in

Kalimat Inspiratif Novel Sang Alkemis dalam Meraih Impian

Karya fenomenal Paulo Coelho ‘Sang Alkemis’ yang diterbitkan pertama kali 32 tahun yang lalu masih memiliki pesona sampai hari ini. Novel tersebut memiliki banyak kalimat bijaksana dalam berbagai aspek kehidupan terutama dalam meraih impian. Sahabat Ublik yang sudah baca novel ini pasti tahu novel yang diterbitkan pertama kali di Brazil ini memiliki alur yang sederhana tetapi memiliki kalimat yang sangat mendalam.

Kalimat Inspiratif Novel Sang Alkemis dalam Meraih Impian
Cover Sang Alkemis (gramedia.com)

Novel ini berkisah tentang seorang remaja pengembala bernama Santiago yang bermimpi tentang harta karun di piramida Mesir dan berusaha mendapatkannya. Lalu mulailah dia mengambil jalan hidupnya dari tempat kelahirannya di Spanyol menuju padang pasir Mesir demi menjemput harta karun. Dia menyadari di kemudian hari, harta karun tersebut bukan hanya emas permata saja tetapi dalam bentuk lain yang lebih berharga. Paulo ingin mengungkapkan, bahwa kita, yang bisa membuat kita bisa hidup adalah impian. Tanpa impian kita menjadi layu. Tidak peduli apa yang menjadi impianmu. Berikut beberapa kalimat bijaksana dan inspiratif  Paulo untuk menginspirasi anak muda untuk meraih impiannya.

1. Dalam hidup ini, justru hal-hal sederhanalah yang paling luar biasa

Mimpi tidak perlu besar dan muluk, juga tidak perlu takut untuk bermimpi besar. Tidak masalah mimpimu kecil atau besar yang paling penting adalah mewujudkan impian itu dalam bentuk rencana dan aksi. Kita juga hendaknya tidak terjebak dengan mimpi orang lain. Tulis impianmu sendiri karena manusia memiliki karakter, bakat, sudut pandang, dan passion yang berbeda-beda.

Percayalah tidak perlu langkah besar untuk mewujudkan impian, hanya perlu langkah kecil dan sederhana. Kesederhanaan adalah barang yang mewah karena ia membuat segala sesuatunya menjadi lebih mudah. Paulo ingin berkata kepada kita, ‘Ayo sederhanakan hidupmu dan raih impianmu mulai dari langkah kecil dan sederhana.’

2. Takdir adalah apa yang selalu ingin kau capai

Takdir adalah apa yang selalu ada di dalam hati dan pikiranmu. Michael Losier dalam buku larisnya Law of Attraction berkata ‘pikirkanlah apa yang kamu inginkan bukan apa yang tidak kamu inginkan. Karena apa yang menjadi pikiranmu akan menjadi takdirmu.

Seseorang yang ingin mengapai impiannya akan menghiasi hari-harinya dengan impiannya tersebut. Orang yang hanya bermimpi tetapi fokusnya berbeda dengan impiannya tidak akan bertemu dengan impiannya. Ibaratnya fokus itu adalah mobil dan impian adalah jalan, mobil tersebut mengambil jalan yang bukan jalan menuju impian. Hasil akhirnya adalah mobil sampai pada ujung jalan yang berbeda dengan jalan impian.

3. Saat kamu menginginkan sesuatu, seluruh jagad raya bersatu padu untuk membantumu meraihnya

Kalimat ini sangat familiar di mata dan telinga kita. Kita sering membacanya di berbagai konteks bacaan. Apakah kalimat ini benar-benar bekerja seperti yang diungkapkan? Tergantung dari pikiran dan keyakinan kita. Michael Losier kembali mengungkapkan bahwa apa yang kita pikirkan akan terpancar melalui energi yang akan tersebar ke alam semesta dan kembali lagi kepada kita dalam bentuk yang lebih besar.

Kalau kita memikirkan cinta maka cinta itu akan kembali lagi kepada kita dalam bentuk yang lebih besar. Kalau kita memikirkan rasa benci maka kebencian itu akan kembali dan bertambah besar. Kalau kita memikirkan dan yakin dengan impian kita, alam semesta tanpa ragu mewujudkan impian kita.

4. Tak ada yang menahan seseorang untuk mengejar impiannya kecuali dirinya sendiri

Terpuruk adalah hal yang lumrah terjadi pada setiap individu. Keadaan tidak ideal dalam hidup dialami oleh banyak orang. Masa lalu yang suram juga tidak sedikit orang yang menjalaninya. Kita yang tidak pintar-pintar banget, tidak kaya, tidak cantik, dan tidak berbakat bukanlah alasan untuk berhenti bermimpi. Hei, bermimpi bukan tentang semua itu.

Bermimpi bukanlah keadaan tetapi pilihan yang dipilih secara sadar. Sang Alkemis juga tidak pintar-pintar banget, dia juga cuma punya domba-domba gembalaannya. Ini tidak melulu tentang seberapa kuat pukulanmu pada saat memukul bola, tetapi seberapa yakinnya kamu terhadap pukulanmu.

5. Kau harus mengerti, cinta tak pernah menghalangi orang mengejar takdirnya

Santiago bertemu dengan gadis bermata indah di gurun pasir, Fatima. Keduanya jatuh cinta. Santiago menjadi ragu dengan impiannya. Dia ingin bersama Fatima dan mulai goyah dengan impiannya. Apakah dia tetap tinggal bersama Fatima atau meneruskan perjalanannya? Apabila dia memutuskan untuk tinggal, maka dia akan hidup bahagia dengan Fatima tetapi tidak akan pernah meraih impiannya.

Bila dia meneruskan perjalanannya maka dia akan meninggalkan Fatima yang mungkin saja akan bersama lelaki lain. Tetapi dia sadar impiannya adalah hidupnya. Cintanya dan cinta Fatima bukan halangan untuk dia meraih impiannya. Akhirnya dia meneruskan perjalanan. Di akhir cerita dia mendapatkan harta karunnya dan juga Fatima.

Cinta sejati bukan untuk mengubur mimpi-mimpi tetapi memiliki komitmen untuk terus berkembang bersama. Cinta sejati tidak mengerutkan jiwa-jiwa tetapi memekarkan bunga bersama. Cinta sejati tidak membunuh impianmu tetapi mendukungmu.

Demikianlah, beberapa kalimat inspiratif dari Paulo Cheulo. Semoga sahabat ublik dapat terinspirasi dan dapat memetik manfaat dari beberapa kalimat inspiratif tersebut ya.

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Berhenti Mengkhawatirkan Masa Depan?

Bagaimana Cara Berhenti Mengkhawatirkan Masa Depan?

Seberapa Penting Menyalurkan Emosi Agar Lebih Bahagia?