Siapa sih yang tidak mau ke luar negeri? Semua orang pasti mau setidaknya sekali dalam seumur hidup merasakan pergi ke luar negeri. Entah buat jalan-jalan atau melanjutkan studi di luar negeri. Nah, kalau kamu juga punya hasrat buat melanjutkan sekolah atau kuliah di luar negeri, ada beberapa film yang mungkin bisa jadi inspirasi buat kamu.

Film-film ini, bisa jadi makin bikin kamu ingin benar-benar berangkat ke luar negeri,  merasakan suasana jadi mahasiswa di sana, susah payahnya, suka dukanya. Nah ini dia deretan film Indonesia yang menceritakan tentang perjuangan mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Pilihan Editor;

1.Rudy Habibie

Siapa sih orang Indonesia yang tidak kenal film ini? Rudy Habibie adalah film ke dua dari film Habibie Ainun. Sebuah film fenomenal di Indonesia. Film in menceritakan bagaimana susah payahnya seorang B.J Habibie berjuang buat bisa kuliah di Jerman. Dengan latar tahun 50an, film ini benar-benar menyajikan jalan cerita yang menarik.

Salah satu scene Rudy Habibie saat kuliah di luar negeri (Sumber: kadungcampur.com)

Dari film ini kita bisa tahu bagaimana seru dan menantangnya kuliah di Jerman. Mulai dari susahnya tembus tes buat masuk universitas di Jerman, mencari tempat tinggal, sampai memilih makanan yang cocok dengan lidah Indonesia. Dari film ini kita juga bakal lebih sadar kalau cuaca Eropa dan Indonesia memang benar-benar berbeda jauh. Jadi, buat kamu yang ingin kuliah ke Jerman, kamu perlu nonton film Rudy Habibie ini. Recommended!

2.Negeri van Oranje

Film ini bercerita tentang persahabatan lima mahasiswa Indonesia di Belanda. Mereka hadir dari berbagai macam latar belakang ketemu di Belanda dan akhirnya bersahabat. Padahal mereka hadir dari 5 kampus berbeda. Film yang diangkat dari novel berjudul sama ini emang pada akhirnya punya plot cerita yang menarik buat ditonton.

Para pemain film Negeri van Orange (Sumber: muvila.com)

Film Negeri van Oranje bakal bikin kamu pengen cepet-cepet berangkat ke Belanda. Film ini juga secara tidak langsung menunjukkin beberapa sudut Belanda yang terlihat begitu nyaman untuk ditinggali. Apalagi dari Negeri van Oranje kita juga jadi tahu kalau Belanda cukup ramah ditinggali oleh orang Indonesia. Tapi, dari film ini kita juga bisa belajar kalau biaya hidup di Belanda tidak murah.

3.99 Cahaya di Langit Eropa

99 Cahaya di Langit Eropa adalah salah satu film yang benar-benar bisa memberi motivasi kamu buat kuliah di Eropa dan merasakan bagaimana rasanya hidup di benua biru. Film ini juga pasti bikin kamu yang sudah lulus S1 jadi kepengin melanjutkan ke S2 atau S3. Yap, film 99 Cahaya di Langit Eropa memang menceritakan tentang perjuangan menempuh studi dari seorang Rangga yang sedang menempuh studi doktoral di salah satu universitas di Austria.

99 Cahaya di Langit Eropa (Sumber: kompas.com)

Gara-gara nonton film ini, wajar kalau kamu jadi ngebet buat bisa kuliah di Eropa. Bagaimana tidak, selain menyelesaikan studi, Rangga juga mengajak istrinya, Hanum, buat keliling ke beberapa negara Eropa. Pengambilan gambar di film ini juga bisa dibilang keren, bikin kita yang nonton jadi pengen ada di tempat Rangga dan Hanum tinggal di sana.

4.Negeri 5 Menara

Film Negeri 5 Menara yang penuh inspirasi ini bakal mengajak kamu buat semangat ngejar cita-cita. Negeri 5 Menara menceritakan tentang anak pesantren bernama Alif yang sedang mengejar mimpinya, salah satunya buat bisa kuliah di luar negeri. Di Pesantren, Alif ketemu dengan 5 teman lainya yang juga punya semangat besar buat mengejar cita-citanya buat bisa kuliah di luar negeri. Sampa akhirnya di bawah menara masjid, mereka janji, kalau suatu saat bisa reunian di Trafalgar Square di Inggris.

Alif, tokoh dalam film Negeri 5 Menara (Sumber: kinerasya.com)

Dan mimpi mereka pun tercapai. Alif dan kawan-kawan akhirnya bisa menjejakkan kaki di Inggris dan ketemuan di Trafalgar Square. Film ini seharusnya sangat bisa untuk jadi motivasi kamu supaya mau kerja keras buat meraih cita-cita yang kamu impikan. Jadi, Negeri 5 Menara sangat recommended buat kamu tonton.

5.Edensor

Nomor lima ada Edensor. Film yang berangkat dari kisah Ikal dan Arai, dua tokoh yang sudah muncul dari mulai film Laskar Pelangi dan film Sang Pemimpi. Film ini akhirnya menceritakan kalau Ikal sudah sampai ke Sorbonne, Perancis. Tapi, kenyataannya hidup di luar negeri itu tidak semudah yang mereka kira.

Desa Edensor di Inggris (Sumber: Picturesofengland.com)

Yap, dari film ini barangkali kita bakal belajar kalau kuliah di luar negeri itu tidak bisa dibilang gampang-gampang saja. Demi menyambung hidup, Arai dan Ikal mesti cari kerja sampingan. Belum lagi problem bahasa, di mana masyarakat Perancis memang lebih suka berbicara bahasa Prancis daripada bahasa Inggris. Ya setidaknya setelah nonton film ini kamu mulai belajar bahasa Perancis dari sekarang, kalau memang benar-benar mau kuliah di sana.

Cita-cita memang harus dikejar. Kamu tidak boleh menyerah buat mencapai mimpi kamu. Film-film di atas harusnya bisa memotivasi kamu buat sungguh-sungguh belajar supaya bisa lanjut kuliah di luar negeri.

 

(Sumber gambar utama: mtaloy.edu)