in

Gagal SNMPTN Bukan Akhir Segalanya, Berikut Tips untuk Bangkit

Gagal SNMPTN bukan akhir segalanya

Gagal SNMPTN memang bukan hal yang membahagiakan buat yang baru lulus SMA dan ingin menapaki jenjang baru sebagai mahasiswa. Begitu upaya sudah dilakukan dan nama universitas impian pun berulang kali masuk dalam doa, tapi ternyata hasilnya tak sesuai harapan, apa jadinya? Sedih dan kecewa itu wajar. Mau menangis juga bisa dimaklumi. Buat kamu yang sedang atau pernah mengalaminya, pasti paham rasanya.

Seperti kegagalan dalam hal lain di kehidupan ini, meski tidak diinginkan, di sana ada banyak hikmah dan pemaknaan tersendiri. Begitu juga kegagalan menembus seleksi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Tapi untuk bisa memaknai kegagalan, terkadang kita butuh proses yang tidak sebentar. Bahkan harus menjalani seleksi di tahun berikutnya sampai bisa masuk ke kampus idaman. Sesudah itu, drama-drama menjelang pergantian status jadi mahasiswa itu tinggal kenangan saja karena sudah fokus dengan aktivitas di bangku kuliah yang super padat.

Baca juga:

Idealnya sih mungkin begitu, tapi ya tidak menutup kemungkinan kalau ternyata begitu masuk kuliah—setelah proses masuk yang susah itu, malah bertemu masalah baru: merasa salah jurusan. Eh tapi itu perkara lain ya? Untuk tidak membuat tulisan ini lebih panjang dari yang seharusnya, mari kita simak langsung tips untuk bangkit dari kegagalan SNMPTN.

Evaluasi Dirimu dan Tetap Bersikap Tenang

Kita mulai dengan tips yang sebenarnya terdengar sangat umum, tapi inilah titik yang penting supaya dirimu lebih menyadari berbagai hal. Evaluasi dirimu, jangan-jangan selama ini mengimpikan sesuatu yang belum tepat. Karena gengsi atau mengikuti pendapat kebanyakan orang, jadi lupa dengan jati diri. Contoh sederhana: kamu anak SMA jurusan IPA dan punya minat dan bakat yang tinggi di bidang seni rupa, mengapa harus mendaftar di kedokteran? Hanya karena orang tua meminta itu.

Salah strategi ini bisa menjadi ‘pola umum’ penyebab gagal SNMPTN. Untuk mereka yang nothing to lose saja dengan hasilnya, tentu tidak terlalu bermasalah. Lain halnya dengan yang sudah mengharap hasil terbaik, tapi kenyataan berkata lain. Barangkali benar bahwa mempersiapkan kemungkinan terburuk itu, tidak ada mapelnya di sekolah. Tapi kita tetap harus bisa menghadapi ujiannya.

Bagaimanapun adanya, daripada larut dalam kesedihan karena belum lolos SNMPTN, mendingan segera evaluasi diri dan cepat move on ke jalan yang lain. Yang pasti, belum lolos SNMPTN masih banyak kesempatan lain. Bisa ikut SBMPTN, Ujian Mandiri universitas, mendaftar di PTS, atau bahkan di kampus luar negeri.

jangan menyerah , gagal SNMPTN
Jangan menyerah karena gagal SNMPTN (Sumber gambar: Pixabay)

Mencoba Pengalaman Baru dengan Bekerja

Bekerja setelah lulus SMA sepertinya memang bukan pilihan umum karena keahlian yang belum siap betul. Apalagi faktor lingkungan atau pertemanan yang umumnya mendukung untuk kuliah dulu. Tapi jangan salah, berani membuat pilihan yang tidak banyak diambil orang itu juga bisa jadi hal yang luar biasa. Itu bisa menempa mentalmu menjadi lebih tangguh dan melihat realitas hidup yang sebenarnya.

Tidak masalah kerja apa, karena ini hanyalah fase penghubung atau ‘jembatan’ menuju masa depan yang ingin kamu wujudkan. Tidak perlu malu atau gengsi menjalaninya atau merasa kalah dalam berjuang, kerjakan apa yang memungkinkan dan perlu dikerjakan saat ini, dengan sebaik-baiknya.

kerja , gagal SNMPTN

Miliki Mindset Baru Soal Kegagalan

Khususnya kamu yang baru saja menerima hasil dari pengumuman SNMPTN 2019 dan belum sesuai harapan, sekali lagi, gagal SNMPTN memang bukan akhir segalanya. Bukankah masih banyak tantangan hidup selanjutnya yang bakal kamu hadapi? Bukankah gagal itu berarti menunjukkan pola yang salah dalam proses mencapai sesuatu? Miliki pikiran terbuka. Bagaimanapun, kegagalan adalah ‘shock therapy’ yang baik untuk menempa mentalmu. Kegagalan SNMPTN juga akan melahirkan sebuah cerita yang berkesan di kemudian hari, tentang perjuangan untuk menaklukkan cita-cita.

Buat kamu yang memilih untuk tidak menyerah, nantinya bakal menyadari bahwa ada rencana yang lebih indah dan menemukan alasan untuk bersyukur pernah gagal SNMPTN. Gagal adalah bukti bahwa kamu pernah mencoba. Asalkan tetap yakin dengan kesempatan berikutnya.

Satu lagi, pahami bahwa kamu tidak sendiri. Untuk segala hal menyedihkan itu, percayalah di luar sana ada yang mengalami hal serupa atau bahkan lebih parah. Tetap berkumpullah dengan orang yang positif, jangan mudah menyerah dengan keadaan. Apa pun yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

harga, kesuksesan

Inilah Harga dari Sebuah Kesuksesan, Kamu Siap Membayarnya?

[Ruang Fiksi] Sebuah Catatan untuk Teman Seperjuangan