in

Kenali Metode Self Healing di Masa Pandemi

Hallo sahabat Ublik. Masa pandemi ternyata banyak menimbulkan keresahan dalam diri kita sendiri. Itulah mengapa kita butuh untuk bisa self healing. Karena kasus varian covid-19 yang meningkat ada pula kesehatan mental yang semakin menurun. Kecemasan yang timbul akibat terlalu lama work from home, belajar online, dan lain sebagainya. Kecemasan mental ini masih terasa awam dan sepele di tengah masyarakat, terutama di desa-desa. Padahal jika mental terganggu akan membuat dampak yang buruk bagi kesehatan kita, baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain.

Untuk mencegah terjadinya kecemasan yang lebih fatal, ada baiknya jika kita lebih mengenal metode self-healing atau kemampuan untuk menjaga kesehatan diri sendiri. Metode self healing justru makin menjadi booming, terutama di kalangan anak muda. Berikut ini saya akan membagikan cara mengenali metode healing sederhana yang dapat dilakukan di masa pandemi, dilansir dari kompas.com.

Seberapa Penting Mengenali Self Healing di Masa Pandemi?

self healing

Banyak info terkait covid-19 tersebar di setiap penjuru yang ada di social media. Hal ini mengharuskan kita untuk tidak terlalu melakukan aktivitas di luar rumah. Sehingga kita banyak melakukan suatu kegiatan di dalam rumah. Saat kita berada di rumah, permasalahan ekonomi, pendidikan, atupun lainnya saling menghampiri, membuat kita merasa stres, bahkan depresi. Di dalam kasus tersebut terdapat adanya indikasi gangguan kesehatan mental yang ada di dalam tubuh kita. Maka dari itu, mengenali dan menerapkan self-healing selama pandemi dianggap sangat tepat dalam mengurangi resiko terjadinya gangguan mental lainnya.

Mengenal Self Healing

Self healing merupakan cara untuk memahami diri sendiri untuk mengobati luka batin. Dengan cara berdamai dan menerima diri sendiri apa adanya bagaimana pun keadaanya. Sehingga mental batin kita akan merasa jauh lebih tenang. Bahkan, metode self healing bisa turut menyembuhkan luka-luka di masa lalu. Di saat mengalami gangguan mental kita bisa mulai membiasakan dengan menerapakan metode self healing ini.

Menurut psikologi, self healing adalah proses penyembuhan yang hanya melibatkan diri sendiri untuk bangkit dari segala kecemasan atau penderitaan yang sedang dialami, serta memulihkannya dari luka-luka batin. Metode ini membuat kita sadar pentingnya untuk memahami diri sendiri melalui pola pikirnya sendiri.

Self-Healing Terkait Pandemi

Dampak dari pandemi covid-19 dilihat dari kesehatan dan keadaan psikologi mental mayoritas terjadi di kalangan peserta didik di semua jenjang pendidikan. Hanya sebagian orang yang mampu mengatasi dan mengelola kesehatan mental akibat pandemi untuk menghindar dari toxic people. Upaya alternatif yang bisa dilakukan setiap orang yaitu metode self healing. Lalu, bagaimana pandemi bisa memicu terjadinya self healing? Dilansir dari formadiksi.um.ac.id kecemasan yang terlalu berlebihan dapat menjadi Counterproductive dan malah menimbulkan Somatic System Disorder.

Metode Self-Healing di Masa Pandemi

1. Mengerjakan hobi yang disukai

Ketika kamu merasa jenuh terhadap kegiatanmu selama pandemi, coba manage dirimu untuk mengerjakan hobi yang kamu sukai. Seperti menulis, bernyanyi, melukis dan lain-lain. Mengerjakan hobi yang disukai dipastikan membantu batin atau hati kita menjadi bahagia dan saat mengerjakannya pun akan terasa lebih semangat dalam menyelasaikannya

2. Produktif

Dengan berbagai kegiatan yang kamu lakukan dapat mengurangi pikiran negatif dan overthinking. Kegiatan yang produktif membantu kita untuk mengeksplor pengetahuan dan inovasi yang diserap.

3. Spritual

Agama yang lebih diperhatikan dan didalami  membuat kita merasa jauh lebih tenang. Kita perlu sadar bahwa Tuhan merupakan Dzat yang Maha Kuasa atas segala hal. Kita tidak bisa menembus dinding-dinding takdir Tuhan yang telah ditetapkan. Mendekatkan diri dengan cara ibadah kita lebih dikhusyukan kembali serta memohon doa kepada-Nya.

4. Butterfly Hug

Cara melakukannya yaitu dengan menyilangkan kedua tangan di dada, kemudian tepukan salah satu tangan secara bergantian. Tepukan secara perlahan hingga tubuh dan pikiran terasa rileks

5. Safe Place

Metode healing yang dapat dilakukan dimanapun. Caranya dengan menutup mata, rileks, bayangkan kita sedang berada di tempat yang aman dan nyaman. Cobalah untuk merasakan sebuah ketenangan dan kedamaian di tempat tersebut.

Pengenalan metode-metode healing tersebut menyadarkan bahwa kita harus peduli untuk menjaga kesehatan fisik dan kesehatan mental. Sikap peduli sangat penting untuk memperoleh stigma positif agar mental menjadi lebih tangguh. Masyarakat, terutama keluarga harus lebih bisa mengenali metode healing untuk kesehatan mental  bersama. Jangan hanya karena pandemi covid-19 membuat kesadaran akan kesehatan mental berkurang. Menjaga kesehatan mental sangat berpengaruh untuk imun tubuh. Usahakan tubuh kita tetap sehat agar terhindar dari penularan Covid-19.

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menyembuhkan Luka Inner Child, Berdamailah dengan Masa Lalumu

gejala burnout

Cara Mudah Mengatasi Gejala Burnout Akibat Lelah Bekerja