YouTube, YouTube, YouTube, lebih dari TV, boom!” begitulah kata-kata yang dipopulerkan oleh Jovial Da Lopez saat awal-awal YouTube mulai booming di Indonesia. Berawal dari lagu GGS (Ganteng-Ganteng Swag) yang dipopulerkan oleh Young Lex yang berkolaborasi dengan SkinnyIndonesian24, Reza Oktovian, Kemal Palevi dan juga Dycal, sekarang kata-kata itu seperti sangat menggambarkan YouTube dan bahkan menjadi kalimat kebanggaan para YouTuber yang mungkin saja bisa meraih kesukesannya karena YouTube.

Sejak kemunculan beberapa artis dadakan dari YouTube itulah, YouTube menjadi semakin booming sampai sekarang. Bukan hanya tempat mencurahkan sebuah karya dalam bentuk video, namun banyak yang menjadikan YouTube sebagai tempat mendapatkan popularitas, dan bahkan tempat mendapatkan kekayaan.

Pilihan Editor;

Dari dua aspek itu, yakni popularitas dan kekayaan, artikel ini akan lebih fokus membahas tentang popularitas. Mendapatkan popularitas dari media sosial bahkan sempat disinggung melalui lagu oleh Roy Ricardo yang berkolaborasi dengan Gaga Muhammad dan Lula Lahfah. Judul lagunya adalah “Panjat Sosial”. Tapi apakah mereka yang menyanyikan itu tidak pansos dengan mengambil ketenaran dari sosial media? Tapi sayangnya kita tidak akan bahas itu.

Panjat Sosial
Foto: tekno.kompas.com

Sebenarnya populernya YouTube dan nge-pansos di YouTube bukan sejak era Young Lex, Reza Oktovian, dan kawan-kawannya itu, tapi lebih jauh lagi sebelumnya YouTube juga sudah dijadikan sebagai media panjat sosial. Dan merekalah yang disebut sebagai artis dadakan dari YouTube.

Masih ingat dengan yang namanya Norman Kamaru? Dia sampai keluar dari anggota kepolisian dan memilih berkarier sebagai artis, itu semua karena popularitasnya yang secara singkat bisa didapatkan dari YouTube dengan lipsync lagu “Chaiya-Chaiya” saat itu. Itu adalah satu dari sekian banyak orang yang mendapatkan popularitasnya yang relatif cukup cepat dari YouTube. Kita tidak bisa bilang popularitas instan, karena membuat mie instan saja ada prosesnya.

Kalau sudah kita bilang salah satu, berarti ada yang lainnya. Nah ini ublik ingin berbagi pengetahuan kira-kira siapa saja mereka yang pernah dan mungkin sedang mendapatkan popularitasnya berkat Youtube. Tapi catat, mereka di bawah ini bukan berarti tidak berkualitas.

Artis Dadakan Dari Youtube

1. Sinta dan Jojo

Foto: money.id

Kedua gadis asal Bandung ini sangat terkenal karena lipsync-nya dengan lagu Keong Racun di YouTube. Saat itu lipsync merupakan fenomena awal di Indonesia. Dan dengan wajahnya yang cantik, ya you know lah pasti langsung nge-boom. Tapi sayang, dalam jangka waktu belum ada setengah tahun, namanya kembali meredup dan sekarang malah menghilang. Kabar terakhirnya Sinta sudah berkeluarga dan pindah ke Paris. Sementara Jojo tetap di Indonesia namun masih belum ada info tentang keberadaannya.

2. Norman Kamaru

Foto: tribunnews.com

Sudah sedikit kita bahas di atas kalau Norman Kamaru ini pernah mendapatkan popularitasnya berkat lipsync lagu ‘Chaiya-Chaiya’ milih Shah Rukh Khan. Merelakan jabatannya sebagai salah satu anggota Polri demi menjadi sebuah artis, namun sayang karier Norman Kamaru meredup dan mendapatkan jalan yang terjal. Kabar terakhirnya ia membuka usaha café di kawasan Jakarta Selatan.

3. Arya Wiguna

Foto: Kapanlagi.com

Aksi marah-marahnya dengan kata-kata “Demi Tuhan” membuat Arya Wiguna begitu tenar secara cepat. Sebenarnya yang membuatnya tenar adalah speech composing dari Eka Gustiwana, namun hal itu turut melambungkan nama Arya Wiguna. Namun sayang, belum sempat ‘populer banget’, Arya Wiguna sudah kehilangan popularitasnya dan sekarang nampaknya sudah menghilang dari dunia hiburan.

4. Udin Majnun

Foto: tribunnews.com

Kalau Udin Majnun atau yang dikenal dengan Udin Sedunia ini relatif punya karya dengan lagu Udin Sedunia miliknya yang juga ia nyanyikan. Lagu tersebut membawanya menjadi selebriti. Bahkan ia juga sempat menjadi host, pelawak, hingga pemain sinetron gara-gara ketenarannya di YouTube itu. Tapi sekarang Udin Sedunia nampaknya sudah sepi job.

5. Nissa Sabyan

Foto: islamcendekia.com

Nih yang lagi viral di pertengahan tahun 2018 ini. Nissa dengan band gambusnya yang bernama “Sabyan” menjadi viral di YouTube karena lagu religi yang dibawakannya. Meskipun kebanyakan adalah lagu cover, namun hal itu cukup menjadikannya mendapatkan popularitas seperti apa yang ia rasakan sekarang ini. Dengan usianya yang masih remaja dan parasnya yang cantik, serta suaranya yang sangat merdu membuat Nissa semakin melambung namanya. Tapi bagaimana selanjutnya? Apakah dia akan menjadi selebriti instan seperti yang pernah ada? Nanti kalau sudah ada hasilnya akan kita update kembali.

#Bonus: Gen Halilintar

Foto: Kapanlagi.com

Meski penuh dengan kontroversi dan hatersnya bisa dibilang cukup banyak, namun ini loh selebriti dadakan yang lahir dari YouTube yang sangat fenomenal. Beranggotakan 11 orang yang merupakan satu keluarga, Gen Halilintar mendapatkan puncak popularitasnya saat ini. Btw, ketenaran Gen Halilintar ini sudah cukup lama. Namun mereka tetap bisa mempertahankan popularitasnya itu dan membuktikan bahwa tidak semua artis yang terkenal karena YouTube itu langsung tenggelam. Gen Halilintar juga merupakan salah satu dari artis Youtube di Indonesia yang sangat diunggulkan dan bahkan masuk dalam YouTube FanFast 2017.

Postingan ini tidak mengartikan bahwa artis dadakan dari YouTube adalah tidak berkualitas dan langsung tenggelam. YouTube merupakan fenomena yang ada saat ini dan mungkin akan terus lebih berkembang dengan kreativitas anak sekarang. Banyak artis berkualitas yang sudah terlahir berkat YouTube. YouTube lebih dari TV? Mungkin akan kita bahas lebih lanjut dalam artikel selanjutnya. Semoga artikel di atas bisa memberikan manfaat serta pengetahuan bagi kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.