in

Pusing Melihat Kantong Plastik Menumpuk di Rumah? Kelola Yuk!

Saatnya mengelola kantong plastik menjadi lebih berharga

Sahabat Ublik pasti setiap hari ketemuan sama kantong plastik, eh. Bukan layaknya kekasih yaaa, hehehe. Pasti kita secara sadar atau tidak sadar telah menimbun plastik di rumah. Atau mungkin plastik yang kita dapat dari belanja langsung dilempar ke tong sampah? Wah, sayang lho kalau masih bersih dan bisa dipakai ulang. Makanya, untuk meminimalisir penggunaan plastik, lebih baik kalau kita membawa kantong belanja sendiri dari rumah.

Oh ya, daripada tersimpan sia-sia menjadi buntalan plastik yang berantakan, sahabat bisa mengelolanya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis maupun estetik. Apa saja? Ini dia!

1. Bunga plastik

Plastik banyak sekali ragam warnanya. Kita bisa menggunakan plastik dengan warna tersebut untuk dirangkai menjadi bunga. Untuk tangkai bisa menggunakan sedotan, kawat, kayu, atau lainnya. Cara membuatnya juga mudah. Potong plastik menjadi 3 bagian memanjang. Potongan yang dihasilkan sesuai dengan ukuran plastik yang dipakai. Kemudian pilin plastik dan lipat melingkar sehingga membentuk bunga mawar. Rekatkan ujung menggunakan isolasi/lelehkan menggunakan api.

Untuk model kedua, potong plastik membentuk persegi 8×8 cm. Lipat menjadi dua sebanyak 2 kali. Ambil satu ujung kemudian lipat sehingga membentuk segitiga. Gunting tepi plastik setengah lingkaran. Ketika plastik dibuka, akan membentuk pola bunga. Kemudian lipat pola tersebut menjadi dua, panaskan sedikit menggunakan api pada tepi lipatan tersebut. Lakukan hal yang sama pada lipatan yang lain. Selanjutnya ambil tisu dan bungkus menggunakan plastik. Ikat di ujung tangkai (kawat, dsb) menggunakan isolasi, sehingga seperti bunga yang menguncup. Susun pola mahkota bunga tadi dari ujung tangkai bawah. Lentikkan tepi mahkota bunga menggunakan silet/gunting agar bunga lebih terlihat nyata.

bunga , kantong plastik
Contoh hiasan bunga dari plastik

2. Tas/dompet

Kerajinan tas dari plastik sudah sangat familiar di era ini. Di Gerung, Lombok Barat, terdapat komunitas ibu-ibu yang terampil mengolah plastik menjadi barang yang berguna. Dari komunitas tersebut terciptalah pemberdayaan masyarakat yang mumpuni. Pertama kantong plastik dipotong panjang kemudian dirajut. Rajutan tersebut dirangkai satu sama lain dan jadilah sebuah karya fungsional serta bernilai ekonomis.

3. Rumbai-rumbai

Nah, bulan Agustus ini pasti di seluruh Indonesia merayakan HUT RI dengan berbagai lomba sesuai daerahnya. Bagi sahabat yang hanya tim hore-hore, bisa lho membuat rumbai-rumbai seperti cheerleader untuk meramaikan suasana dan menambah semangat jagoannya. Yuhuuuuu….

4. Karnaval

Yang satu ini sering hadir di berbagai event. Kantong plastik yang kalian miliki bisa disulap menjadi kostum karnaval. Yang memiliki rekan penjahit/seniman bisa tuh diajak berdiskusi sambil ngopi ala-ala untuk menemukan ide yang unik. Dengan begitu kita dapat mengurangi pasokan sampah plastik bersama-sama.

5. Layangan

Kuambil buluh sebatang. Kupotong sama panjang. Kuraut dan ku timbang dengan benang. Kujadikan layang-layang. Siapa diantara sahabat yang sewaktu kecil bermain layang-layang? Yang paling seru adalah berebut mengejar layangan yang putus. Benar tidak? 😀 Sahabat bisa membuat layangan sendiri untuk anak/adik dan mengajaknya turut serta dalam pembuatan. Hal tersebut dapat membentuk kerukunan dalam keluarga.

6. Mainan terjun payung

Sayang anak, sayang adek. Bahannya hanya kantong plastik dan benang. Pertama, kantong plastik dicetak lingkaran seukuran mangkok (ukuran kecil), kemudian gunting. Berikutnya beri empat sudut dan kaitkan menggunakan benang. Agar plastik dapat terjun seperti sungguhan, beri beban ringan dengan pola manusia dari kertas bufalo atau lainnya, bisa juga menggunakan busa atau potongan lidi.

7. Gantungan rumah

Plastik dipotong 5-6 cm kemudian dilipat. Teknik melipat plastik selang-seling seperti membentuk tangga. Ikat bagian tengah (bisa distaples) lalu lipatan tadi diurai sehingga tampak seperti pom-pom. Masing-masing dikaitkan dengan benang rajut (atau jenis lain) yang panjangnya disesuaikan selera. Benang tersebut kemudian diikatkan pada lingkaran (terbuat dari kawat dan sebagainya). Agar lingkaran menggantung, buat kaitan sebanyak empat benang. Tadaaa, bola-bola plastik akan bergerak indah ketika tertiup angin.

pom-pom , kantong plastik
Pom-pom dari kantong plastik (Sumber: dhgate.com)

Dari beberapa contoh di atas, mungkin masih banyak lagi kreativitas yang dapat diciptakan dari kantong plastik. Keterampilan tersebut dapat mengasah bakat yang pada dasarnya ada dalam diri kita. Selain mengurangi simpanan kantong plastik dalam rumah, kita berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Tentu kita tahu betapa ganasnya benda satu ini yang menyebabkan pencemaran tanah, air, dan udara. Sehat itu mudah kok. Semua tergantung pada kemauan kita untuk menjalani pola hidup yang bagaimana. Sekian rekomendasi pengelolaan kantong plastik sahabat! Selamat mencoba.

 

(Sumber gambar utama: dhgate.com) 

Report

What do you think?

Participant

Written by Yustika Ayu Lestari

Mahasiswi aktif FST Biologi

Years Of Membership

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

narkoba , rumah cemara

Mantan Pecandu Narkoba: Membangun Cinta di Rumah Cemara

pikiran negatif , menyalahkan

Pikiran Negatif Membuat Hidupmu Sesak, Bagaimana Solusinya?