in

Karena Kamu Terlahir Istimewa, Apa Lagi yang Kamu Ragukan?

Apa lagi yang kamu ragukan?

Suara ayam berkokok sudah terdengar begitu nyaring. Kilaunya mentari pagi menyelinap di sela-sela jendela kamar. Inilah saatnya kamu memulai aktivitas di pagi hari yang indah ini dengan penuh semangat. Tetapi sebelum memulai aktivitas tersebut, apakah kamu sudah memiliki semangat yang cukup pada dirimu?

Apa sih hal-hal yang membuatmu bahagia? Bagaimana cara mengukur kebahagiaan? Apa definisi kesuksesan bagi kamu? Hal-hal tersebut tentunya akan memiliki jawaban yang berbeda-beda bagi setiap orang. Mengapa?

Ya, karena setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing. Setiap orang adalah istimewa karena setiap orang itu unik. Tidak ada aturan yang menjelaskan tentang standar kesuksesan dan kebahagiaan sesorang. Banyak yang masih berpikir bahwa materi adalah patokan kebahagiaan dan kesuksesan seseorang. Padahal jika kita telusuri lebih dalam, banyak hal sederhana yang jauh lebih pantas kita syukuri.

harapan , kamu
Kamu punya harapan di setiap matahari terbit (Sumber gambar: Pixabay)

Hal ini dimulai saat kita bangun pagi. Saat mentari pagi membuatmu bisa melihat keadaan sekitar yang dibantu dengan penglihatanmu yang masih baik. Saat kau mendengar kicauan burung dan suara ayam jantan yang berkokok dengan suara lantangnya. Ya, saat itu juga kamu masih memiliki pendengaran yang baik. Saat kau meneguk segelas air sebagai awal aktivitasmu agar kamu mampu mengawali hari dengan lebih semangat. Hal-hal tersebut hanyalah sebagian dari nikmat yang kau lupakan setiap harinya.

Setiap Orang Memiliki Kelebihan dan Kekurangan

Memang kecenderungan membandingkan kelebihan orang lain dengan kekurangan diri sendiri tidak akan pernah berujung. Hal yang seharusnya kita bandingkan adalah diri kita yang dulu dengan diri kita yang sekarang. Adakah hal yang bertambah baik apa justru semakin buruk? Hanya diri kitalah yang bisa menilai lebih jauh.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Fokus pada kelebihan diri sendiri dan melebih-lebihkannya adalah hal yang tidak seharusnya dilakukan. Rasa minder terhadap kekurangan diri terus menerus juga sangat tidak dianjurkan. Hal yang harus kita lakukan adalah berusaha melakukan yang terbaik. Jika sudah melakukannya, kita hanya dapat berserah kepada Allah.

Apakah hal-hal yang terlihat indah sudah pasti membahagiakan? Apakah hal-hal yang terlihat buruk sudah pasti menyedihkan? Sebenarnya segala sesuatu yang terjadi adalah netral. Namun kitalah yang memberi muatan positif atau negatif terhadap peristiwa tersebut.

Sebagai contoh, jika kita mendapat rezeki berlimpah mendadak tentu kita akan sangat senang menerimanya. Namun, apakah ini menjamin kebahagiaan kita selanjutnya? Tidak ada yang menjamin apakah dengan harta yang berlimpah semua masalah menjadi selesai. Begitu pula saat tiba-tiba kamu ditimpa musibah. Saat itu juga kamu akan menangis dan bersedih. Namun apakah selamanya kamu akan bersedih atas musibah itu? Tentu tidak ada yang menjamin segalanya.

Hal yang sama saat kamu sadar akan kekuranganmu. Apakah kamu harus terus meratapi semua kekuranganmu? Tentu tidak. Kamu hanya perlu berusaha dengan segala kemampuan yang kau miliki. Hingga pada akhirnya,  kelak kamu akan bersyukur atas kekurangan yang ada pada dirimu. Karena dari kekurangan tersebut kamu menjadi berusaha. Dari satu usaha diperoleh berbagai manfaat dan kebahagiaan yang mendatangimu. Jadi kalau sudah begini, apa kamu masih ingin menyalahkan kekuranganmu?

mawar , kamu istimewa
Kamu istimewa, belajar seperti mawar (Sumber gambar: Pixabay)

Memaknai Kekurangan Menjadi Hal Positif

Mari kita telusuri lebih jauh makna kekurangan yang menjadi hal positif. Akan saya contohkan dengan suatu kisah. Seorang gadis bernama Mawar adalah seorang yang sangat pemalu dan sangat tidak percaya diri. Kedua orang tuanya bekerja dan saudaranya kuliah. Rumahnya sepi sehingga Mawar terbiasa tinggal di rumah sendiri. Masa kecilnya pun menyedihkan. Mawar sering diperlakukan dengan kasar oleh baby sitter-nya. Kehidupan pertemanan Mawar pun tak berjalan dengan indah. Sikapnya yang pemalu dan polos membuat Mawar mendapat celaan dari teman-teman sebayanya.

Saat bekerja di kantor pertama dan kedua pun Mawar banyak mendapat celaan dari teman kerjanya. Mawar memang begitu polos. Sehinga Mawar tidak peduli dengan penampilan dan rasa percaya dirinya yang buruk membuat dirinya terus diperalat oleh teman-temannya. Bahkan atasannya pun sangat tidak menyukainya. Namun Mawar tidak menyerah begitu saja. Saat detik itu juga Mawar berubah.

Mawar mulai mengikuti berbagai aktivitas sosial agar empati dan rasa percaya dirinya terus tumbuh. Mawar mulai mengikuti kursus public speaking agar dirinya pandai dan percaya diri untuk tampil di depan umum. Mawar pun tak lupa untuk merawat diri. Sekarang mawar benar-benar merawat dirinya agar tampil fresh dan juga bersih serta rapi. Saat itu juga kehidupan Mawar menjadi jauh lebih baik. Mawar yang sekarang sangat percaya diri. Mawar menjadi hobi tampil di depan umum. Mawar pun menjadi memiliki banyak relasi karena memang sesungguhnya Mawar adalah anak yang tulus dan baik, sehingga banyak orang yang senang berteman dengannya.

Kisah di atas rasanya begitu jelas untuk menjelaskan kekurangan yang begitu berharga. Jika Mawar tidak memiliki kekurangan mungkin Mawar tidak tahu rasanya kesuksesan dan kebahagiaan. Mawar sekarang menjadi lebih menghargai dan bersyukur atas setiap detik kehidupannya. Jadi apa lagi yang perlu kita ragukan?

Hal ini pula yang mendasari pemikiran bahwa segala hal terjadi karena ada sebab dan semua peristiwa yang terjadi saling berkaitan. Kejadian satu yang menyedihkan menyebabkan kamu melakukan kejadian kedua yang berakhir menyenangkan dan diikuti berbagai kejadian selanjutnya. Sehingga pada akhirnya semua kejadian adalah alur cerita yang sangat indah. Tidak ada yang mampu membuat skenario kehidupan yang lebih indah tanpa kuasaNya. Jadi, siapakah motivasi terbesarmu dalam kehidupan? Jawabannya adalah dirimu sendiri karena kamu begitu istimewa.

 

Artikel ini merupakan artikel kiriman pembaca, isi artikel menjadi tanggung jawab penulis. Kamu juga dapat mengirimkan tulisanmu melalui link berikut https://bit.ly/2Cnatij . Ketentuan menulisnya dapat dibaca di link berikut : https://bit.ly/2FwQlNH

Ditulis oleh Nada Tsurayya

Hello, my Name is Nada Tsurayya, I'm just a simple woman who eager to learn and curious about everything 💕

mimpiku , karya

Banyakin Karya Kurangi Drama, Inilah Impianku di Dunia Sastra

menu , sarapan yang sehat

Ternyata Ini Rahasia di Balik Sarapan yang Sehat, Kamu Sudah Tahu?