in

Kurangi Penggunaan Plastik, Coba Zero Waste Lifestyle Ala Anak Millenial

Kontribusi untuk alam dengan mengurangi plastik

Ayo kurangi sampah plastik

Bagaimana menurutmu tentang zero waste lifestyle? Apakah kamu terpikir untuk menerapkannya?

Penggunaan plastik dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Dari website World Wild Fund for Nature (WWF) menyatakan bahwa di dunia diperkirakan ada 500 juta hingga 1 miliar kantong plastik yang digunakan dalam kurun waktu 1 tahun. Permasalahan sampah di Indonesia pun merupakan salah satu permasalahan yang besar. Jambeck (2015) menyatakan bahwa Indonesia masuk dalam peringkat kedua setelah China dalam hal sampah plastik di perairan, yang mencapai 187,2 juta ton!

Penggunaan plastik di era saat ini sungguh memprihatinkan karena menyebabkan banyak dampak negatif, antara lain; banjir, pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah bahkan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Jika masih ingat hashtag yang kekinian, #10yearschallenge itu, di sana ada foto yang menampilkan botol plastik yang tetap utuh meskipun sudah 10 tahun bahkan berpuluh puluh tahun kemudian. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian karena sampah plastik tidak bisa diuraikan begitu saja, butuh waktu yang cukup lama agar sampah plastik tersebut bisa diuraikan.

 

botol , plastik
Botol plastik pun ‘ikut’ #10yearschallenge (Sumber: WWF (World Wild Fund))

Plastik tidak bisa begitu saja lepas dari aktivitas kita sehari-hari, karena memudahkan kita untuk melakukan banyak hal. Kita tidak memungkiri itu. Namun kita bisa mengurangi jumlah penggunaannya dengan 3R yakni Reuse, Reduce dan Recycle. Reuse yakni memakai ulang plastik yang sudah digunakan, Reduce yakni mengurangi jumlah pemakaian plastik dan Recycle yakni usaha mendaur ulang plastik menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Mungkin generasi millennial masih belum aware terhadap dampak penggunaan plastik ini. Zero waste merupakan gerakan yang mengkampanyekan untuk meminimalisir penggunaan sampah bahkan berusaha untuk tidak menghasilkan sampah atau nol sampah. Kampanye ini bertujuan agar masyarakat sadar dan ikut serta dalam menjaga kelestarian alam dengan meminimalisir jumlah sampah yang ada di sekitar kita.

Nah, ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi dalam mengurangi jumlah sampah plastik di sekitar kita. Patut dicoba dan diterapkan nih untuk para generasi millennial yang ingin mencoba zero waste lifestyle, biar bisa memanage sampah yang tanpa kita sadari memberi dampak buruk bagi kelangsungan hidup. Check it out:

1.Gunakan Tumblr dan Sedotan Stainless

Terkesan ribet harus bawa botol minum kemana-mana, tapi nyatanya ini sangat bermanfaat. Selain untuk mengurangi jumlah sampah botol plastik, dengan kita menggunakan tumblr atau botol minum, kita bisa mengisinya kembali dan menggunakannya berulang-ulang tanpa harus menimbulkan sampah botol plastik baru.

Jika kalian ingin beli minuman di kedai atau resto yang mengunakan plastic cup, coba tawarkan untuk menggunakan botol minum sendiri agar bisa diisi minuman tersebut.

Selain botol plastik, sedotan juga banyak digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Gunakan sedotan stainless setiap kali kalian membutuhkannya, meskipun itu merupakan hal sepele yakinlah bahwa kalian telah berkontribusi untuk mengurangi jumlah sampah plastik di bumi ini.

botol tumblr , zero waste
Biasakan bawa tumblr sendiri (Sumber: Pixabay)

2.Bawa Kotak Bekal

Hampir sama dengan poin yang awal, penggunaan kotak bekal merupakan salah satu cara kita untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Membawa kotak bekal bukan berarti harus membawa bekal makanan dari rumah, tapi juga gunakan kotak bekal ketika kita akan membeli makanan.

Coba tawarkan kotak bekal yang kita bawa ketika membeli makan di kantin ataupun di mana saja yang rentan menimbulkan sampah plastik. Dengan kita menggunakan kotak bekal dengan begitu kita berusaha untuk mengurangi sampah kertas minyak, kotak mika dan stryrofoam yang biasa digunakan jika kita membeli makanan. Sebuah langkah sederhana membiasakan hidup minim sampah alias zero waste lifestyle.

3.Gunakan Tas Sendiri Saat Berbelanja

Kantong plastik selalu kita temui di mana saja saat kita berbelanja. Tidak dimungkiri bahkan pembelian 1 (satu) benda kecil pun bisa menghasilkan sampah kantong plastik. Memang beberapa tahun terakhir sudah banyak imbauan untuk menggunakan kantong plastik yang ramah lingkungan, yang bisa diuraikan oleh tanah. Namun yang perlu diingat, butuh waktu yang cukup lama untuk menguraikan sampah plastik. Jadi tidak ada salahnya jika kita senantiasa menyediakan tas belanjaan saat kita akan berbelanja.

tas belanja , zero waste
Tas belanjaan juga ngaruh banget lho (Sumber: Pixabay)

Gerakan zero waste ini selain untuk meminimalisir penggunaan sampah, juga mengajarkan kita untuk hidup yang lebih sehat dan mencintai alam. Karena alam merupakan warisan yang harus dijaga agar kelak bisa dinikmati pula oleh anak cucu kita. Penerapan zero waste dalam kehidupan sehari-hari kita secara tidak langsung akan mempengaruhi pola pikir kita tentang apa yang baik bumi dan bagi diri kita sendiri, dengan begitu kita akan senantiasa terbiasa untuk menjaga bumi dan diri kita sendiri. Hal kecil ini bisa jadi menjadi batu loncatan agar kita bisa sama-sama menjaga alam ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

mengetahui , sifat asli

Penasaran Sama Sifat Asli Seseorang? Temukan dengan 10 Cara Ini

[Ruang Fiksi] Dear Future Husband