Menentukan planning perjalanan wisata atau yang biasa disebut dengan itinerary terkadang memang terasa sulit untuk dilakukan sendiri. Sebaiknya ajak teman kamu yang sudah punya pengalaman membuat itinerary atau perencanaan perjalanan wisata.

Bicara mengenai wisata, kalau melihat generasi milenial seperti saat ini, wisata yang paling sering dikunjungi ya wisata alam. Tapi nggak sedikit orang yang juga suka banget sama wisata kuliner, apalagi wisata kuliner Pasuruan, Jawa Timur karena murah, enak, dan unik.

Kenapa di Pasuruan?

Artikel ini memang membahas tentang wisata alam Pasuruan dan wisata kuliner Pasuruan. Bukan hanya itu saja, saya juga mau bahas mengenai wisata ngehits di pasuruan. Yuk daripada penasaran seberapa ngehitsnya wisata di Pasuruan, simak terus deh, yak! Ini lho deretan wisata alam dan wisata kuliner baru paling ngehits di Pasuruan.

Pilihan Editor;

1. Bermain Air dan Berselfie Ria di Wisata Coban Baung Pasuruan

Coban Baung (Sumber: Advisor)

Coban itu apa sih? Coban alias air terjun, atau yang biasa dikenal curug adalah alternatif liburan yang cocok banget buat yang suka bermain air, ketimbang harus ke kolam renang terus, bosen ‘kan?

Nah, Coban Baung ini bisa jadi alternatif untuk berwisata menikmati indahnya air terjun setinggi 100 meter. Wisata ini ternyata sudah termasuk kedalam Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Baung, lho.

Wisata air terjun Coban Baung ini kalau sudah masuk waktu libur panjang atau weekend pasti selalu ramai pengunjungnya, bahkan di hari kerja pun banyak yang berkunjung. Pengunjungnya datang dari segala arah, bukan hanya dari Pasuruan saja, dari Jakarta juga banyak.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola terbilang sederhana, tapi cukuplah untuk mandi dan beristirahat atau bersantai-santai bareng mantan #ehh maksudnya teman dan keluarga. Untuk harga tiket masuk wisata Coban Baung ini murah banget cuy! Cukup bayar 5 ribu sudah termasuk parkir.

2. Ke Coban lain yang lebih Ngehits, mau nggak? Yuk Kita ke Coban Putuk Truno!

Coban Putuk Truno (Sumber: Ublik.id/Iman)

Setelah kita Coban Baung, kali ini kita ke Coban Putuk Truno. Bisa dibilang kalau wisata Coban Putuk Truno Pasuruan ini lebih pendek, cuma sekitar 45 meter saja tingginya.

Ternyata air terjun Putuk Truno ini terletak tepat di bawah kaki Gunung Arjuno dan Welirang yang juga masuk ke dalam kawasan Wisata Tretes. Kalau kamu mau ke air terjun satu ini, dijamin nggak bakal nyasar deh, karena air terjun ini jauh lebih ngehits dari air terjun Baung tadi.

Untuk harga tiket masuk wisata Coban Putuk Truno ini masih terjangkau. Kamu cukup bayar 10 ribu, sudah termasuk parkir dan kamu bisa masuk sambil menikmati indahnya pemandangan air terjun cantik di Pasuruan ini.

3. Udah Puas Main? Yuk saatnya Bermain Pasir Sejauh Mata Memandang Padang Pasir di Gunung Bromo

Photo: Instagram.com

Udah capek, kedinginan, menggigil bermain air di Coban Baung dan Coban Putuk Truno, sekarang waktunya buat main pasir. Kamu pernah nonton film Pasir Berbisik yang diperankan oleh mbak Dian Sastro yang cantik ‘kan? Nah lautan pasir di film itu letaknya ya di Gunung Bromo ini.

Bagi kamu yang belum pernah ke Gunung Bromo pasti pengen ke sana kan? Iyalah, tapi sama siapa ya? #eh. Yuk kenalan dulu deh sama Gunung Bromo. Gunung Bromo adalah salah satu wisata alam di kabupaten Pasuruan. Gunung di Jawa Timur yang memiliki ketinggian 2.329 Mdpl ini masuk ke dalam 4 kabupaten di Jawa Timur dan salah satunya adalah Pasuruan.

Gunung Bromo yang memiliki banyak pesona alam yang cantik dan menggoda ini cocok banget untuk tempat menyendiri dalam sayup-sayup angin lautan pasir seluas 10 km. Bukan hanya lautan pasir saja, golden sunrisenya pun bikin merinding saat ia menyapa dunia.

Nah bagi kamu yang mau kesana, aksesnya gampang banget. Nggak bakal bikin nyasar. Nah, untuk harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo pun sangat terjangkau. Saat weekday 28 ribu dan weekend 33 ribu. Cukup terjangkau dan sebanding dengan kepuasan yang didapatkan lah ya…

Lalu, misalkan sudah di Pasuruan dan mau nginep atau jalan-jalan dulu, tempat penginapannya di mana? Tenang saja, di sekitar alun-alun Pasuruan banyak hotel murah yang bisa kamu sewa untuk menginap. Eits, ini kan belum kelar bahas Bromonya, untuk penginapan murah di sekitar Gunung Bromo juga banyak. Jadi bagaimana? Mau kesana? Kapan? Yuk lah kita jalan berdua, menikmati indahnya romantisme kita yang sempat tertunda #ehhh

4. Ngecamp dulu di Camping Ground The Pines Taman Dayu

The Pines Taman Dayu (Sumber Ublik.id/Iman)

The Pines Taman Dayu juga termasuk wisata alam di Pasuruan yang lagi ngehits lho. Eksotis dan instagrammable banget. Bersumber dari banyak kawan di Pasuruan, ternyata Wisata The Pines Taman Dayu ini bisa dibilang Wisata Baru di Pasuruan yang punya banyak fasilitas kece.

Wisata The Pines Taman Dayu juga masuk ke dalam kawasan hunian, resort wisata, dan juga pusat bisnis Taman Dayu, dan The Pines itu adalah fasilitas camping yang disiapkan oleh pengelola untuk warga Pasuruan ataupun luar kota.

Tempat campingnya banyak, tapi yang paling ngehits ya cuma tiga, yaitu rumah pohon, rumah kayu, dan tenda di hutan pinus. Cocok banget untuk backpackeran bareng kamu #IyaKamu. Udah gitu biaya pun terjangkau pula. Hanya 300 ribu untuk rumah pohon dan bisa digunakan untuk 6 orang.

5. Melihat Golden Sunset di Pantai Lekok yuk

Golden Sunset di Pantai Lekok  (Sumber: Ublik.id/Iman)

Main air sudah 2x, main pasir sudah, kemping juga sudah. Lihat golden sunset di Pantai Lekok yuk. Yang namanya pantai, sekilas sama dengan pantai pada umumnya. Tapi, ini beda dengan pantai lainnya. Pantai Lekok Pasuruan ini punya golden sunset nan aduhai merona!

Bukan cuma itu, Pantai Lekok bukan pantai biasa. Coba kamu berkunjung saat hari lebaran ketupat. Kamu pasti bakal terpesona dengan pertunjukan rakyat sekitar pantai dan nama pertunjukannya itu adalah Celot, Ski Lot, alias Ski di atas lumpur. Eh, gimana cara main skinya? Penasaran ‘kan? Itu dia yang juga lagi ngehits.

Daripada kamu bingung dan penasaran gimana pertunjukannya, mendingan langsung aja deh yuk kita kesana yang letaknya di Kecamatan Lekok Pasuruan. Yang pasti, pertunjukan olahgara Ski Lot ini udah jadi tradisi budaya tradisional warga nelayan Pantai Lekok.

6. Menikmati Wisata Kuliner Rumah Makan Cairo Bangil

Salah satu menu di Rumah Makan Cairo Bangil (Sumber: Ublik.id/Iman)

Terasa kurang lengkap kalau lagi di Pasuruan tapi nggak menikmati wisata kuliner Rumah Makan Cairo Bangil. Setelah capek, lesu, dan lelah mondar-mandir ke lima tempat wisata di Pasuruan tadi, kini Sudah waktunya memberi kepuasan buat si perut ini. Nggak lengkap banget deh kalo lagi Traveling ke Pasuruan tapi nggak melipir ke Rumah Makan Cairo Bangil yang merupakan wisata kuliner Pasuruan yang paling favorit.

Kalau kamu makan di rumah makan ini pasti bingung mau makan apa, menunya banyak banget dan murah pula. Coba dong sebutin apa aja menunya, kan penasaran! Etttdah buju busrak, menunya banyak ah pegel tau ngetik ini artikel tapi kagak kelar-kelar. Yang pasti Kalo kamu lagi di Pasuruan, wajib banget mampir kemari.

Tiap hari rame banget pengunjungnya. Udah gitu cita rasa semua menunya duh bikin ini lidah terus bergoyang minta nagih, dan yang paling utamanya adalah kamu nggak perlu ngeluarin kocek gede buat makan di Rumah Makan Cairo Pasuruan ini. Kamu cukup ngeluarin kocek mulai 7 ribu aja udah dapet menu makanan nikmat banget! Btw, alamatnya gampang kok, Rumah Makan Cairo Bangil ini terletak di Jalan Untung Suropati No.6-8, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur.

Udah lah ya buat artikel ini, rasanya udah lengkap banget deh ngebahas Wisata Alam Pasuruan hingga Wisata Kuliner Pasuruan yang paling Ngehits dan maapkeun dah kalo artikelnya agak ngelantur kemana-mana, gpp kan yak? Iya gpp kok, apa sih yang Nggak buat Kamu #IyaKamu!

(Sumber gambar utama: dokumen pribadi)