in ,

Nikah Praktis ala Suhay Salim atau Nikah Mevvah ala Crazy Rich Surabayan?

Belakangan jagad maya digemparkan dengan berita pernikahan yang menyedot perhatian. Pasalnya, prosesi masing-masing pernikahan tersebut memiliki rangkaian yang bertolak belakang.

Adalah beauty blogger femes, Suhay Salim yang memposting foto usai prosesi pernikahannya yang berlangsung praktis karena kedua mempelai hanya mengenakan jeans dengan gaya kasual saat ke KUA.

Di sisi lain belum lama ini orang super tajir yang tinggal di wilayah Surabaya atau yang mendapat julukan Crazy Rich Surabayan menggelar pesta mevvah yang mengingatkan kita pada Royal Wedding Kerajaan. Nah, kalau menikah nanti, kamu bakal pilih yang mana?

Sebelum dijawab, yuk dicek dulu sisi positif dari masing-masing pilihan,

Sisi Positif Nikah Praktis Cuma Pakai Jeans ala Suhay Salim

 

Suhay Salim dan Pasangan (Sumber: Instagram story/SuhaySalim)

 

1. Nggak memberatkan

Salah satu hal yang membuat pasangan hendak menikah menunda niat baiknya adalah besarnya biaya pernikahan yang diperlukan. Mulai dari biaya sewa gaun pengantin, rias pengantin, konsumsi, sewa tenda hingga sewa gedung. Belum lagi untuk yang ingin memanjakan tamu dengan menyediakan tema nan instagramable untuk berswafoto para tamu undangan.

Dalam acara pernikahan, segala hal harus dipersiapkan dengan melimpah, misalkan dalam hal konsumsi. Hal yang sepertinya sepele namun menyedot budget karena setiap tamu pasti mengajak pasangan atau keluarganya. Hmm.. nggak mau kan usai pesta selesai, acara pernikahanmu dijadikan sasaran empuk orang-orang yang bergosip macam-macam?

Tetapi sayangnya banyak tamu yang tidak bertanggungjawab terhadap tindakannya. Mengambil makanan dalam porsi banyak tetapi tidak dihabiskan. Mubadzir gaes. Di luar sana banyak banget lho yang kekurangan makanan.

Ilustrasi wedding party (Sumber: Pixabay)

2. Tidak memforsir pikiran

Sebuah acara pernikahan dimulai dengan mempersiapkan surat-surat dengan detail yang panjang. Memilih pesta pernikahan sederhana ala Suhay Salim mengurangi tingkat stres karena calon pengantin tidak perlu lagi memikirkan detailnya.

Karena setiap pasangan menginginkan prosesi pernikahannya berakhir sempurna jadi walaupun sudah diserahkan pada jasa wedding organizer pun pasti masih ada yang akan kepikiran. Terutama mereka yang perfeksionis.

3. Menginspirasi

Prosesi pernikahan sederhana ala Suhay Salim bisa menjadi inspirasi bagi mereka yang ingin menikah tetapi berat di ongkos. Hal yang dilakukan Suhay Salim ini semacam tamparan karena, ‘Hey, lihat itu, influencer yang sehari-hari dekat dengan make-up sekelas Suhay Salim pun nggak gengsi lho!’

( Baca juga: Urgensi Kehadiran Bridesmaid dalam Sebuah Pernikahan di Indonesia )

Lalu bagaimana dengan konsep pernikahan nan mevvah ala Crazy Rich Surabayan?

Sisi Positif Menikah Mevvah ala Crazy Rich Surabayan

“Crazy Rich Surabayan” (Sumber: Instagram/jusupclarissawed)

Pesta yang mengumbar kemewahan bak di negeri dongeng ala Crazy Rich Surabayan pun memiliki banyak sisi positif lho!

1. Memorable

Pesta pernikahan memiliki arti sakral bagi banyak pasangan. Mereka ingin momen yang diharapkan terjadi hanya sekali seumur hidup tersebut bisa disaksikan hingga anak cucu. Salah satu cara mewujudkan hal tersebut yaa dengan foto-foto yang mengabadikan momen penting.

2. Berbagi kebahagiaan bersama keluarga besar dan teman-teman

Momen pernikahan ‘kan umumnya digunakan oleh pasangan untuk mengumpulkan keluarga besar serta kenalan yang jarang bisa berkumpul karena kesibukan masing-masing. Jadi, kalau memang budget tersedia, tak ada salahnya berbagi kebahagiaan bersama keluarga besar dan teman-teman di hari spesial itu.

( Baca juga: Ngga Perlu Mewah, Ini Alasan Kenapa Nikah Sederhana Itu Lebih Baik )

3. Berbagi rezeki

Maksudnya? Hmm.. sadar tidak sih bahwa dengan menggelar pesta mevvah apalagi yang sempat viral seperti yang digelar oleh para Crazy Rich Surabayan membuat banyak kalangan terbantu.

Bukan hanya imbas langsung bagi para pemilik usaha jasa yang digunakan atas promosi gratis yang mereka dapat di media sosial, tetapi orang-orang di baliknya yang bekerja keras demi menghidupi keluarga. Ya, secara tidak langsung para karyawan tempat para Crazy Rich Surabayan menyewa jasa tersebut terbantu.

Satu hal, apapun pilihan kamu, yang penting adalah jangan paksakan diri demi mengejar gengsi. Apalagi memaksa orang tua atau sengaja dibela-belain ngutang ke sana kemari.

Percayalah, pesta mewah hanya dipuji dalam sehari. Selanjutnya hal tersebut berlalu begitu saja bagi orang-orang. Yang terpenting adalah kehidupan setelah menikah seperti biaya hidup, tempat tinggal dan persiapan saat memiliki anak.

Kecuali kalau memang mampu, maka itu adalah hak pribadi. Yang pasti, dalam hal apapun, yang sesuai porsi itu lebih membuat nyaman.

Jadi, bagaimana menurutmu? Kamu pilih yang mana: nikah praktis atau nikah mevvah?

Written by Amrih Priutami

Tukang momong yang hobi menulis.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

Agar Kita Bisa Ibadah Umroh di Usia Muda, Ini Tipsnya

Ini Dia 5 Jenis Buah Durian Kalimantan buat Para Durian Lovers!