Lebaran sebentar lagi nih. Untuk semua umat beragama Islam, momen lebaran memang jadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Bagaimana tidak, setelah puasa satu bulan lamanya, meahan haus dan lapar serta segala hawa nafsu. Akhirnya hari kemenangan itu tiba. Itulah mengapa hari lebaran memang jadi hari yang patut dirayakan oleh umat muslim.

Bagi kamu yang memiliki kesibukan dalam bekerja, memasuki masa-masa menjelang hari raya lebaran memang paling ditunggu. Alasannya adalah perusahaanmu biasanya akan memberlakukan cuti bersama. Waktu libur yang panjang itu bisa dibilang jadi salah satu waktu libur terlama sepanjang tahun. Eits, bukan cuma itu, perusahaan juga wajib memberikan Tunjangan Hari Raya atau yang biasa dikenal dengan THR.

Pilihan Editor;

Uang THR ini memang jadi suatu hal yang penting saat menyambut hari lebaran. Sudah senang dapet libur panjang, senang juga dapat kumpul bareng keluarga, jadi makin senang ketika semua itu ditunjang dalam bentuk uang yang bisa dibilang sangat cukup buat menyambut hari raya Idul Fitri.

Ada beberapa perhitungan untuk THR. Tapi yang jelas, berapapun uang THR yang kamu dapatkan, ada baiknya kamu atur supaya si THR tidak cepat habis dan pengeluaranya bisa teratur. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang baiknya kamu coba supaya dapat mengatur kondisi keuangan terkait THR-mu supaya tidak cepat habis.

1.Uang THR ya Untuk Hari Raya

Namanya juga uang Tunjangan Hari Raya, jadi harus kamu pakai untuk menunjang hari raya. Tidak disarankan menggunakannya untuk keperluan di luar hari raya. Jika kamu sudah menggunakannya untuk keperluan di luar hari raya, maka bisa jadi selanjutnya kamu akan terbiasa menggunakan uang THR untuk keperluan lain di luar hari raya.

Alhasil, uang THR-mu makin berkurang dan akhirnya benar-benar habis tanpa sisa. Tentu hal ini seharusnya kamu hindari ‘kan? Karena itulah, mulai bijaklah menggunakan uang THR mulai dari sekarang.

2.Buat Perencanaan Keuangan

Jika kamu menganggap ini terlalu berlebihan, sebaiknya tahan dulu ungkapan itu. Sebab, jika memang THR-mu ingin awet, maka perencanaan keuangan sangat penting kamu buat dan kamu terapkan. Coba buat list apa saja keperluaanmu selama lebaran. Tulis sedetail mungkin jangan sampai ada yang terlewat. Dari mulai ongkos mudik sampai bagi-bagi angpao untuk sanak keluarga.

Jika sudah dibuat perencaan keuangan, maka yang harus kamu lakukan adalah mengikutinya, jangan keluar dari perencaan yang sudah kamu buat sendiri. Sekali lagi, jika memang kamu tidak mau uang THR raib begitu saja tanpa kamu sadari. Oh iya, perencanaan ini khusus untuk THR saja ya, bukan untuk gaji pokok yang juga kamu dapatkan. Tujuannya adalah supaya, gaji pokokmu tetap awet.

3.Sisihkan dan Tabungkan

Uang THR itu biasanya diberikan H-10 dari hari raya Idul Fitri. Beberapa kantor bisa memberinya lebih dekat dengan Idul Fitri. Tapi, yang harus kamu lakukan adalah setelah menuliskan perencanaan, Segera tabungkan, jangan biarkan uang tersebut ada di dompetmu. Karena, kalau sudah ada di dompet, bisa jadi dengan tanpa sadar uang tersebut akan terus kamu pakai untuk keperluan-keperluan remeh yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.

Jika memang uang THR itu dikirimkan via transfer bank, maka yang harus kamu tanamkan dalam hati adalah komitmen terhadap perencanaan keuangan yang sudah kamu buat. Jangan coba-coba beri ‘toleransi’, atau uangmu bakal mengalir untuk hal-hal yang sebetulnya kurang penting.

4.Lunasi Dulu Hutangmu

Nah, kalau yang satu ini sih bisa dibilang wajib. Kalau memang kamu punya hutang dengan teman atau kerabat lain, ada baiknya kamu lunasi dulu semua hutangmu sebelum mengantongi THR. Coba ingat-ingat lagi berapa banyak kamu meminjam uang. Sebab, ketika THR sudah cair, itu artinya besar kemugkinan teman atau kerabatmu akan datang dan menagih hutangnya. Alih-alih mendapat banyak keuntungan saat hari raya lebaran, yang terjadi malah sebaliknya.

Nah, karena itulah sebaiknya akan jauh lebih baik kalau kamu tidak berhutang. Cukupkan rezekimu untuk keperluan sehari-hari karena ketika kamu memaksa untuk berhutang, maka  pada momen-momen seperti inilah kebahagiaan mendapat rezekimu akan hilang.

5.Sederhanakan Pengeluaran

Terakhir, sederhanakanlah segala pengeluaranmu saat menjelang hari raya atau sesudah hari raya lebaran. Karena, hal ini adalah kunci dari keberhasilan kamu menghemat pengeluaran saat hari raya lebaran. Jangan terlalu mudah ‘lapar mata’ melihat barang-barang diskon. Jangan membeli sesuatu yang memang belum kamu butuhkan hanya karena sedang mendapat rezeki yang berlebih. Mulailah hidup hemat, karena ketika kamu berhasil berhemat dengan THR-mu, itu artinya kemungkinan kamu bisa mengatur keuangan dengan nominal lebih besar dapat sangat mungkin kamu lakukan.

Itulah tadi 5 tips mengatur uang THR agar tidak cepat habis. Ingat, hari raya itu yang terpenting adalah memaknai kemenangan atas segala perjuangan yang sudah dilakukan selama bulan Ramadhan. Karena itulah jangan terlalu larut dengan segala keberlimpahan rezeki yang kamu dapatkan di hari raya. Karena momen lebaran sebetulnya adalah momen kamu mensyukuri nikmat dariNya.

Satu lagi, akan jauh lebih baik jika THR itu juga kamu sisihkan untuk bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Dengan begitu, THR-mu akan jauh lebih berkah. Satu lagi, siapa tahu dengan bersedekah, hal itu dapat menarik rezeki dari arah yang lain.

 

(Sumber gambar: Pixabay)