberikan informasi yang detail atau bimbingan dan saran kepada wisatawan dalam menjalankan aktivitas wisatanya.

4. Penulis Lepas

Ada sebagian orang yang kurang menyukai kegiatan outdoor. Jika kamu salah satunya, bekerja sebagai penulis lepas barangkali cocok dengan passion kamu. Cukup bermodal laptop serta segelas kopi dan cemilan.

Jika bekerja sebagai tour guide mengandalkan kemampuan berbicara, maka sebagai penulis lepas, kemampuan menulismu lebih diutamakan. Dalam hal merangkai kata, anak bahasa jagonya. Kamu bisa menentukan sendiri, mau menulis dengan bahasa Indonesia atau menulis dengan bahasa Inggris.

Tak sedikit lowongan penulis lepas yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung. Perbendaharaan kosa katamu menjadi semakin baik dan beragam seiring banyaknya artikel yang kamu tulis. Biasanya penghasilan yang didapat dari menulis dengan menggunakan bahasa Inggris lebih banyak daripada tulisan berbahasa Indonesia lho, sahabat Ublik! Nggak sia-sia kan jadi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris?

Melakukan pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan minat memang sangat mengasyikkan. Selain memperoleh pengalaman dan tambahan penghasilan yang terbilang lumayan, melakukan pekerjaan paruh waktu yang dilakukan sesuai kegemaran bisa menambah pengetahuan dan mengasah kemampuan kamu.

Tapi, jangan sampai pekerjaan paruh waktu yang diambil malah mengganggu proses kuliahmu ya, sahabat Ublik! Pandai-pandai mengatur waktu dan terus berpikir positif. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

5 langkah personal branding, bukan cuma pamer diri

5 Langkah Sukses Dalam Personal Branding yang Bukan Sekadar Pamer Diri

8 cara mengatur pola belajar

8 Cara Mengatur Pola Belajar Yang Efisien