in

Pentingnya Memahami Makna Kehidupan yang Dijalani

Makna kehidupan itu ada di setiap peristiwa dalam hidup ini

Jadi, apa makna kehidupan kita ini?

Apa makna kehidupan menurut pandanganmu? Setiap peristiwa yang terjadi di dalam hidup ini sarat dengan hikmah dan makna. Tetapi, kehidupan itu sendiri juga tentu mempunyai makna! Lantas, apa sebenarnya makna kehidupan itu? Dan perlukah setiap manusia mengetahui makna dari kehidupan yang dijalani?

Proses Kehidupan Manusia

Berawal dari 350 jutaan sperma yang diproduksi saat ejakulasi, setidaknya hanya satu sperma yang berhasil membuahi sel telur. Dalam perjalanan menuju rahim, sel-sel tersebut terus membelah diri hingga menjadi lebih dari 100 sel ketika tiba di rahim, lalu tumbuh menjadi embrio. Embrio itulah yang menempel di dinding rahim kemudian berkembang menjadi janin, selama sembilan bulan berkembang dan lahir ke dunia menjadi bayi yang akan terus tumbuh hingga menjadi dewasa.

Dari proses awal tersebut hingga tumbuh dewasa, manusia telah melewati berbagai proses kehidupan yang sangat penting. Mulai dari proses pertama kali menangis, melihat dunia serta wajah ayah dan ibu, tengkurap, duduk, merangkak, berbicara hingga berjalan, semua itu terekam sempurna dalam memori orang-orang sekitar terutama ayah, ibu dan keluarga terdekat.

makna kehidupan , orang terdekat
Orang-orang terdekat untuk berbagi cerita dan makna kehidupan (Sumber gambar: Pixabay)

Kemudian, sebagai makhluk sosial tentunya manusia saling membutuhkan. Saat itu, manusia mulai memiliki teman, sahabat, hingga orang-orang terkasih. Saling memahami satu sama lain, muncul kelebihan dan kekurangan masing-masing, beserta karakter unik setiap orang yang tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Hal itu menjadikan beberapa orang terasa spesial dan beberapa lagi terasa biasa saja, bahkan ada yang terasa mengganggu dan kurang menyenangkan. Dalam tahap ini manusia ada kalanya mempunyai dua hal yaitu kawan dan lawan. Keduanya selalu beriringan dan tidak dapat dihindari, yang diperlukan adalah kebijaksanaan memilih dan mengkondisikan agar sebisa mungkin keduanya tidak membahayakan bagi diri sendiri. Karena, ada kalanya lawan menjadi kawan dan sebaliknya.

Beberapa Emosi yang Ada dalam Diri Manusia

Kebanyakan orang mengartikan bahwa emosi adalah kemarahan atau amarah yang meluap-luap. Tetapi, sebenarnya kata emosi mewakili berbagai bentuk perasaan manusia. Beberapa bentuk emosi atau perasaan manusia di antaranya sedih, senang, bahagia, marah, kesal, dan sebagainya.

Dalam pengertian luasnya, emosi adalah suatu perasaan atau gejolak jiwa yang muncul di dalam diri seseorang sebagai akibat dari adanya rangsangan, baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar.

Pada dasarnya, emosi sangat berhubungan erat dengan kondisi psikologis dan suasana hati seseorang yang dinyatakan dalam bentuk perilaku tertentu. Perasaan emosi bisa berupa emosi positif (emosi yang baik), dan bisa berupa emosi negatif (emosi yang buruk). Jadi, emosi bukan hanya amarah, ya!

makna kehidupan , positif
Memahami makna kehidupan dengan sikap positif (Sumber gambar: Pixabay)

Emosi seseorang dapat berubah-ubah berdasarkan waktu, tempat dan keadaan. Oleh karena itu, perlu adanya kontrol emosi. Agar tidak sampai mengekspresikan emosi secara berlebihan. Karena, sesuatu yang berlebihan itu selalu tidak baik. Misalnya, terlalu gembira secara berlebihan akan menyebabkan munculnya sifat egoisme di dalam diri. Pasalnya, seseorang dapat menjadi lupa bahwa ada beberapa orang di sekitar yang merasa sedih dan membutuhkan hiburan dari sahabat atau teman terdekat. Akibatnya tentu saja kawan dapat berupa menjadi lawan. Misalnya juga, terlalu marah secara berlebihan akan menyebabkan gelap mata. Pasalnya, seseorang yang terlalu marah tanpa mengontrol emosinya dapat membahayakan orang-orang di sekitarnya, karena amarah selalu identik dengan hal-hal yang negatif.

Cara Mengelola Rasa Kecewa, Kesal dan Hampir Frustasi

Seringkali rasa kecewa akibat pengkhianatan atau hal-hal di luar ekspektasi menerjang. Sontak rasa kesal pun menjalar bahkan bisa sampai meradang dan menjadi amarah. Kegagalan dalam hal pendidikan, usaha, atau asmara, tekanan-tekanan, dan himpitan ekonomi juga seringkali membuat rasa hampir frustasi mulai menggerogoti diri.

Dalam hal ini, peran orang-orang terkasih yang dimiliki menjadi sangat penting untuk menjadi penyemangat, penghibur dan alasan kuat untuk tetap bertahan dari berbagai masalah yang sedang dihadapi. Jangan pernah memendam perasaan sendirian, berbagilah! Karena dengan berbagi perasaan dengan orang lain, beban yang kita tanggung terasa lebih ringan, bahkan terkadang kita dapat menemukan sebuah solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Selain itu, beristirahat dan mengunjungi tempat-tempat wisata dapat menjadikan pikiran menjadi lebih fresh dan terbuka. Jangan lupa berdoa agar setiap masalah bisa terlewati dengan mudah! Solusi terakhir dalam mengolah rasa kecewa, kesal dan hampir frustasi adalah berkonsultasi dengan seorang psikiater, dengan tokoh agama, maupun orang kepercayaan.

Perlu diketahui, bahwa mengunjungi psikiater bukan hanya diperuntukkan bagi orang yang terkena gangguan mental saja, tapi bagi orang-orang yang memiliki trauma atau sedang memiliki masalah yang berat dan merasa tidak menemukan sebuah solusi sehingga sangat menggangu pikiran pun dapat mengunjungi seorang psikiater.

Semoga cara-cara tersebut bisa menjadikan anda lebih bisa mengelola rasa kecewa, kesal dan hampir frustasi dengan baik.

makna kehidupan , meringankan beban
Mencari ketenangan dan makna kehidupan (Sumber gambar: Pixabay)

Makna Kehidupan

Setelah membaca hal-hal di atas, tentunya kita dapat memiliki sedikit gambaran bahwa kehidupan ini sangat bermakna. Di mana tanpa terasa, kita telah melewati beberapa proses kehidupan sebagaimana yang saya tulis di atas dan memenuhi memori dengan hal-hal yang terasa begitu berharga dan tak ingin dilupakan.

Sebagaimana dalam buku karya mendiang dr. Paul Kalanithi yang menjadi best seller dan telah diterjemahkan ke dalam 22 bahasa, “selama belasan tahun menjadi seorang dokter, beliau selalu bertanya-tanya tentang makna kehidupan yang sesungguhnya. Mengapa orang yang sedang sekarat pun masih dilarikan ke rumah sakit dengan dalih untuk mendapatkan pertolongan pertama dan demi secercah harapan kehidupan bagi keluarga serta orang-orang terkasih? Beberapa waktu kemudian, beliau menemukan bahwa ‘orang yang paling mengetahui makna kehidupan yang sesungguhnya adalah mereka yang sedang dalam keadaan sekarat!’ Sebab, dr. Paul yang saat itu sedang dalam puncak keemasan karir dan perencanaan masa depan yang sempurna tiba-tiba mengidap penyakit mematikan yaitu kanker paru-paru. Beliau menyadari bahwa kehidupan sangat bermakna untuk setiap detiknya, untuk setiap memori yang terekam indah, untuk setiap cinta kasih yang menyelimuti, dan untuk setiap udara yang pernah menjadi napas. Nama-nama baru tak dikenal, nama-nama lama menghilang, hingga waktu menyudahi tubuh bukan jiwa.”

Orang-orang yang dalam keadaaan sekarat, berharap dapat kembali merengkuh kehidupan dan orang-orang terkasih berharap keajaiban datang, demi seberkas memori indah yang tak ingin berubah menjadi kenangan.

Jangan pernah menyia-nyiakan kehidupan, karena setiap kehidupan manusia itu penuh dengan makna. Jangan pernah berpikir untuk menghilangkan nyawa sendiri atau bahkan nyawa orang lain, kelola emosi dengan baik, berbagilah dan jangan pernah membiarkan frustasi terus menggerogoti tubuh sampai habis. Setiap orang berhak untuk hidup, jadi jangan sia-siakan kehidupan atau mencoba untuk mengakhirinya.

Ditulis oleh Sheilla Aisyah

Pecinta Kaktus yang berusaha mengabadikan setiap kenangan dan ingin berbagi hal yang semoga bermanfaat melalui tulisan.

Kalian bisa follow juga akun Wattpadku:

@princess_kaktus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

merah adalah warnanya

[Ruang Fiksi] Merah adalah Warnanya

Mengapa Wanita Suka Berkompetisi dengan Wanita Lain?