in

Inilah Pentingnya Investasi Leher ke Atas bagi Milenial

Apakah kamu sudah memulai investasi leher ke atas?

Bagaimana menurutmu tentang investasi leher ke atas? Sebelumnya kita lihat dulu yang satu ini. Melihat perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat hidup semakin mudah ya. Ketika mager namun lapar mendera, kita masih bisa kenyang hanya dengan scroll naik turun layar smartphone. Tadaaa! makanan yang diinginkan sudah siap di depan pintu.

Mencari transportasi pun bisa dilakukan sambil bersiap-siap berangkat. Tidak perlu menunggu di pangkalan yang kadang membuang waktu seperti dulu. Semua menjadi serta praktis dan efisien. Di era seperti saat ini, metode pemasaran memang banyak mengalami pergeseran.

Agar tak tergerus zaman, kita pun harus berbenah. Salah satunya dengan investasi leher ke atas alias meng-upgrade skill diri. Ya, masa kalah canggih sih dengan smartphone!

Mengapa Upgrade Skill Diri Penting?

Seperti yang disebutkan di atas, meningkatkan keterampilan diri itu sangat penting agar kita mampu bertahan dan tak tergilas perubahan zaman. Sebagai contoh, guru les yang sebenarnya berkualitas namun tak menyelaraskannya dengan teknologi, ‘hanya’ mengandalkan promosi tradisional dari mulut ke mulut pasti akan kalah dengan mereka yang melaju melalui teknologi.  Akhirnya hasil yang didapat tidak maksimal karena terkendala jarak dan permasalahan klasik sistem pemasaran secara tradisional.

upgrade diri , investasi leher ke atas
Smartphone saja upgrade. Kita?

Beberapa alasan tentang pentingnya investasi leher ke atas, antara lain;

1. Sebagai tuntutan zaman untuk bisa hidup selayaknya.

2. Semakin diri kita menguasai beragam ketrampilan semakin mudah pekerjaan-pekerjaan untuk diselesaikan.

Tidak hanya para tulang punggung yang harus berbenah, kita sebagai generasi yang mungkin belum memiliki tanggung jawab sebesar mereka pun harus berubah.

Cara termudah upgrade kualitas diri ialah dengan mau mengorbankan sesuatu yang kita miliki untuk mendapatkan ilmu yang kita butuhkan. Ya, bisa dibilang investasi leher ke atas. Sesuatu yang kita korbankan beragam bentuknya, bisa dalam bentuk uang, waktu atau hal berharga lain.

( Baca juga: Inilah 10 Skill yang Paling Dibutuhkan di Tahun 2020, Kamu Sudah Memilikinya? )

Hal inilah yang perlu diperhatikan saat memperbaiki kualitas diri

investasi leher ke atas

1. Ubah mindset

Ubah mindset dari fixed mindset menjadi growth mindset. Ubah kalimat tidak bisa dengan saya bisa asal mau mencoba dan tidak menyerah berusaha.

2. Cari skill yang paling dibutuhkan

Di masa sekarang ini informasi begitu mudah masuk. Kalau kita tidak tahu persis tujuan dan apa saja yang dibutuhkan bisa-bisa kita hanya terombang-ambing arus.

3. Sebelum mengeluarkan uang, cari alternatif lain

Sebelum mengeluarkan uang untuk mendapatkan sesuatu, kamu bisa kok mulai mencari yang gratis dulu sambil memantapkan hati untuk benar-benar membeli/mengikutinya. Misalnya, ada workshop seputar keuangan. Antara kelas berbayar dan gratis memang berbeda ya, ada harga ada value yang kita terima. Tetapi kalau hanya untuk menjawab rasa penasaran ya why not mulai dari yang gratis dulu.

Misal lagi nih, kamu mengincar sebuah buku yang menurut orang-orang bagus sekali. Tetapi kamu belum yakin karena seluruh isi buku belum kamu baca. Apa yang harus dilakukan? Kamu bisa mengunduh aplikasi yang menyediakan peminjaman buku gratis untuk mencari buku yang bikin kamu penasaran. Lumayan kan kalau setelah baca ternyata kamu kurang tertarik? Ini hanya beberapa contoh agar kamu tidak  membabi buta dalam rangka upgrade skill diri.

( Baca juga: Ingin Meningkatkan Skill? Inilah 7 Online Course yang Bisa Kamu Coba )

4.  Pelajari Keterampilan yang Belum Pernah Kamu Coba. Tantang Dirimu!

Menantang diri dengan skill baru itu penting. Selain memperkaya pengalaman, hal ini juga bisa mengalihkanmu dari kebosanan. Tetapi meski setiap orang harus meng-upgrade diri agar bisa bertahan dengan perubahan jaman, jangan sampai kamu menantang dirimu untuk melakukan sesuatu yang tidak realistis. Menurut seorang mom blogger, Annisa Steviani, melalui story instagram yang ia bagikan ada empat kategori yang perlu dipahami sebelum memilih keterampilan baru.

  1. Sesuatu yang bisa dan kita senang melakukannya.
  2. Sesuatu yang suka tetapi tidak bisa kita lakukan.
  3. Sesuatu yang tidak disukai tetapi kita bisa melakukannya.
  4. Sesuatu yang tidak disukai dan tidak bisa kita lakukan.

Nah, selamat upgrade diri!

Ditulis oleh Amrih Priutami

Tukang momong yang hobi menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Mengoleksi Kartu Kredit, Kebutuhan atau Gaya Hidup?

bayu , masterchef

‘Terus Belajar’ adalah Kunci Kesuksesan Bayu MasterChef di Dunia Kuliner