in ,

Mau Coba Traveling yang Ramah Lingkungan? Lakukan 5 Tips Ini

Apa yang pertama terlintas di benakmu ketika mendengar kata traveling? Apakah itu liburan? Perjalanan jauh? Bertemu orang-orang baru? Atau tentang berburu promo tiket perjalanan? Aktivitas traveling memang menyenangkan, sekaligus membuka pandangan baru, dan itu lebih dari sekadar mengambil foto yang instagramable. Banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa menjelajahi tempat baru dapat memberikan ‘keajaiban’ bagi kesehatan mental.

Traveling memang telah menjadi bagian gaya hidup kita, terlepas dari ke mana kita menentukan destinasi. Sepertinya kita mudah saja sepakat dengan gagasan bahwa perjalanan akan memperluas pandangan terhadap hal-hal tertentu, sehingga kita menjadi orang yang lebih bijak menjalani hidup. Tapi, pernahkah kita terpikirkan bahwa saat traveling, kita juga memberi kontribusi pada kondisi lingkungan hidup?

Pada momen tertentu, karena efek media sosial, banyak orang yang lebih mudah ingat pada isu-isu lingkungan seperti Hari Bumi (22 April), Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5 Juni), atau mungkin Hari Menanam Pohon Indonesia (28 November). Lalu kita mudah tergerak untuk menjadikan hal-hal yang dinilai eco-friendly sebagai gaya hidup yang menyelamatkan bumi. Tapi bagaimana dengan hari-hari lainnya? Khususnya di musim liburan akhir tahun.

Kita mungkin sudah menerapkan beberapa tips gaya hidup eco-friendly dalam kehidupan sehari-hari, tapi apakah kebiasaan itu masih bisa diterapkan saat sedang berlibur? Jika pertanyaannya adalah ‘apakah masih bisa diterapkan,’ tentu saja bisa. Hanya soal seberapa kuat komitmen kita. Apakah kamu sudah pernah melakukan traveling yang sekaligus menyelamatkan bumi? Kalau itu terdengar sebagai gagasan yang terlalu besar, kamu bisa melakukan sebuah upaya realistis seperti ini;

1.Memilih Tujuan yang Tepat

Seberapa jauh perjalanan yang akan kamu tempuh? Perlu diketahui, bahwa sebagian besar alat transportasi berkontribusi pada perubahan iklim. Pertimbangkan cara terbaik untuk sampai ke sana, pilih bentuk transportasi yang paling ramah lingkungan. Lihatlah eco-tourism sebagai opsi. Banyak travel agent sekarang menawarkan liburan yang mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, mendukung pembangunan berkelanjutan, dan memberikan dukungan kepada aktivitas masyarakat setempat.

Baca juga: Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Cocok Untuk Foto Prewedding 

2.Pilih Akomodasi yang Ramah Lingkungan

Berikutnya, pilih akomodasi yang ramah lingkungan. Mulai dari booking tempat yang tepat untuk menginap dan kendaraan apa yang akan digunakan. Carilah hotel dan akomodasi lainnya dengan sistem pengolahan limbah yang efektif, hemat energi, dan, jika memungkinkan, yang menggunakan sumber energi ramah lingkungan seperti energi matahari atau tenaga hidroelektrik. Ketika memang jaraknya tidak terlalu jauh, pilih kereta atau bus. Di tempat tujuan, kamu juga bisa menyewa sepeda, dan jangan lupa kamu juga bisa jalan kaki untuk keliling tempat wisata.

3.Bawa Barang Seperlunya Saja

Usahakan membawa barang secukupnya saja, apalagi kalau harus naik pesawat. Setiap kg barang bawaanmu bisa berpengaruh pada beban yang diangkut pesawat. Makin berat beban yang dibawa, maka makin besar juga emisi karbon yang dikeluarkan. Jadi, bawa benda yang benar-benar penting saja. Selain berdampak pada biaya lebih yang harus dikeluarkan dan pengaruh pada emisi karbon, banyak barang-barang juga hanya akan merepotkan.

4.Siapkan Travel Kit di Dalam Tas atau Kopermu

Setelah menentukan seberapa banyak muatan tas atau kopermu, siapkan travel kit di tas atau koper yang akan kamu bawa. Disarankan untuk membuat packing list terlebih dahulu, karena biasanya tanpa perencanaan pasti ada saja barang yang tertinggal. Jadi, apa saja travel kit yang ramah lingkungan?

Mulai dari handuk kecil pengganti tisu, tas belanja recycle, sampai botol minum dan tempat makan kosong untuk membeli jajanan di jalan. Langkah kecil ini penting untuk mengurangi sampah sekali pakai. Bayangkan saja, seperti yang dilaporkan The Guardian, di bulan Juni 2017, satu juta botol plastik terjual di seluruh dunia setiap menitnya! Botol plastik, kantung plastik, juga sedotan plastik umumnya hanya dipakai sekali setelah itu dibuang. Untuk mengurangi sampah kantong plastik, kamu bisa membawa tas belanja sendiri dan membawa botol minum dan tempat makan yang bisa dipakai ulang, dibanding harus selalu membeli dalam kemasan plastik.

5.Jadilah Tamu yang Menghormati Lingkungan Setempat

Di manapun berada, jadilah tamu yang bertanggung jawab. Hormati lingkungan setempat. Batasi penggunaan energi, termasuk penggunaan listrik. Matikan semua lampu, AC, dan keran ketika meninggalkan kamar hotel.  Jangan ‘mengusik’ kehidupan tanaman atau memberi makan hewan, dan jangan pernah buang sampah selain di tempatnya, termasuk di jalan setapak yang terlihat sepi dari pandangan orang.

Misalnya saat mencoba scuba diving atau snorkeling, hindari ‘usil’ menyentuh koral dan fauna yang ada di sana. Apalagi sampai membawa pulang. Sebelum kembali ke rumah, perhatikan apa yang kamu beli sebagai suvenir. Pikirkan dua kali sebelum membeli produk yang terbuat dari spesies yang terancam punah, termasuk kulit binatang dan bagian tubuh, cangkang kura-kura, gading, atau karang.

Baca jugaTernyata Taman Nasional Terbesar se-Asia Tenggara Ada di Papua! 

Jadi, mau liburan ke mana akhir tahun ini? Nikmati alamnya, karena begitu banyak hal menakjubkan di luar sana sebagai hamparan bumi ciptaanNya yang harus disyukuri. Apakah kamu sedang menuju ke pantai, pegunungan, atau mengunjungi kota besar, panduan untuk hemat budget selalu mudah ditemukan. Demi traveling yang lebih berkesan.

Tapi bagaimana misalnya kita bisa mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan sekaligus menyelamatkan bumi? Kamu bisa lakukan banyak hal mulai dari hal kecil sebagai upaya traveling yang ramah lingkungan. Ketika kamu mengunjungi lokasi-lokasi wisata indah di dunia pun, selalu ingat dan pegang teguh pepatah klasik ini: Jangan ambil apapun selain foto, jangan tinggalkan apapun selain jejak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Supaya Resolusi Tahun Baru Kamu Lebih Cepat Terwujud

tips traveling aman

12 Tips Traveling yang Aman Saat Kamu Harus Pergi Sendirian