in

Inilah Harga dari Sebuah Kesuksesan, Kamu Siap Membayarnya?

Ada harga yang harus dibayar untuk sebuah kesuksesan

Sahabat Ublik, tidak peduli apa pun yang kamu inginkan, sebesar apa kesuksesan yang ingin diraih, serta dalam bidang apa kesuksesan ingin digapai. Kamu selalu dituntut untuk membayar harga dari sebuah kesuksesan. Dan ini pasti, tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Sebab, orang besar tidak lahir tanpa konsekuensi. Seperti ketika semakin tumbuh dewasa, konsekuensinya adalah kamu harus bisa menghidupi diri sendiri. Dan itulah harga dari sebuah pertumbuhan. Hal ini wajar, kamu hanya perlu menjadi terbiasa dan bahkan seiring waktu berlalu kamu bisa mengatasinya.

Kuncinya hanya tidak boleh takut. Hadapi ketakutan itu untuk menemui kesuksesan.

Lalu, hal apa saja yang menjadi harga dari sebuah kesuksesan? Kamu harus baca ini sampai habis, agar dapat bersiap-siap dari sekarang. Atau barangkali tulisan ini mampu menghibur hatimu ketika salah satu hal ini terjadi dan membuatmu sedih. Berbahagialah, selamat kamu sedang berada di jalan menuju kesuksesan.

Akan lebih sering tidur larut dan bangun lebih pagi

Bagi seseorang yang sudah menyiapkan rencana-rencana setiap harinya, atau biasa kita sebut to do list. Mereka akan benar-benar sibuk menghabiskan waktu untuk menyelesaikan hal ini. Agar goals yang sudah direncanakan tercapai tepat waktu atau tidak terlalu lama dari waktu yang sudah ditentukan.

Mereka biasanya akan tenggelam dalam kesibukan sampai tidak merasakan kantuk, bahkan tidak sadar waktu. Dan malah biasanya meski mengantuk, tubuh ini seolah masih ingin terus berjuang karena kesuksesan sudah terlihat amat dekat di depan mereka. Atau bahkan membayangkan senyum orang tua ketika keberhasilan itu dicapai, membuat diri sendiri terasa tidak punya batas lelah. Semua akan terbayar tuntas, dan dia tidak sabar melihat senyum bahagia itu.

Bukan berarti kamu harus tidur larut malam. Hanya saja waktu tidur akan semakin sedikit. Dan yakinlah, bahwa ketika kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan, hendak tidur saja merasa sayang-sayang akan waktu yang terbuang. Namun, ingatlah untuk tetap tidur.

tidur , harga kesuksesan
Tidur larut dan bangun pagi (Sumber gambar: Pixabay)

Akan lebih banyak menemui teman baru, sedangkan sahabat semakin berkurang

Banyak sekali teman baru yang akan kita temui sejalan dengan tempat yang kita datangi atau kegiatan yang kita ikuti. Namun tidak semua sahabat lama akan sejalan dengan kita, mereka punya kegiatan dan tujuan sendiri. Kalian akan sama-sama saling menggapai mimpi dan sibuk sendiri-sendiri. Dan itu wajar. Hanya saja, ketika kamu menemui hari di mana sahabat lama meninggalkanmu sendirian berjuang. Percayalah, kamu harus berbahagia. Karena semesta sedang menunjukkan kepadamu, siapa sahabat sejati itu. Tidak mengapa, sekali lagi ini wajar. Semua orang akan tahu sahabat sejati pada fase ini.

Harus kebal dengan cibiran orang

Semakin tinggi sebuah pohon maka akan semakin kencang angin menerpa. Pepatah ini bukan hanya omong kosong. Kita tahu, banyak orang terkadang selalu ingin menjatuhkan, tidak ingin tertinggal dalam yang namanya kesuksesan. Parahnya hal ini bisa datang dari orang-orang yang kita percayai sebuah cerita tentang impian kita.

Atau bahkan orang yang sama sekali tidak tahu, apa sebenarnya impian kita dan seberapa pentingnya menggapai itu semua. Mereka tidak tahu bahwa kita akan menjadi debu tanpa impian itu. Tak apa. Ketahuilah, bahwa orang-orang itu hanya sedang bosan dan mencari cara melarikan diri dari kebosanan itu. Atau malah sedang iri karena kamu punya impian dan tahu cara mencapainya. Berusahalah untuk tidak mendengar ucapan-ucapan yang menjatuhkan, jauhilah sementara orang-orang beracun semacam itu jika kamu tipe yang amat sensitif. Tetapi kusarankan untuk menghadapinya. Karena kamu akan selalu menemui tipe orang seperti ini.

kesendirian , harga kesuksesan
Kesendirian sebagai harga kesuksesan

Banyak melewati hari-hari dengan kesendirian

Ketika kamu memutuskan untuk menggapai impian, biasanya hal itu diikuti oleh pergi merantau ke kota orang sampai ke negara lain. Kamu tidak lagi bisa menjadi seseorang yang ke kamar mandi saja harus mengajak teman. Kamu harus menerima kenyataan bahwa akan melalui semua seorang diri. Bahkan harus menghadapi masalah dengan tangan sendiri. Kuatkanlah hatimu, kesuksesan ini bukan hanya kamu yang menanti, tapi ada dua malaikat yang sedang mendoakan siang dan malam, bahkan menahan rindu dan kecemasan demi membiarkanmu meraih impian.

Kehilangan waktu berharga dengan keluarga

Ya, ada waktu di mana kamu benar-benar ingin pulang. Merasakan kenyamanan serta keamanan di tengah-tengah keluarga. Rindu berbagi canda tawa. Rindu masakan ibu. Kamu akan banyak melewatkan waktu dan cerita tentang keluarga.

Beruntunglah saat ini kita sudah difasilitasi teknologi canggih sehingga bisa bertatap muka meski hanya lewat ponsel. Isilah energimu dengan menghubungi orang-orang tercinta setiap kamu ada waktu.

Membiasakan diri untuk lebih disiplin

Mencapai kesuksesan berarti kamu harus belajar untuk lebih disiplin. Sebab disiplin adalah kunci kesuksesan. Kedisiplinan membuat kita mampu mengatur waktu dan mematuhi aturan yang kita buat sendiri. Akan lebih susah ketika kita mematuhi peraturan yang dibuat sendiri, karena tidak ada yang akan memberimu sanksi. Namun, motivasi yang kuat biasanya akan membuat kita menghargai waktu.

Terlebih lagi ketika jauh dari keluarga, kita dituntut untuk disiplin mengatur keuangan. Karena kalau tidak mengaturnya dengan baik, tiba-tiba belum habis bulan sudah tidak punya uang.

Kamu punya pilihan, untuk meneruskan impian dan keluar dari zona nyaman. Atau kembali ke zona nyamanmu dan melihat orang-orang pergi satu per satu. Sebab, semua orang pada akhirnya akan tetap pergi menggapai impian mereka masing-masing. Kamu hanya perlu tahu bahwa hal ini wajar terjadi di usia yang semakin dewasa. Jangan takut.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

hal remeh kualitas hidup

Dianggap Remeh, 7 Hal Ini Berpengaruh pada Kualitas Hidupmu

gagal SNMPTN , bukan akhir

Gagal SNMPTN Bukan Akhir Segalanya, Berikut Tips untuk Bangkit