in

Liburan Ke Solo Naik Kereta Lebih Menyenangkan

Tradisi Sekaten di Solo (http://meciko.blogspot.co.id/)

Siapa yang tak kenal dengan kota Solo? Kota yang satu ini tentu sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat. Apalagi Solo juga menjadi kota asal dari Presiden Indonesia saat ini.

Mengenal Daya Tarik Kota Solo

Terlepas dari Solo adalah kota asal Presiden RI, bisa dikatakan bahwa Solo memang menjadi salah satu kota besar yang cukup populer di Indonesia. Tentunya setiap kota yang ada di Indonesia memiliki keunikan dan keindahan tersendiri sehingga akhirnya membuat kota tersebut terlihat unik dan berbeda dengan kota lainnya.

Tidak berbeda pula dengan Solo dimana kota yang satu ini pastinya juga memiliki ciri khas yang menjadi daya tariknya tersendiri. Penasaran dengan hal – hal apa saja yang menjadi alasan mengapa anda wajib berkunjung ke kota Solo dan mengapa Solo bisa menjadi alternatif pilihan untuk destinasi wisata.

Wisata Budaya yang Menarik

wisata surakarta, wisata solo
Foto: Ublik.id/Ridho Nur Wahyu

Tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia kaya akan kebudayaan. Mulai dari cerita sejaran, tradisi maupun bangunannya. Dan hingga kini sebagian besar bangunan serta tradisinya masih sangat dilestarikan sebagai salah satu wujud apresiasi masyarakat terhadap leluhur.

Bahkan tidak sedikit juga dimana kebudayaan justru kini menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Terutama turis mancanegara yang memang begitu mengagumi kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Dan bahkan tidak sedikit wisatawan domestik yang tertarik dengan kebudayaan jaman dulu.

Hal ini menunjukkan bahwa kebudayaan masih memiliki magnet tersendiri dan mampu menarik minat wisatawan untuk datang dan berkunjung. Sehingga tak heran rasanya jika sebagian besar kota wisata yang ada di Indonesia menjadikan kebudayaan sebagai salah satu daya tarik wisata, misalnya saja Solo.

Baca Juga: Mengenal Solo Lebih Dekat, Kota yang Bersejarah dan Kaya Warisan Budaya

Solo merupakan satu dari sekian banyaknya kota di Indonesia yang kental dengan budaya. Mengapa begitu? Indonesia sendiri memiliki 2 daerah atau kota yang masih mempertahankan sistem kerajaannya yaitu Solo dan Jogja. Meskipun sistem pemerintahannya adalah republik dimana dipimpin oleh presiden namun sistem pemerintahan yang berbentuk kerajaan ini masih dipertahankan sampai sekarang.

Di kota Solo sendiri terdapat Keraton Kasunanan Surakarta yang mana masih cukup berhasil menarik perhatian masyarakat. Entah itu bangunan dan segala yang ada didalamnya maupun termasuk juga dengan tradisi budayanya. Sehingga jika berkunjung ke kota Solo, jangan lupa mampir ke Keraton Kasunanan Surakarta.

Aneka Kuliner yang Lezat

Hal menarik selanjutnya yang dimiliki oleh Solo adalah kulinernya. Yang menarik dari kuliner khas Solo adalah konsep bangunan yang modern kombinasi tradisional namun untuk cita rasanya tetap mempertahankan sisi tradisionalnya. Belum lagi ragamnya yang banyak, rasa yang nikmat namun harga yang terjangkau pasti menjadi daya tarik tersendiri. Kuliner menjadi agenda menarik yang sayang dilewatkan ketika berkunjung ke Solo.

Wisata Belanja Serba Murah

Menjelajah Waktu di Kota Lama Solo
Pasar di Kota Solo, gambar: ublik.id/Ridho Nur Wahyu

Perlu diketahui bahwa batik adalah kekayaan Indonesia yang masih dilestarikan. Kepopuleran batik sudah mendunia dan beberapa kota di Indonesia dikenal sebagai sentral batik yang unik dan khas. Salah satunya adalah kota Solo yang memang dikenal sebagai pusatnya batik.

Anda bisa berburu batik, mulai dari interaksi bersama penjual hingga ke pengrajinnya langsung. Di Solo banyak terdapat pasar – pasar tradisional yang menjual koleksi batik dengan banyak variasi serta harga yang beragam. Uniknya harga batik di pasar – pasar yang ada di kota Solo ini bisa ditawar sehingga anda berkesempatan berburu batik dan memborong semuanya tanpa takut kantong jebol.

Pastinya berwisata akan memberikan kesan tak terlupakan jika bisa memberikan ketiga kombinasi diatas. Mulai dari obyek wisata menarik, kuliner yang lezat serta wisata belanja yang tak hanya lengkap namun juga lengkap. Jika anda mencari ketiganya, maka Solo bisa menjadi pilihan destinasi wisata terbaik.

Bagi anda yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Solo, sebenarnya untuk menuju ke kota ini bisa ditempuh dengan beberapa jalur. Melalui jalur udara anda bisa memilih pesawat kemudian menuju ke Bandara Adi Sumarmo. Namun jika anda lebih memilih jalur darat maka anda bisa menggunakan bus atau kereta api.

Naik kereta ke Solo terbilang lebih menyenangkan karena anda bisa menikmati perjalanan dengan sebelum menuju tempat tujuan. Selain itu dari segi harga juga lebih terjangkau sehingga aman untuk dompet anda.

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

5 Komponen Penting Penunjang Impian

5 Komponen Penting Penunjang Impian, Sederhana Tapi Penting

tips belajar otodidak dengan mudah di Internet

8 Tips Belajar Otodidak, Biar Makin Mudah Belajar Banyak Hal