in

Jurusan Manajemen Bisnis: Terlihat Nyaman Padahal Tidak Selalu Aman

Lulusan Manajemen Bisnis Tetap Harus Punya Knowledge Dan Skill Mumpuni Untuk Bersaing

To be honest. Bukan hal yang mudah bagi seseorang ketika menentukan jurusan dan universitas sebagai tempat melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA.

Karena memang ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan di sini. Mulai dari kemampuan dan minat si calon mahasiswa / i, biaya kuliah, hingga restu orangtua.

Semuanya harus dipikirkan dengan baik dan teliti supaya tidak salah dalam memilih jurusan.

Karena tidak sedikit orang yang tergesa – gesa dalam memilih jurusan. Dan yang paling ironis, mereka menjadikan hal tersebut sebagai pembenaran untuk bermalas – malasan.

Setiap jurusan pasti memiliki plus minus. Jadi tidak ada satu jurusan yang lebih baik ketimbang jurusan lainnya.

Salah satu jurusan kampus yang hampir selalu ada di semua universitas di Indonesia adalah manajemen bisnis.

Banyak orang yang beranggapan kalau ini adalah jurusan aman. Maksudnya. Lulusan dari jurusan ini cenderung mudah mendapatkan pekerjaan.

Well. Kalau kamu saat ini ingin masuk ke jurusan manajemen bisnis karena beranggapan yang sama dengan statement di atas, sebaiknya baca dulu ulasan tim ublik berikut ini.

Disiplin Ilmu Yang Dipelajari Di Jurusan Manajemen Bisnis

Kalau kamu memilih jurusan ini, kamu akan banyak bersinggungan dengan bidang ilmu seputar ekonomi, manajemen, dan bisnis.

Kamu akan belajar ekonomi makro, manajemen sumber daya manusia, pemasaran, keuangan, pengantar bisnis, hingga kewirausahaan.

Setiap kampus mungkin memiliki syllabus yang sedikit berbeda. Tapi secara umum, kamu akan mempelajari beberapa materi di atas. Baik itu teori maupun praktek.

Baca Juga: Jurusan Aktuaria: Disiplin Ilmu “Langka” Dengan Jenjang Karir Menarik

Intinya. Lulusan manajemen bisnis diarahkan untuk berkarir di bidang pengelolaan bisnis. Baik itu bisnis orang lain (Kerja kantoran), atau bisnis sendiri (Jadi wirausaha).

Kalau kamu memang memiliki cita – cita seperti di atas, jurusan ini sangat cocok untuk kamu tekuni.

Prospek Karir Dan Pekerjaan

Hingga saat ini masih banyak perusahaan dalam dan luar negeri yang membutuhkan skill seorang lulusan manajemen bisnis.

Tentunya ini kabar baik bagi kamu yang ingin memilih jurusan ini.

Beberapa pekerjaan dan jabatan yang cocok untuk jurusan ini adalah dosen, konsultan bisnis, perbankan, staff / manajer di bidang produksi, operasional, keuangan, hingga marketing.

Karakter Yang Cocok Untuk Mahasiswa / i Manajemen Bisnis

Karakter Jurusan Manajemen Bisnis

Jangan memilih suatu jurusan hanya karena jurusan tersebut memiliki prospek karir yang menjanjikan. Tapi pertimbangkan juga faktor minat dan karakter yang kamu miliki.

Berikut ini adalah beberapa karakter yang cocok untuk mahasiswa / i jurusan manajemen bisnis.

1) Pandai Dan Suka Berinteraksi

Kalau kamu termasuk individu yang suka berinteraksi, tidak pilih – pilih teman dalam artian positif, plus berani berbicara di depan umum, maka ini adalah jurusan yang tepat buatmu.

Karena ketika lulus kuliah nanti, kamu harus bisa memberikan gagasan kepada rekan kerja dan mereka yang satu tim denganmu.

2) Analytical Thinking

Kemampuan menganalisa suatu permasalahan juga sangat dibutuhkan di jurusan ini.

Kamu harus bisa membaca situasi dan kondisi terkini yang sedang terjadi, lalu menganalisa dan menyimpulkannya untuk kemudian memberikan saran paling logis.

Baca Juga: 4 Cara Menentukan Passion agar Tidak Salah Jurusan

3) Solution Oriented

Bagian ini masih berhubungan dengan bagian sebelumnya. Bedanya. Di sini kamu harus bisa fokus mencari solusi terbaik. Bukan malah menyalahkan kondisi yang sudah terjadi.

4) Team Player

Team player atau bisa bekerja sama sebagai tim tidak hanya dibutuhkan oleh lulusan manajemen bisnis. Tapi hampir semua lulusan universitas yang ingin bekerja harus memiliki karakter ini.

Karena dimanapun kamu bekerja, pastinya akan membutuhkan interaksi dengan orang lain. Lagipula sekarang adalah zamannya berkolaborasi.

5) Update Informasi Terkini

Kamu harus selalu update dengan informasi dan perkembangan terkini. Khususnya yang berhubungan dengan manajemen dan bisnis.

Karena ilmu pengetahuan semakin berkembang. Orang yang sekedar pintar bisa kalah bersaing dengan orang yang selalu haus dan tekun untuk belajar.

Universitas Dengan Jurusan Manajemen Bisnis Populer Di Indonesia

Kampus Untuk Jurusan Manajemen Bisnis

Sampai di sini, kami anggap kamu sudah paham tentang plus minus jurusan manajemen bisnis. Mulai dari prospek karir hingga karakter yang harus dimiliki.

Sekarang saatnya memilih universitas tempatmu belajar ilmu manajemen dan bisnis. Berikut ini ada 4 universitas populer di Indonesia yang memiliki jurusan manajemen bisnis.

Check this out.

1) Institut Teknologi Bandung (ITB)

Salah satu universitas negeri populer yang memiliki jurusan manajemen bisnis adalah ITB.

Di sini kamu bisa memilih program studi Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) yang terbagi ke dalam dua bagian yakni:

2) Institut Sepuluh November (ITS)

Lulusan program manajemen bisnis ITS diarahkan untuk memiliki skill bisnis, problem solving, dan kemampuan adaptasi terhadap dinamika bisnis.

Di ITS, setiap mata kuliah selalu disesuaikan dengan perkembangan terkini.

3) Universitas Sebelas Maret (UNS)

Kampus berikutnya yang juga memiliki jurusan manajemen bisnis adalah UNS. Program studi manajemen bisnis UNS hanya dikhususkan untuk jenjang diploma (D-3).

4) Universitas Bina Nusantara (Binus University)

Terakhir ada Universitas Bina Nusantara (BINUS). Di Indonesia, lulusan program manajemen bisnis BINUS sudah banyak yang bekerja di perusahaan ternama.

Tidak sedikit juga yang memilih merintis usaha sendiri.

Kesimpulan

Banyak orang beranggapan bahwa manajemen bisnis adalah jurusan paling aman sepanjang masa. Alasannya karena banyak lowongan pekerjaan yang tersedia untuk jurusan ini.

Tapi coba kamu pikirkan lagi.

Semakin banyak orang yang tertarik di jurusan ini, pastinya akan membuat kompetisi menjadi lebih ketat. Karena perusahaan pun akan punya banyak pilihan.

Intinya. Kamu tetap harus punya knowledge dan skill mumpuni jika ingin memiliki karir yang baik. Jadi jangan berpikir kalau ini adalah jurusan nyaman dan aman.

Bisa?

Report

What do you think?

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Keunggulan Jurusan Ilmu Komunikasi

5 Keuntungan Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi

beli tiket pesawat murah

Beli Tiket Pesawat, Percayakan Traveloka Sebagai Travel Agent Jaman Now