in

Deretan Minuman Khas Indonesia Paling Nikmat Saat Musim Hujan

Apa saja minuman khas Indonesia yang nikmat dikonsumsi saat hujan?

Arang panas siap dimasukkan ke dalam gelas (getyourimage.club)

Indonesia punya dua musim tiap tahunnya; musim kemarau dan musim penghujan. Karena kita hidup di negara tropis, jadi nyaris gak mungkin kita merasakan musim salju. Nah, karena Indonesia itu terkenal dengan orang-orangnya yang kreatif, selalu ada makanan ataupun minuman khas yang nikmat dikonsumsi sesuai musimnya.

Seperti musim penghujan sekarang ini, Indonesia punya minuman-minuman andalan yang pasti bikin musim hujan bisa dinikmati dengan lebih seru lagi. Indonesia yang memang kaya akan resep dengan rempah yang beragam itu memang akan selalu jadi ciri khas minuman-minuman Indonesia. Nah minuman apa saja yang nikmat untuk dikonsumsi saat musim penghujan ini? Berikut ringkasannya;

1.Wedang Jahe

jahe , minuman khas Indonesia
Wedang jahe yang menghangatkan (powerofpositivity.com)

Wedang Jahe. Siapa sih yang gak tau minuman khas Indonesia ini? Wedang jahe adalah minuman dengan komposisi utama jahe. Bahkan minuman ini sudah ada versi instannya. Meski begitu, racikan tangan sendiri memang akan jauh terasa lebih nikmat. Jahe akan membuat tubuh hangat. Minum wedang jahe ketika menikmati gemercik hujan memang begitu nikmat. Selain bikin hangat tubuh, wedang jahe akan membuat kamu jadi lebih rileks, sehingga bisa mengerjakan banyak hal dengan jauh lebih produktif.

2.Sekoteng

sekoteng , minuman khas Indonesia
Sekoteng (indoblognet.com)

Setelah wedang jahe, ada sekoteng. Minuman khas Indonesia ini juga nikmat buat diteguk ketika hujan turun. Berbeda dengan wedang jahe, sekoteng punya isian yang lebih kompleks. Ada susu, pacar cina, kacang tanah, kacang hijau, dan potongan roti tawar. Minum sekoteng di kala hujan turun memang bikin kita jadi jauh lebih tenang. Sekoteng juga cukup mudah buat ditemui. Yap, di beberpa kota, masih banyak orang yang jual, lengkap dengan mangkok cekung dan sendok yang terkadang terbuat dari seng. Kebayang kan nikmatin sedapnya sekoteng sambil duduk di pelataran rumah dan hujan lagi turun. Pasti bakalan kerasa syahdu banget!

3.Bajigur

Kalau minuman yang satu ini kebanggaannya orang Jawa Barat. Sudah turun temurun orang Jawa Barat melestarikan bajigur sebagai minuman khas. Bahkan di era digital ini, keberadaan bajigur makin dibuat kekinian. Bajigur adalah minuman yang komposisi utamannya adalah gula aren dan santan. Tapi kadang ditambah jahe, bubuk vanili juga bahkan garam. Oh iya lebih enak lagi kalau minum bajigur ditemani kacang, pisang, atau ubi rebus. Wah kombinasi yang cocok banget. Segelas bajigur yang segar dengan hujan yang turun adalah padu padan yang tepat. Akan selalu nikmat kalau diminum ketika cuaca dingin maupun hujan.

4.Bir Pletok

Ternyata orang Betawi juga punya minuman khas dan patut dikonsumsi saat hujan turun. Namanya unik, bir pletok. Tenang, ini bir tanpa alkohol dan berisikan rempah-rempah yang pastinya nikmat buat dikonsumsi. Dulu orang Betawi pengin juga mencicipi bir orang Belanda, tapi karena haram mereka memilih meramu bir khas mereka sendiri dan jadilah bir pletok dengan komposisi kayu secang, kapulaga, cengkeh, kayu manis, dan masih banyak lagi rempah-rempah khas nusantara. Hasilnya? Sudah jelas enak banget! Selain dinikmati pas hujan turun atau kondisi cuaca lagi dingin, bir pletok juga enak kalau diseduh dengan es dan diminum saat siang hari.

5.Bandrek

Kadang ada yang susah membedakan antara bandrek dan bajigur, yang sebenarnya memang gak jauh beda. Keduanya juga berasal dari tanah pasundan. Hanya yang membedakan bajigur dan bandrek adalah penambahan susu. Yap, kalau kamu mencicipi bandrek pasti ada rasa susu yang nikmat dan terasa nyambung dengan rasa ramuan lainnya. Oh iya bandrek juga terkadang dicampur dengan daun pandan supaya punya aroma yang khas. Bandrek pun akan lebih berkhasiat kalau dicampur telur ayam kampung. Wah, yang jelas bandrek adalah salah satu minuman terbaik saat hujan turun. Rasa manisnya dan hangatnya akan bikin kamu ngerasa lebih rileks.

6.Kopi Jos

kopi jos , minuman khas Indonesia
Arang panas siap dimasukkan ke dalam gelas (getyourimage.club)

Terakhir ada kopi jos. Orang Jogja pasti sudah gak asing lagi sama kopi unik yang barangkali cuma bisa kita temukan di Jogja ini. Khususnya di angkringan-angkringan yang menjajakan makanan khas kota pelajar itu. Kopi jos adalah kopi hitam yang ditambahkan arang panas yang dicelupkan ke dalam segelas kopi.

Rasa kopi jadi punya kekhasannya sendiri. Selain itu aroma arang juga tercium dengan begitu nikmat. Kopi jos memang salah satu teman terbaik buat melewatkan waktu saat hujan turun. Selain menghangatkan, kopi dipercaya akan selalu berhasil mendorong kreativitas bagi banyak orang. Tapi, memang agak susah buat bikinnya di rumah. Meski begitu bukan berarti tidak bisa. Dengan sedikit bantuan tutorila YouTube, kopi jos buatanmu juga pasti enak kok.

Nah itu tadi beberapa minuman khas nusantra yang akan selalu cocok jika dikonsumsi saat hujan. Memang bicara soal kuliner khas dalam negeri tidak akan ada habisnya. Yang barusan kita bahas baru minuman yang nikmat dikonsumsi saat musim hujan, belum bicara minuman khas Indonesia secara global apalagi makanan khas Indonesia yang udah pasti banyak banget. Memang ya Indonesia itu selalu unggul kalau bicara soal resep-resep makanan dan minuman. Nah di antara enam minuman khas Indonesia yang pas dikonsumsi saat musim hujan di atas, adakah yang jadi favorit kamu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sir Nata guru viral

Sir Nata: “Kodaline Bilang ke Saya ‘You Rock!!!’”

5 Kebiasaan Nyeleneh Orang Indonesia di Lampu Merah