in

Kuliah ke Luar Negeri? Inilah Hal-hal Seru yang Bisa Kamu Dapatkan!

Winter in Kanazawa University, Japan

Selepas SMA atau setelah menjadi sarjana, banyak pilihan yang bisa dilakukan. Bekerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk yang menginginkan melanjutkan studi, akan muncul lagi pilihan-pilihan. Akan melanjutkan di universitas mana? dalam atau luar negeri?

Sebenarnya, baik di dalam maupun di luar negeri sama bagusnya. Tergantung pada universitas dan jurusan yang kamu tuju. Sudah banyak jurusan di Indonesia yang lebih unggul daripada di luar negeri. Tapi ternyata, melanjutkan studi ke luar negeri akan membuatmu ‘berbeda’. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu dapatkan jika kuliah ke luar negeri:

1.Kemampuan Bahasa Asing Makin Terasah

Sebelum mulai bersekolah kuliah ke luar negeri, tentu kamu perlu menyiapkan beberapa hal seperti kemampuan bahasa. Entah sebagai syarat untuk mendaftar kuliah atau sebagai syarat beasiswa. Umumnya persyaratan bahasa yang perlu dikuasai adalah Bahasa Inggris. Bermodalkan bahasa yang sudah kamu tahu, di luar negeri kemampuan bahasa asingmu akan semakin terasah.

Jika negara yang kamu jadikan tujuan bukan berbahasa Inggris, tentu kamu bisa dapat pengalaman lebih. Misalnya saja, kamu studi ke Jepang. Kamu bisa mengikuti kelas-kelas Bahasa Jepang untuk mahasiswa asing. Dengan begitu, bertambahlah jumlah bahasa yang kamu kuasai.

Selain itu, bahasa asingmu juga akan terlatih melalui interaksi dengan banyak orang. Bisa dengan mengikuti kegiatan internasional berbahasa inggris, kegiatan lokal dengan penduduk asli negara tersebut, dan acara-acara kampus dengan mahasiswa asing dari berbagai belahan dunia. Tapi jangan lupa juga untuk tetap berinteraksi dengan sesama mahasiswa Indonesia di sana. Karena dengan begitu, rasa rindu dengan tanah air akan sedikit terobati.

Baca juga:

 

International Gathering di Kanazawa (Sumber: Ublik.id/Afifah Maya)

2.Kemampuan Beradaptasi

Bertemu dengan budaya asing, tidak jarang membuat seseorang jet lag. Sadar maupun tidak sadar, kamu akan beradaptasi dengan lingkungan. Tidak jarang adaptasi dapat mengubah bagaimana caramu berbicara, etika, makan, mandi, bahkan membuang sampah.

Belum tentu budaya di Indonesia sejalan dengan budaya asing. Tapi, sebagai pendatang sebaiknya kamu patut mengikuti etika dan aturan negara tersebut. Misalnya saja, cara membuang sampah di Jepang yang ternyata berbeda dengan di Indonesia. Di Jepang, sampah dibagi menjadi sampah mudah terbakar (burnable), tidak mudah terbakar (nonburnable), botol plastic (PET), botol kaca, elektronik & baterai, mesin-mesin besar (AC, mesin cuci, dll.), dan sebagainya.

Meski terkadang tidak mudah, lama-kelamaan kamu akan terbiasa. Secara tidak sadar kemampuanmu untuk beradaptasi akan semakin baik. Karena hampir setiap hari kamu dihadapkan pada hal-hal baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Hiroshima Peace Memorial (Sumber: Ublik.id/Afifah Maya)

3.Menambah Pengalaman dan Pengetahuan

Ilmu adalah tujuan utamamu kuliah ke luar negeri bukan? Tentu dengan mengikuti perkuliahan, semakin banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan. Jika jurusan dan universitas yang kamu tuju adalah yang terbaik di bidangnya, maka itu adalah kesempatan emas untukmu supaya bisa menjadi ahli.

Bergantung seberapa aktif kamu mengikuti kegiatan-kegiatan di sekitar, pengalamanmu bisa berkembang. Akan ada banyak cerita yang kamu dapat karena kejadian-kejadian yang kamu alami. Cerita-cerita itu akan jadi kenangan tersendiri bagimu. Pengalaman bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Tentu kamu bisa mendapat pengalamanmu sendiri jika berkesempatan untuk kuliah ke luar negeri.

Musim salju (Sumber: Ublik.id/Afifah Maya)

4.Memperbanyak Relasi

Ternyata kuliah ke luar negeri bisa jadi jalanmu bertemu orang-orang ahli pada bidangnya. Dengan jembatan bahasa yang sudah dikuasai, kamu bisa membuat relasi pada orang-orang penting tersebut. Bahkan, banyak dari dosen dan orang-orang penting di Indonesia juga menimba ilmu ke luar negeri. Kesempatan untuk bertemu dan membuat relasi dengan orang-orang tersebut adalah kesempatan yang berharga dan jangan sampai disia-siakan.

(Foto: Afifah Maya)

5.Meningkatkan Kreativitas

Jauh dari rumah dan hidup di negara asing membuatmu harus sering-sering putar otak. Bagaimana bisa makan nasi di negara yang makanan pokoknya bukan nasi? Bagaimana menemukan makanan halal? Bagaimana jika ingin beribadah? Akan banyak pertanyaan yang muncul seiring kebutuhan kita yang ternyata tidak semudah didapat seperti saat di Indonesia.

Ini membuatmu mencari jalan lain, mencari cara lain, yang entah bagaimana caranya bisa memenuhi keinginanmu tapi tidak melanggar aturan dan norma di negara itu. Keterbatasan ini membuatmu lebih kreatif dan bisa jadi membuatmu mempunyai skill-skill tak terduga.

(Foto: Afifah Maya)

Semakin aktif kamu saat bersekolah di luar negeri, tentu membuatmu bisa mendapat lebih dari hal-hal yang disebutkan di atas. Selain foto-foto kece saat menjalani berbagai musim, pengalaman jalan-jalan dan kuliner, pengalaman mengikuti kegiatan-kegiatan internasional, juga ilmu yang kamu dapatkan di luar negeri tentu bisa menambah ‘nilai jual’ saat kamu melamar kerja di Indonesia. Jadi apa lagi yang membuatmu ragu untuk mencoba melanjutkan pendidikan ke luar negeri?

 

(Sumber gambar utama: Afifah Maya)

Defia Rosmaniar, Peraih Medali Emas Pertama untuk Indonesia di Asian Games 2018

Jonatan Christie

Jonatan Christie dan Sisi Lain Euforia Kemenangan di Asian Games 2018