in ,

Benarkah Hobi Bisa Menjadi Pekerjaan Kita? Pelajari Dulu Hal Ini

Hobi Bisa Menjadi Pekerjaan pelajari dulu Ikagi

Hobi Bisa Menjadi Pekerjaan. Sering kita menemui sebuah kutipan kata perihal bila kamu bekerja sesuai dengan hobi, maka bekerja rasanya tidak seperti sedang bekerja. Hal itu membuat banyak orang kemudian berbondong-bondong menjadikan hobi sebagai pekerjaan. Tentu hal tersebut adalah respon yang positif: membuat manusia menjadi lebih kreatif serta kritis akan keinginannya sendiri dan bukannya menjadi budak dari standar kehidupan, yang entah sejak kapan bermula.

Namun benarkah hobi bisa menjadi pekerjaan kita? Mari kita bahas bersama-sama. Kita samakan frekuensi dulu ya, bahwa apa yang saya tulis ini menilik pada keadaan yang ada, kenyataan yang terjadi di lapangan, dan bukannya motivasi manis tidak realistis.

Sebab, sebetulnya memang semua motivasi itu manis, tetapi hanya pejuang saja yang tahu manis seperti apa yang dimaksud oleh quote-quote tersebut.

Bagaimana cara mencari tahu bahwa hobi kita bisa mejadi pekerjaan atau tidak? Jawabannya adalah dengan mencari ikigai. Semua orang barangkali sudah mendengar satu kata yang berasal dari Jepang ini. Namun tidak semuanya mulai mencari tahu dan mengaplikasikannya kepada hidup mereka. Pun, barangkali kamu juga sudah tahu, tetapi kenapa tidak diteruskan saja membacanya? Saya yakin pada setiap tulisan ada hal-hal baru yang selalu bisa ditemukan.

Setidaknya, membuatmu kembali mengingat yang pernah ingin dilakukan.

 

Apa itu Ikagi, Penjelasan tentang Ikagi, Kenali passion lewat ikagi
Ikagi, Sumber: github.com

Apa itu Ikagi?

Ikigai sendiri di Jepang didefinisikan sebagai ‘alasan untuk hidup’ atau ‘alasan untuk bangun di pagi hari’. Di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengapa kita perlu bangun lebih awal bukan? Itu memang kunci dari setiap perjuangan.

Hector Garcia, co-author dari ikigai mengatakan bahwa ikigai adalah rahasia Jepang untuk hidup yang panjang dan bahagia, menggambarkan persimpangan dari apa yang kamu kuasasi dan apa yang kamu sukai. Sedangkan secara harfiah dalam bahasa Jepang, ikigai sendiri berasal dari kata ‘iki’ yang memiliki arti kehidupan, serta ‘gai’ yang berarti nilai.

Ikigai menjawab keresahan-keresahan, menyatukan satu dari lain kepingan diri kita supaya menjadi utuh, sehingga punya motivasi hidup yang tinggi setiap hari. Seolah pagi adalah hal yang nikmat untuk disantap, ya, walau semua orang pasti merindukan malam. Karena lagi-lagi, kita tak bisa mengelak pada hukum alam. Bahwa kehidupan selalu berjalan dengan dua sisi yang berdampingan, senang atau sedih, bahagia atau terluka, jatuh dan bangun. Namun sebagai manusia tentu kita punya kendali atas diri sendiri, bagaimana cara membuat diri kita merasa tetap baik-baik saja di tengah kemelut kehidupan.

Baca juga:

8 Tips Belajar Otodidak, Biar Makin Mudah Belajar Banyak Hal

Apakah Kita Menempuh Pendidikan Demi Mendapatkan Pekerjaan?

Ketika Pekerjaan Tak Butuh Ijazah, Haruskah Kita Kuliah?

Nah, ikigai hadir sebagai cara mencari celah supaya kamu tetap bahagia di tengah-tengah kerasnya kehidupan. Sebab yang akan kamu lakukan setelah mengetahui ikigai-mu adalah hal yang benar-benar kamu mau lakukan.

Ikigai adalah konsep hidup yang menggabungkan dari empat elemen yang ada. Mari pahami gambar berikut ini:

1. Passion

Hobi bisa menjadi pekerjaan, Apa itu Ikagi
Hobi bisa menjadi pekerjaan

Passion adalah gabungan dari what you love dan what you are good at. Yang mana itu berarti, apa yang kamu sukai, hobimu, hal-hal yang membuatmu seolah lupa waktu ketika mengerjakannya. Hal-hal yang apabila kamu lakukan akan membuatmu utuh, penuh, dan berenergi. Dengan what you are good at, apa yang kamu kuasai, apa yang bisa kamu lakukan dari hobi tersebut.

Misalnya saja, kamu hobi sekali menggambar, kamu akan lupa waktu saat mengerjakannya. Kemudian kamu paling jago membuat gambar kartun atau anime, lalu kamu memutuskan membuat sebuah komik.

Maka inilah yang disebut passion, melakukan apa yang kamu sukai dengan amat sangat.

2. Profession

Tips agar Hobi Bisa Menjadi Pekerjaan Kita
Hobi memasak bisa menjadi chef handal

Bila kamu sudah menemukan passion, maka langkah selanjutnya yang harus kamu cari adalah, what you can be paid for, apa yang membuatmu dibayar dengan melakukan hal yang kamu sukai dan kamu kuasai?

Inilah yang harus kamu cari, semua hobi punya peluang, semua kesukaan selalu punya peluang. Kendati kamu suka bertanam saja misalnya, peluangnya juga cukup banyak, tak perlu mencari jauh-jauh, barangkali kamu bisa memulai dengan menjual makanan sehat dan murah karena dari pekarangan sendiri, sehingga orang-orang tidak melihat yang sehat selalu mahal.

Kalau kamu membuat komik tadi dan dibayar karena diterbitkan di suatu penerbit atau laku keras di platform digital, maka kamu sudah bisa disebut sebagai komikus dan ini adalah profession.

3. Vocation

What the world needs. Apa yang dunia butuhkan? Semua bermula dari sini, sebab semua produk akhirnya memang diperuntukkan untuk orang lain. Jadi, kamu harus tahu, apa yang orang lain butuhkan, apa yang sekarang ini sedang amat dibutuhkan orang lain. Apa yang sedang digandrungi khalayak, sesuai dengan passion-mu.

4. Mission

Ketika kamu memiliki hal yang kamu senangi dan hal tersebut adalah yang dibutuhkan dunia atau banyak orang, maka hal tersebut adalah misi. Misi ini, menurut saya adalah hal apa yang ingin kamu lakukan.

Seperti halnya komikus tadi, ia mencintai menggambar, dunia membutuhkan komik anak-anak dan dia menguasainya, lalu ia membuat komik dengan harapan semoga apa yang ia gambar bisa memperbaiki akhlak anak-anak. Nah, inilah yang disebut misi.

Sehingga apa yang kamu lakukan memiliki arti.

Namun pada kenyataannya di lapangan, tak semudah itu memperjuangkan Ikigai. Ya, semua orang percaya hal itu, perlu usaha keras untuk mengaplikasikan Ikigai pada karir. Namun bukan pula hal yang mustahil.

Ikigai hadir bukan sebagai rahasia percepatan seseorang untuk sukses. Melainkan sebagai konsep berpikir, agar seperih apa pun perjuangan, kita tetap memperjuangka impian karena telah terlebih dahulu memandang masa depan. Lagi-lagi, seorang pemimpi adalah ia yang melihat peluang kesuksesan yang tidak bisa dilihat orang lain.

“Bukankah dahulu orang-orang yang sukses itu hanyalah seorang anak yang bahkan tak dapat mengurus dirinya sendiri. Yang bergantung kepada orang tuanya dan mereka hanyalah pemimpi yang diperolok orang-orang sekitar, karena impiannya masih menjadi hal yang tak mungkin. Lantas, mengapa kita harus menyerah sekarang?”

(Ketika Kau Kira Takdir Menyakitimu, Halo Oys dan Mimia Mia)

Ikigai juga bukan pula hal yang harus selalu berkaitan dengan pekerjaan. Semua orang dibentur oleh kenyataan, tak peduli betapa inginnya melakukan sesuatu, tetapi bila takdir belum berkenan memberikan, maka hal yang seharusnya kita lakukan adalah mengaplikasikan ikigai untuk kepuasan batin. Yang mana bayarannya tak selalu uang, tetapi hal yang jauh lebih berharga.

Hal yang akan membuat hidup menjadi lebih berwarna kendati penat akan rutinitas yang menjemukkan.

Sebab bila Ikigai hanya dipakai untuk karir, bagaimana dengan seorang atlit yang memiliki karir relatif lebih pendek?

Dai Tamesue, juara lari gawang yang pensiun pada tahun 2012 mengatakan bahwa pertanyaan yang ia layangkan kepada diri sendiri, pertama kali saat pensiun adalah. “Apakah yang ingin saya capai lewat olahraga?” Sehingga jawabannya membuat Dai Tamesue memulai sebuah perusahaan yang berkaitan dengan olahraga.

Jadi, apakah hobi bisa menjadi pekerjaan kita? Bisa saja, semua bisa kita lakukan, tetapi perihal kesabaran beda cerita, itu kamu yang tentukan. Pun, tentang keadaan, hanya diri sendiri yang tahu, bisakah hobi itu menjadi pekerjaan.

Hidup ini adalah tentang kita menjalaninya, sukacita atau bersedih hati adalah hal yang bisa kita pilih. Sedangkan ujian adalah kehendak Tuhan dan tidak bisa kita atur.

Report

What do you think?

Participant

Written by Halo Oys

Years Of MembershipCommunity ModeratorVerified User

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

tips belajar otodidak dengan mudah di Internet

8 Tips Belajar Otodidak, Biar Makin Mudah Belajar Banyak Hal

Tips Agar Waktumu Menjadi Maksimal dan Beberapa Kesalahan Memanfaatkan Waktu