in

Little Seoul: Ketika Kota Seoul Korea Pindah ke Bandung

Beberapa tahun terakhir, negara Korea Selatan menjadi sangat populer di Indonesia. Berawal dari tayangnya Drama Korea alias DraKor di sebuah stasiun televisi swasta yang dalam waktu singkat mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat Indonesia. Kemudian, muncul boyband dan girlband Korea yang kemudian dikenal dengan sebutan “K-POP”. Korea Selatan, termasuk ibukotanya, Seoul menjadi semakin populer bagi masyarakat Indonesia dari berbagi kalangan.

Berdasarkan hal tersebut, banyak perusahaan travel yang mulai berlomba-lomba menawarkan kunjungan ke Negeri Ginseng Merah tersebut. Beberapa waktu kemudian, ada beberapa restoran yang mulai menawarkan menu makanan khas Korea. Tak tanggung-tanggung, bahan-bahan dan bumbu yang digunakan, bahkan juru masaknya pun sengaja didatangkan dari Korea untuk menarik minat pembeli. Disusul dengan pengrajin-pengrajin Indonesia yang juga mulai membuat pernak-pernik khas Korea Selatan seperti gantungan kunci, pin, asesoris lain bertemakan Korea.

Little SEOUL di Bandung (Sumber: thefoodxplorer.com)

Hal tersebut tentu membuat masyarakat Indonesia dengan budget pas-pasan pun merasa sangat gembira, meskipun belum dapat berkunjung langsung ke Korea, tapi tetap dapat merasakan antusias yang sama dan tak perlu jauh-jauh datang ke Korea Selatan pastinya.

Baca juga;

Penggagas dan Konsep Destinasi Wisata Bertemakan Korea di Bandung

Destinasi wisata bertemakan Korea tersebut telah dipersiapkan oleh Ridwan Kamil dan selesai pada Oktober 2017.

Berdasarkan tulisan Ridwan Kamil saat masih menjadi walikota Bandung pada akun instagramnya tanggal 22 September 2017, “annyeong Haseo, Ahjussi rasa oppa melaporkan jika destinasi wisata kuliner Kampung Korea yang daebak sedang progres. Bagi fans-fans jaman now, yaitu para army atau e.l.f atau vip atau Exol doakan lancar ya. Wandahamidaah. Untuk Kampung Sunda Cibiru juga sedang progres.”

Beliau juga menuliskan, “jalan sepanjang 500 meter dengan tema all about Korea, ada resto, cafe, toko, fashion dan lain-lain sebagai destinasi wisata Daebak baru di Bandung.”

Walikota yang satu ini memang selalu penuh dengan kejutan-kejutan baru. Beliau menggagas ide baru yaitu, sebuah destinasi wisata kuliner yang menyegarkan dan tentunya beda dari yang lain karena, bertemakan Korea. Destinasi wisata tersebut adalah hasil kerjasama masyarakat Bandung dan Seoul.

Sebutan dan Lokasi Destinasi Wisata Bertemakan Korea di Bandung

Masyarakat menyebut destinasi wisata baru bertemakan Korea di Bandung tersebut dengan julukan Kampung Korea atau lebih dikenal dengan nama Little Seoul Korea Bandung. Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan dan akan mengobati kerinduan bagi siapa saja yang sangat ingin menginjakkan kaki di Negeri Ginseng Merah.

Little Seoul Korea Bandung ini berlokasi di Jl. Sawunggaling No. 10, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di dekat UNISBA Tamansari dan tidak jauh dari stasiun Bandung.

Waktu Buka dan Tiket Masuk Little Seoul Korea Bandung

Little Seoul Korea Bandung ini buka mulai pukul 10.00 s/d 22.00 WIB. Dengan jangka waktu buka yang lumayan lama, maka pengunjung bisa mengunjungi Little Seoul Korea Bandung dengan puas. Meskipun begitu, biasanya tempat ini akan sangat ramai pada jam makan siang. Sehingga, sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada awal waktu buka maupun pada sore hari.

Untuk harga tiket masuk Little Seoul Korea Bandung ini gratis. Namun, kamu juga harus tetap membawa uang secukupnya untuk membeli makanan khas Korea yang ditawarkan oleh restoran-restoran Korea yang ada di tempat ini dan tentunya untuk menyewa baju Hanbook agar Koreanya semakin kental.

Menu yang ditawarkan Restoran-restoran Little Seoul Korea Bandung

Menu yang ditawarkan (thefoodxplorer.com)

Saat berkunjung ke Little Seoul Korea Bandung, tentu saja kamu harus mencicipi menu makanan yang ditawarkan di tempat ini. Karena, makanan-makanan yang ditawarkan adalah makanan khas Korea. Menu makanan yang ditawarkan antara lain yaitu Jjampong, Jjajangmyeon, Tteokbeokki, Bibimbab, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah yang istimewa, menu makanan yang ada di tempat ini bukan hanya asli Korea dan khas Korea, tapi juga telah dijamin kehalalannya. Jadi, bagi pengunjung yang muslim, tidak usah khawatir tidak bisa mencicipi makanan asli Korea di tempat ini dan merasakan sensasi asam pedas yang menjadi ciri khas makanan Korea.

Untuk harga makanan di Little Seoul Korea Bandung sangat terjangkau. Mulai dari 20 ribu rupiah, hingga 150 ribu rupiah. Dan pengunjung semakin merasa seakan-akan sedang ada di kota Seoul-Korea Selatan, karena, sistem pembayarannya menggunakan mata uang Won yang dapat ditukarkan di tempat ini nantinya.

Money changer (Sumber: thefoodxplorer.com)

Hal-hal Menarik di Little Seoul Korea Bandung

Tentu saja ada hal-hal yang menarik yang bisa ditemukan di Little Seoul Korea Bandung yang akan membuat pengunjung merasa takjub dan akan berkunjung kembali ke tempat ini. Berikut beberapa hal-hal menarik di Little Seoul Korea Bandung:

1. Chagiya Korean Suki dan BBQ

Chagiya, Korean Suki and BBQ (Sumber: thefoodxplorer.com)

Restoran yang menyediakan menu-menu masakan Korea dengan menu utama tentang Suki dan BBQ. Terletak di sebelah kiri saat memasuki Little Seoul Korea Bandung. Restoran ini ditata sedemikian rupa dengan bangku-bangku dan meja-meja kayu, meja rendah, bantal duduk berwarna turquoise bernuansa khas rumah Korea. Hal ini membuat pengunjung merasa sangat nyaman dan betah berlama-lama di tempat ini.

2. Dongdaemun Street

Dongdaemun street (thefoodxplorer.com)

Tempat ini dibuat sangat mirip dengan aslinya. Membuat siapa saja yang pernah berkunjung atau mencari-cari info tentang tempat-tempat terkenal di Korea melalui internet seakan benar-benar sedang ada di tempat tersebut. Di tempat ini ada jajaran Street Snack ala-ala Korea dan instagramable tentunya.

3. Hanbook

Hanbok (thefoodxplorer.com)

Untuk menunjang penampilan anda agar semakin terkesan seperti benar-benar berada di kota Seoul Korea, kamu bisa menyewa Hanbook di Cingu Cafe. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp 30.000 per jam.

4. Sistem Pembayaran

Foto payment card (thefoodxplorer.com)

Ketika berkunjung di Little Seoul Korea Bandung, kamu akan semakin dibuat kagum dengan sistem pembayaran yang sudah pasti berbeda dengan kampung Korea lain yang ada di Indonesia. Tentu saja karena, sistem pembayaran di Little Seoul Korea Bandung menggunakan mata uang asli Korea yaitu won. Jangan khawatir! Kamu tidak perlu repot mencari tempat penukaran uang, karena sudah tersedia di sana. Setelah menukarkan uang, kamu bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan payment card yang juga tersedia di sana.

Nah, Little Seoul Korea Bandung ini sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan atau liburanmu ketika sedang berada di Bandung.

 

( Sumber gambar utama: piknikasyik.com )

Ditulis oleh Sheilla Aisyah

Pecinta Kaktus yang berusaha mengabadikan setiap kenangan dan ingin berbagi hal yang semoga bermanfaat melalui tulisan.

Kalian bisa follow juga akun Wattpadku:

@princess_kaktus

2 Comments

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

papeda khas Indonesia

Papeda, Sajian Nikmat Kebanggaan Timur Indonesia

Selain Nostalgia, Ada Apa di Balik #10yearChallenge di Media Sosial?