in

Melamar Kerja Tanpa Pengalaman? Ini Tipsnya Buat Fresh Graduate

Pengen cepat dapat kerja dan penghasilan yang stabil. Inilah keinginan sederhana bagi setiap pelajar yang lulus SMA, SMK atau kuliah pada umumnya. Tidak jarang yang belum resmi lulus alias pegang ijazah pun sudah berburu kerja dengan berbekal surat keterangan lulus, semuanya demi memenuhi kebutuhan hidup.

Menjadi jobseeker fresh graduate bukan hal yang mudah untuk dijalani, terlebih dengan kenyataan di dunia kerja saat ini. Lapangan kerja memang banyak, tapi saingannya pun sangat banyak. Hal ini membuat perusahaan berusaha menerapkan syarat yang cukup ketat. Terkadang untuk sebuah posisi yang dibuka, kandidatnya diharuskan sudah memiliki pengalaman sekian tahun. Ini tentu membuat fresh graduate semakin bimbang ketika mencari kerja karena pengalaman profesional cenderung minim.

Terus bagaimana mengatasi takut melamar kerja dengan pengalaman yang minim atau tanpa pengalaman profesional sama sekali? Untuk sahabat Ublik yang fresh graduate atau sedang siap-siap menuju kelulusan, baca dulu beberapa tips berikut ini.

Kenali Kemampuan Diri Sendiri

Sahabat Ublik perlu melihat kembali pengalaman-pengalaman yang didapat selama kuliah. Baik itu secara akademik (untuk hard skill) maupun non akademik seperti keterlibatan di UKM, ekstrakulikuler, pengalaman organisasi dan volunteering di luar institusi tempat menuntut ilmu maupun di dalam. Lebih keren lagi jika sahabat Ublik ternyata masih memiliki waktu untuk mencari kesempatan magang atau sudah punya pengalaman magang.

Lewat pengalaman-pengalaman ini, kalian juga bisa merefleksikan minat dan soft skill yang kalian pelajari dan kuasai. Inilah salah satu bekal yang diperlukan ketika mencari kerja : kenal diri sendiri, tahu minat, bakat dan keahlian yang digemari dan dikuasai. Tidak jarang perusahaan atau organisasi yang menerima fresh graduate dengan melihat potensi dan keahlian dari pengalaman-pengalaman yang disebutkan di atas.

Sambil menuliskan atau merekap ulang kembali seluruh hal tersebut untuk menemukan poin-poin penting berupa pengalaman dan keahlian diri, sahabat Ublik juga bisa dan perlu melakukan poin berikut ini.

Jajak Pendapat dengan Senior, Keluarga atau Staf Akademik

Membina hubungan yang baik dengan rekan-rekan belajar lintas generasi, baik itu dosen, guru, senior maupun staf akademik dan non akademik di tempat sahabat Ublik menuntut ilmu. Minta pendapat dari mereka yang berpengalaman tentang realita dunia kerja, juga tentang persiapan yang sebaiknya dimiliki seorang sarjana yang baru lulus untuk masuk ke dunia kerja.

Jangan ragu untuk meminta masukan dari mereka tentang bidang pekerjaan yang cocok dengan kualitas diri kalian jika kalian saling mengenal satu sama lain dengan cukup baik dan akrab. Minta pula pandangan dari mereka tentang keahlian yang mereka lihat ada pada diri sahabat Ublik.

Tidak hanya itu, diskusi lintas generasi ini bisa membuka peluang karir kedepannya, lo. Kita tidak pernah tahu relasi seperti apa yang dimiliki orang-orang yang ada di sekitar kita. Masukan mereka tentang kualitas diri juga bisa membantu mengarahkan kalian yang sedang kebingungan untuk melihat lebih jernih kondisi di dunia kerja saat ini.

Melamar Kerja Tanpa Pengalaman? Ini Tipsnya Buat Fresh Graduate
Sumber: Pixabay

Kerucutkan Pilihan Posisi Lowongan Kerja

Sudah tahu apa saja kualitas, minat, keahlian atau skills teroptimal alias kemampuan yang kalian miliki? Sekarang, jangan ragu untuk bergabung di grup atau situs web pencarian kerja lewat internet, tentunya cari dan bergabung dengan mereka yang sudah cukup terpercaya.

Melamar kerja tanpa pengalaman bukan berarti kalian tidak punya pilihan. Cara terbaik untuk memilih adalah dengan mulai cari lowongan-lowongan kerja yang sesuai dengan peminatan, kemampuan dan keahlian yang sahabat Ublik miliki, dan mulai dari entry-level atau fresh graduate level. Pertimbangkan pula target ke depan, profil perusahaan atau organisasi tapi jangan terlalu muluk-muluk dalam memilih.  Setelah itu, pastikan pula bahwa dari pilihan-pilihan yang ada, sahabat Ublik memiliki kualifikasi-kualifikasi yang ditentukan perusahaan atau organisasi tujuan.

Jika kalian merasa masih kurang dari sisi pengalaman organisasi ataupun magang, tidak ada salahnya juga untuk mencari kesempatan magang di sekitar kalian terlebih dahulu sebelum melamar kerja. Kesempatan magang saat ini cukup variatif, mulai dari yang berbayar hingga yang tak berbayar. Jika memungkinkan, cari kesempatan magang di kota domisili untuk meminimalisir pengeluaran. Keuntungan dari ikut magang adalah menambah relasi dan tentunya pengalaman yang sahabat Ublik butuhkan untuk mencapai jenjang karir yang lebih mapan. Magang bisa menjadi batu loncatan ke posisi yang lebih stabil sebelum melamar kerja.

Membangun Personal Branding dengan CV dan Cover letter yang tepat

Membuat Cv atau resume dan cover letter adalah tentang menjual visi, minat dan kemampuan diri kepada recruiter. Hal yang paling dibutuhkan dari CV dan cover letter adalah bagaimana menarik perhatian recruiter untuk mempelajari berkas aplikasi kalian dengan baik dan memberi kesempatan hingga ke tahap pengenalan lebih lanjut alias interview. Memang kita tidak bisa menampik bahwa layout dan desain turut memegang peran dalam hal ini.

Tapi, titik utamanya bukan desain melainkan konten. Apakah konten CV kalian dapat menjawab pencarian recruiter untuk perusahaan atau organisasi mereka, apakah gambaran visi dan kemampuan yang dituangkan dalam cover letter dapat meyakinkan mereka untuk mengenal kalian lebih dalam? Inilah pertanyaan-pertanyaan yang sepatutnya dijawab lewat CV atau resume dan cover letter yang dibuat.

Buat CV dengan desain yang apik, bukan berlebihan, dengan tulisan yang mudah dan nyaman dilihat mata, yang singkat tapi padat, jujur dan sesuai kenyataan. Jangan pernah mengulang apa yang sudah dijelaskan dalam CV di cover letter.

Cover letter adalah tempat menegaskan kemampuan atau keahlian spesifik diri dari berbagai riwayat pengalaman yang telah didapatkan dan cocok dengan value atau kriteria yang dicari recruiter. Cover letter juga tempat membangun korespondensi yang jelas antara itu semua (keahlian dan pengalaman, minat bergabung dan value atau kebutuhan perusahaan atau organisasi tujuan).

Mempersiapkan Diri Untuk Interview

Yang namanya rezeki tak akan berlari, kalau tidak rezeki tentu akan lari dari yang tidak berhak. Bagaimanapun akhir dari lembaran aplikasi yang sahabat Ublik kirimkan, tentu berharap bisa dipanggil interview. Nah, menyiapkan interview sebenarnya kurang tepat jika dilakukan setelah mendapat panggilan interview. Semenjak mengolah berkas aplikasi, di saat itulah sahabat Ublik sudah perlu menyiapkan diri untuk interview.

Telaah dengan baik profil perusahaan yang dituju termasuk value, working culture, lokasi dan lainnya agar CV dan cover letter kalian lebih meyakinkan secara alami. Interview yang sesungguhnya perlu dihadapi dengan bekal wawasan yang dalam tentang diri sendiri, bagaimana mengenalkan diri sendiri dalam kapasitas profesional dan juga tentunya tentang kontribusi yang ingin dibawa dan didapatkan untuk dan dari perusahaan atau organisasi tujuan kalian.

Sekarang ini sudah sangat banyak aplikasi, mentoring daring bahkan forum komunitas dari situs web pencari kerja yang menawarkan ruang diskusi atau pelatihan untuk mempersiapkan diri sematang mungkin menghadapi panggilan interview kerja. Manfaatkan seoptimal mungkin kesempatan yang ada sesuai dengan kebutuhan kalian, sahabat Ublik.

Seminim apapun pengalaman ketika memulai status sebagai fresh graduate job seeker, tetap semangat dan pantang menyerah dalam berusaha. Jalannya mungkin akan berliku dan terjal tetapi bahkan yang sudah menjadi manajer pun tetap merasakan hal yang sama.

Semoga beberapa poin panduan di atas membantu sahabat Ublik dalam meniti perjalanan di dunia karir yang luas terbentang.

Bon courage!

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bingung Habis Lulus Kuliah Mau Ngapain? Coba Simak Beberapa Tips Berikut Ini.

Cara Cari Uang Tambahan Berkelas Ala Mahasiswa