in

Langkah Penting Untuk Membangun Success Mindset

Kesuksesan dan keberhasilan itu pertama kali terletak dari pemikiran kita. Artinya kesuksesan itu tergantung cara pandang kita atas diri sendiri dan bagaimana kita akan menjalaninya. Maka success mindset adalah aset terpenting yang menggerakkan kita pada kesuksesan.

Terdapat 30 faktor penentu kesuksesan yang dituliskan dalam buku “The Millionaire Mind” karya Thomas J Stanley. Sepuluh tingkatan teratas yang menunjukkan faktor tersebut di antaranya adalah:

  1. Jujur
  2. Disiplin
  3. Pandai bergaul
  4. Pasangan hidup yang mendukung
  5. Kerja keras
  6. Mencintai kerja/pekerjaan
  7. Kemampuan kepemimpinan
  8. Memiliki semangat bertumbuh
  9. Kehidupan yang teratur
  10. Kemampuan menjual ide, gagasan, produk.

Belajar dari orang-orang sukses pasti ada hal-hal istimewa dalam kepribadiannya. Nah, dari kesepuluh faktor di atas ini apakah semuanya sudah ada dalam diri kita? Buat nomor 4 bisa di skip dulu hehe. Yang jomblo masih bisa optimalkan kesembilan hal lainnya. Ketika kesuksesan tidak ingin hanya sekedar menjadi wacana, maka kepribadian kita juga harus bisa diubah untuk mewujudkannya.

Bagaimana bisa sukses akan menyapa kehidupan kita yang dipenuhi dengan kemalasan dan tidak mau belajar? Nah, mari kita cocokkan kesepuluh faktor tadi dalam diri kita, sudahkah ada? Atau maukah kita mencoba menghadirkan karakter ini dalam diri kita?

Cara Membangun Success Mindset
Sumber: Pixabay.com

Cara membangun success mindset juga dikupas tuntas dalam buku “Kuasai Dirimu Panduan Membangun Mindset dan Mental Sukses” karya Ahmad Dzikran. Ada 14 tahapan yang dituliskan dalam buku ini, tapi mungkin hanya beberapa yang akan aku tuliskan. Berikut ulasan dan tips untuk membangun success mindset:

  • Tentukan Kriteria Sukses yang Kita Inginkan

Bisa kita mulai dengan definisi sukses menurut kita itu seperti apa. Temukan apa yang kita anggap penting dalam hidup, misalnya saja dalam kehidupan pribadi, kita ingin kehidupan yang seperti apa. Dalam hal pendidikan, kesuksesan seperti apa yang ingin kita raih. Cita-cita apa yang ingin kita wujudkan ke depan. Coba gambarkan lebih jelas lagi.

  • Tentukan Target Berdasarkan Kriteria yang Ditetapkan

Susun dan rencanakan target yang jelas dan realistis agar kita bisa mencapainya. Salah satunya dengan membuat Life plan. Supaya sukses bukan hanya sekadar wacana.

  • Temukan Sumber Inspirasi dan Motivasi

Sumber inspirasi dan motivasi berguna untuk menguatkan, memberi semangat. Kita bisa mendapatkannya dengan mempelajari kisah orang-orang yang kita anggap sukses dalam berbagai pencapaiannya. Kita juga bisa belajar dari buku, memperoleh motivasi dari orang tua, orang-orang terdekat kita, dan lain-lain.

  • Temukan Perilaku yang Mendukung Pencapaian Cita-Citamu

Nah ini ada di 30 faktor penentu kesuksesan tadi. Coba deh terus melatih diri untuk bisa menanamkan karakter positif. Ubah pola pikirmu jadi positif, lalu hal-hal baik akan mengikutinya.

  • Catat Keberhasilan Hari ini

Apa yang kita lakukan ini dapat membangkitkan semangat kita untuk terus menjadi lebih baik setiap hari. Meningkatkan kepercayaan diri, dan salah satu reward untuk diri bahwa kita telah berhasil menakhlukkan tantangan hari ini.

  • Catat Kegagalan yang Kita Alami dan Penyebabnya

Selain keberhasilan yang perlu kita catat, hal yang lebih penting lainnya adalah kegagalan di hari ini. Tujuannya adalah kita bisa memperbaiki di kemudian hari. Tidak berhenti untuk mencoba lagi dan menemukan solusi tepat dari kegagalan yang telah kita alami ini.

  • Berani Menantang Pemikiran Umum

Seperti prinsip hidup Steve Jobs “Think different”.  Tapi prinsip ini bukan hanya sekedar nyeleneh saja. Kita hanya perlu melihat ke dalam diri sendiri, kenali apa yang unik dari diri kita, pelajari bagaimana keunikan itu dapat meberi kontribusi positif dalam kemajuan diri kita. Jika sudah ketemu, kembangkanlah meskipun itu harus bertentangan dengan pemikiran atau kebiasaan umum orang-orang. Jangan pasaran! Nggak perlu takut atau minder jika kita nggak ngikutin tren hari ini.

  • Jangan Patah Semangat dan Terus Bersabar

Lakukan pergerakan, hadapi ujian dengan sabar tak terbatas. Kita akan naik level dari hari ke hari. Fokus. Fokus. Kita akan sampai pada tujuan.

Tahapan selanjutnya untuk meraih success mindset adalah bagaimana kita bisa percaya diri dengan apa yang telah kita temukan tadi dan memanfaatkan potensi tersebut untuk menaiki tangga kesuksesan.

Semangat sahabat ublik! Selamat berproses! Biarkan waktu menempa diri. Bekerja dalam sunyi. Dan karya menjadi saksi, bahwa kita pernah ada di sini.

Ada satu quotes untukmu 🙂

Belajarlah dari kemarin, hiduplah untuk hari ini. Berharaplah untuk besok. Yang paling penting adalah tidak berhenti untuk bertanya. 

–Albert Einstein-

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Perlukah Kita Puasa Dalam Menggunakan Media Sosial?

merasa minder

Merasa Minder? Kita Istimewa dengan Apapun yang Kita Punya