in

Membuat Orang Terpesona dengan Gaya Bicara Kamu, Begini Caranya

Ingin memiliki gaya bicara yang mempesona? Bagaimana cara melatihnya?

Sahabat Ublik, pernahkah kalian mendengar istilah tentang gaya bicara? Gaya bicara bisa menimbulkan daya tarik bagi lawan bicara atau siapapun yang melihatnya. Coba perhatikan cara berbicara seorang motivator, politikus, komedian hingga jurnalis di televisi atau YouTube. Meskipun memiliki gaya bicara yang berbeda, namun penampilannya bisa membuat kalian terpesona, bukan?

Ketika berbicara di hadapan banyak orang, kita dituntut untuk dapat menyampaikan pesan dengan baik. Meskipun seseorang memiliki kapabilitas dalam berbicara di depan publik, jika gaya bicaranya kurang menarik, maka pendengar akan bosan dan memiliki persepsi yang kurang baik tentang dirinya.

Nah, tahukah kalian jika gaya bicara juga bisa mencerminkan kecerdasan seseorang? Saat berbicara, ekspresi wajah dan intonasi suara bisa menggambarkan makna dari kalimat yang diucapkan. Wah, senangnya kalau gaya bicara kita bisa memukau siapapun yang melihatnya!

Namun, tak sedikit orang menemukan kesulitan dalam ‘berbicara’. Mulai dari krisis percaya diri, tak biasa berbicara di depan banyak orang, tegang, tidak bisa menyampaikan ide dengan tepat, hingga alasan-alasan lain yang disebut sebagai kendala. Pada dasarnya, keterampilan ini tidak bisa dimiliki secara instan ya, sahabat Ublik! Selain pembiasaan, kalian juga perlu melatihnya secara berkala. Simak tips dan trik yang bisa kalian coba untuk melatih gaya bicara berikut ini!

( Baca juga: 5 Tips Melejit Berkarir di Bidang Sales and Marketing )

Mulailah Berorganisasi

Jika kamu beranggapan bahwa bergabung dalam sebuah organisasi hanya akan membuang-buang waktu saja, sepertinya kamu harus mempertimbangkan lagi pendapat tersebut. Sebaliknya, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika ikut bergabung dengan sebuah organisasi. Salah satunya adalah melatih keterampilan berbicara melalui forum diskusi. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam sebuah organisasi juga bisa melatihmu untuk berani tampil di depan umum.

Selain melatih rasa percaya diri untuk tampil di depan umum, kamu juga bisa mempelajari gaya bicara orang lain, lho. Mulai dari mengamati hingga mempraktikkan pada diri sendiri. Berorganisasi nyatanya bisa mengembangkan keterampilan berbicara kamu dengan mudah. Tapi ingat, semuanya tidak bisa dilakukan secara instan. Maka, terus berlatih dan jadilah anggota organisasi yang aktif ya, sahabat Ublik!

Berbicara di Depan Cermin

Jika kamu merupakan sosok yang pemalu, berbicara di depan cermin bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba. Berbicaralah seolah-olah kamu sedang berada di hadapan banyak orang. Dengan cara ini, kamu bisa mengoreksi sendiri apa yang kurang dari gaya bicara kamu. Perhatikan bahasa tubuh, intonasi, ekspresi dan volume suara. Jadilah pembicara yang menyenangkan supaya audience terpukau dengan gaya bicaramu.

Namun berbicara di depan cermin juga memiliki kelemahan lho, sahabat Ublik. Kalian tidak bisa mendapatkan feedback secara langsung. Cermin tidak bisa memberikan masukan tentang penampilanmu. Oleh karena itu, kamu perlu berlatih berulang-ulang dan mencoba membenahi penampilanmu sendiri. Jika dirasa sudah cukup maksimal, kamu bisa mencoba berbicara di depan keluarga atau orang terdekat, lalu meminta mereka untuk memberi pendapat tentang penampilanmu.

bicara , cermin
Mau lebih PD bicara? Coba bicara di depan cermin

Manfaatkan Gadget Kamu

Di zaman yang serba modern ini, agaknya setiap orang sudah memiliki ponsel dengan fitur yang lengkap. Daripada gadget kamu nganggur atau hanya digunakan untuk itu-itu saja, kamu bisa menggunakannya untuk melatih keterampilan berbicara.

Melatih gaya bicara dengan kamera ponsel memiliki cara yang sama dengan berbicara di depan cermin. Bedanya, dengan kamera ponsel, penampilanmu bisa direkam. Kamu bisa memutarnya berulang-ulang untuk mengetahui bagian mana yang kurang pas dan perlu diperbaiki. Sama dengan cara sebelumnya, perhatikan bahasa tubuh, intonasi, ekspresi dan volume suara.

Jika kamu merupakan sosok yang cukup percaya diri untuk tampil di depan publik, membagikan video hasil rekaman di media sosial bisa menjadi opsi yang tepat. Mintalah pendapat pada orang-orang yang menontonnya. Biasanya, penonton akan meninggalkan masukan atau kritik yang membangun di kolom komentar. Nah, dengan begitu nggak sia-sia kan kamu punya ponsel canggih dan kekinian?

( Baca juga: Ingin Meningkatkan Skill? Inilah 7 Online Course yang Bisa Kamu Coba )

teman , bicara
Bertemu banyak teman bisa melatih skill berbicara kamu

Perluas Pergaulan

Memperluas pergaulan nyatanya bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk melatih gaya bicara. Dengan memiliki banyak teman atau relasi, banyak pula hal baru yang akan hadir di kehidupanmu. Banyak obrolan seru dan menarik yang mungkin kamu dapatkan. Kamu juga bisa bergabung dalam sebuah komunitas yang sesuai dengan minat yang dimiliki. Misalnya komunitas seni, olahraga, pecinta alam dan lain sebagainya.

Semakin banyak bergaul, semakin banyak pula pengalaman dan pengetahuan baru yang didapatkan. Dengan memiliki pengetahuan yang luas, kamu akan lebih percaya diri untuk berbicara di depan publik. Cobalah aktif dalam setiap kegiatan atau perkumpulan. Gaya bicara yang ‘kamu banget’ akan terbentuk dengan sendirinya.

Nah, tertarik untuk mencoba tips dan trik melatih gaya bicara, sahabat Ublik? Di samping memiliki gaya bicara yang mempesona, jadilah pembicara yang menyenangkan agar lawan bicaramu nyaman terlibat dalam percakapan kalian. Selamat mencoba dan bersiaplah memukau banyak orang dengan gaya bicara yang menarik dan menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

tips hiudp damai tanpa hutang atau pinjaman uang

5 Kiat Hidup Damai Tanpa Pinjaman Uang

Mengoleksi Kartu Kredit, Kebutuhan atau Gaya Hidup?