in

Asah Kemampuanmu untuk Berpikir Kritis Agar Tidak Mudah Ditipu!

Saatnya latih kemampuan berpikir kritis dan fondasi science yang kuat

Hallo kamu! Iya kamu, pembaca setianya Ublik! Hehe. Kamu pasti tahu dan sadar dong kalau sekarang ini kita sudah memasuki era digital. Nah, di era digital ini kamu akan dituntut untuk berpikir kritis an menguasai teknologi yang serba modern. Kenapa? Tentu saja agar kamu tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan peradaban.

Di era teknologi yang semuanya serba modern dan canggih ini, kamu dapat melakukan berbagai hal dengan mudah, termasuk dalam hal mengakses informasi. Yap! Saat ini kamu dapat dengan mudah mengakses informasi yang kamu inginkan. Semua informasi bisa kamu dapatkan dari internet. Kamu tinggal mengetikkan tulisan di layar handphone atau laptop, dan kamu bisa mendapatkan semua informasi yang ingin kamu ketahui.

Hampir tidak ada informasi yang tidak terdapat di internet. Mulai dari hal sepele hingga hal mendalam bisa kamu temukan di internet. Belum lagi soal media sosial yang terus menerus berinovasi untuk menarik pengguna. Semua informasi menjadi semakin mudah tersebar di era digital seperti sekarang ini. Akan tetapi, mudahnya penyebaran informasi ini juga akan memberikan dampak negatif untuk kita, salah satunya ialah penyebaran hoax alias berita bohong.

berpikir kritis , bertanya

Mudah menyebarnya informasi yang diinginkan, akan memberikan keuntungan kepada berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, juga memberikan kesempatan untuk mereka yang gemar memecah belah bangsa melalui komentar di internet, terutama melalui media sosial. Mereka biasanya cenderung menggunakan kata yang sarat makna kebencian dan cacian kepada seseorang. Lalu kalau sudah seperti itu, apa yang harus kita lakukan? Berhenti bermain sosial media saja? Atau malah tidak usah menggunakan internet untuk menghindari hoax dan komentar jahat netizen?

Tentu saja tidak. Kamu tetap membutuhkan internet sebagai sarana yang mudah untuk mencari informasi. Lalu bagaimana dong caranya? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengembangkan konsep berpikir kritis.

Apa itu berpikir kritis? Berpikir kritis atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan critical thinking merupakan kemampuan untuk merespon suatu teorema yang kita terima. Critical thinking bukan merupakan suatu kemampuan yang kita bawa atau kita terima dari lahir. Critical thinking merupakan kemampuan yang bisa dan perlu untuk dilatih.

Kritis bukan berarti terus menerus harus skeptis terhadap sebuah informasi. Namun, kritis berarti memahami bagaimana suatu informasi dapat dievaluasi kebenarannya. Apakah informasi tersebut akurat atau tidak, dari mana asalnya, kamu harus berusaha untuk memverifikasi kembali informasi yang kamu terima. Berpikir kritis merupakan hal penting, sebab sebagian besar keputusan yang akan kamu ambil di dalam hidupmu bergantung pada informasi yang kamu terima dan kamu olah.

Bagaimana Cara dan Apa Saja yang Memengaruhi?

Lalu apa hal yang memengaruhi dan bagaimana cara untuk melatih critical thinking itu sendiri? Dalam hal ini, lingkungan akan memiliki pengaruh yang penting dalam melatih cara berpikir seorang individu. Tentu saja lingkungan yang paling dekat adalah keluarga. Keluarga harus membiasakan untuk berpikir out of the box. Setelah keluarga, ada lingkungan pertemanan.

Lingkungan pertemanan merupakan lingkungan yang paling dekat setelah lingkungan keluarga. Maka dari itu, dengan siapa kamu berteman dan bagaimana cara kamu berteman akan sangat mempengaruhi cara kamu berpikir. Untuk melatih critical thinking kamu di lingkungan pertemanan, kamu dapat berkumpul dan bertukar pikiran dengan teman-teman kamu. Akan tetapi, kamu perlu memastikan bahwa teman kamu merupakan individu yang berpemikiran terbuka dan bisa menerima pendapat atau opini orang lain. Jangan sampai kegiatan bertukar pikiran yang awalnya bertujuan untuk mengembangkan diri malah berujung permusuhan antara kamu dan teman-teman kamu.

berpikir , kritis
Saat berpikir kritis, akan terjadi perdebatan di dalam pikiranmu sendiri

Dalam berpikir kritis, kamu perlu menggunakan logika untuk berpikir. Logika merupakan perangkat yang sangat penting dalam berpikir kritis atau critical thinking ini. Logika sendiri merupakan sekumpulan aturan yang harus diikuti ketika kamu ingin mengevaluasi dan memverifikasi sebuah informasi. Lalu setelah itu, kamu juga dapat mengembangkan critical thinking kamu dengan banyak membaca. Dengan banyak membaca, kamu akan mendapatkan banyak opini dan berbagai perspektif yang berbeda-beda dari si penulis. Di sini kamu akan dituntut untuk berpikir mana argumen yang menurut kamu paling masuk akal dan argumen yang menurut kamu paling cacat logika. Akan terjadi perdebatan di dalam pikiran dan diri kamu sendiri yang dimana hal ini bagus untuk melatih argumen kamu sendiri sebelum kamu sampaikan kepada orang lain.

Berpikir Secara Scientific Sebagai Konteks dari Berpikir Kritis

Science tidak akan memiliki manfaat untuk kamu jika dipelajari dengan cara yang salah. Mempelajari science dengan metode yang salah seperti hanya menghafal rumus tanpa memahami konsepnya, menghafal bermacam-macam metode untuk memecahkan suatu soal, dan berbagai “menghafal-menghafal” lainnya ialah contoh suatu kesalahan ketika kamu ingin mempelajari science.

Sadar atau tidak, science sangat dekat dengan kehidupan kamu. Kamu dapat menggunakan metode berpikir scientific untuk mengevaluasi maupun memverifikasi sebuah informasi yang kamu terima. Sebuah teori di dalam ilmu science harus didasari dengan argumen serta bukti yang kuat. Antara satu teori dengan teori yang lainnya haruslah serasi atau kompatibel. Artinya antara satu teori dengan teori yang lain tidak boleh ada pertentangan. 

Hal itu juga berlaku ketika ingin mengajukan sebuah hipotesis baru. Sebuah kejadian dapat diprediksi dengan mendeduksi atau menarik kesimpulan dari yang umum ke kesimpulan yang lebih khusus teori yang sudah diketahui sebelumnya. Hubungan antar kejadian dapat terlihat dari data yang ada dan lain sebagainya. Proses mempelajari science dengan metode yang benar dapat melatih kamu untuk menggunakan berbagai prinsip logika dalam mengevaluasi dan memverifikasi informasi yang kamu terima. Proses mempelajari science ini akan terus melatih ketajaman kamu dalam berpikir kritis dan berpikir menggunakan logika.

Bagaimana? Kamu sudah mendapatkan poin mengapa kita perlu untuk berpikir kritis kan? Kamu juga sudah mendapatkan cara dan metode untuk mengasah kemampuan critical thinking kamu. Jadi tunggu apa lagi untuk menerapkannya? Tidak ada ruginya lho, belajar hal baru. Apalagi berpikir kritis merupakan hal yang akan mempengaruhi kehidupan kamu. Kamu tidak akan mudah ditipu dan dibohongi oleh orang lain. Aku juga ingin mengatakan bahwa mengasah kemampuan berpikir kritis dengan fondasi science yang kuat akan membuat kamu menjadi orang yang lebih baik!

Report

What do you think?

Participant

Written by Aini

Years Of Membership

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

pikiran negatif , menyalahkan

Pikiran Negatif Membuat Hidupmu Sesak, Bagaimana Solusinya?

bermain , ponsel

Jangan Bermain Ponsel Saat Sedang Bekerja, Ini Alasannya