in

Gagal SBMPTN dan Ujian Mandiri, Harus Gimana Lagi?

Ngulang SBMPTN tahun depan, worth it nggak sih?

Pertama-tama selamat untuk kamu, pembaca Ublik yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan kamu, terutama lewat jalur SBMPTN. Selamat juga untuk kamu yang masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) impian kamu. Aku pun akan mengucapkan selamat pula untuk kamu yang belum dinyatakan lulus dan mendapatkan kesempatan tahun ini untuk mencicipi bangku kuliah. Lho kok begitu? Kenapa? Santai, di sini aku nggak akan menyemangatimu dengan satu juta kata klise untuk terus bersemangat, bahagia dan bersyukur. Aku tahu kamu pasti merasa gagal, sedih dan lagi nggak semangat. Rasa sakit yang sedang kamu hadapi ini obat terbaiknya adalah waktu, ini scientific fact, kok.

Tapi bagaimanapun, kamu harus berusaha untuk cepat move on dan berpikir ke depan. Nah, sekarang yang mau aku tanyakan, jadi, setelah ini kamu mau bagaimana? Apa yang mau kamu lakukan? Terus coba tes-tes baru atau mau mengulang lagi? Nah, untuk kamu yang berpikir mau mengulang lagi, mau coba lagi tahun depan demi PTN impian, tulisan ini exactly what you need to read! Di sini aku akan mencoba untuk memberi informasi mengenai apa yang sedang kamu galauin ini berdasarkan pengalaman yang aku alami.

ui , universitas indonesia

 

Ada beberapa hal yang biasanya digunakan sebagai alasan malas mengulang:

1. Buang-buang waktu, sayang satu tahun dibuang sia-sia, belum tentu juga tahun depan lulus.
2. Malas dan muak belajar lagi hal yang sama untuk kedua kalinya.
3. Dilarang orang tua.
4. Malu sama teman-teman kalau mengulang.
5. Merasa memang tidak mampu untuk masuk PTN impiannya.

Aku tahu banget bagaimana beratnya mengulang SBMPTN, tapi menurutku lebih berat untuk meninggalkan impian. Menurutku, waktu satu tahun untuk mengulang itu sama sekali tidak buang-buang waktu dan sama sekali tidak perlu untuk disayangkan. Satu tahun itu waktu yang sangat sebentar dan nggak akan berasa melewatkannya.

Banyak orang yang membutuhkan waktu 5-10 tahun untuk benar-benar mengetahui apa yang mereka inginkan. Nah, waktu satu tahun kamu itu mending kamu gunakan untuk benar-benar mencari tahu apa yang kamu inginkan. Kamu gunakan untuk belajar lagi supaya kamu bisa diterima di PTN impian kamu, daripada sekarang kamu kuliah di universitas apalagi program studi yang tidak benar-benar kamu inginkan. Bisa meraih mimpi itu ‘manis’ sekali rasanya. Jangan sampai kamu terpaksa masuk universitas dan program studi yang nggak benar-benar kamu mau dan membuat kamu malas-malasan kuliah, dan akhirnya malah tidak kunjung lulus, alias jadi mahasiswa abadi.

Faktanya pula, beberapa universitas populer di dunia seperti Harvard dan Princeton menyarankan untuk ‘nganggur’ dulu satu tahun sebelum kuliah. Kenapa bisa begitu? Karena berdasarkan pengalaman, mahasiswa yang pernah nganggur satu tahun ternyata memiliki prestasi yang lebih baik. Karena dalam waktu satu tahun itu dapat membantu mereka untuk belajar jauh lebih banyak, travelling, menonton film yang mereka inginkan, atau membaca buku selain buku pelajaran. Jadi waktu satu tahun itu tidak akan sia-sia dan bisa memililki banyak manfaat untuk kamu.

Yang kedua, soal belajar hal yang sama lagi. Aku tahu, untuk sebagian besar orang, belajar itu melelahkan dan membosankan. Tapi coba deh kamu nikmati prosesnya. Coba kamu rasakan perasaan bahagia ketika mengetahui hal baru. Kamu juga bisa mencoba metode belajar yang baru supaya belajarmu terasa menyenangkan. Apalagi sekarang banyak banget platform belajar online yang bisa kamu temukan. Lagipula, kamu nggak harus setiap hari belajar untuk SBMPTN dan membuka buku pelajaran. Kamu bisa belajar banyak hal baru dari berbagai buku, artikel, atau bahkan film.

Yang ketiga, dilarang orang tua. Kalau masalah ini aku mungkin tidak akan banyak membantu. Kamu bisa mencoba untuk memberikan argumen logis kamu mengenai alasan kamu ingin mengulang dan juga sebaliknya, kamu juga harus mendengarkan argumen mereka. Yang harus selalu diingat adalah kamu harus secara sopan dan baik-baik ya ketika mengungkapkan argumen kamu.

Alasan yang keempat adalah karena malu sama teman-teman kamu. Walaupun ini masalah paling remeh, tapi ini juga yang paling mempengaruhi mental kamu. Pasti kamu berpikir, mereka semua sudah kuliah masa aku belum. Nanti kalau dikucilkan sama teman-teman yang pada ngomong dunia perkuliahannya gimana? Well… hidup ini kan hidup kalian, kalian yang akan menjalani. Jadi, jangan sampai pendapat mereka menentukan secara mutlak jalan hidup kalian. Apalagi sampai kalian mengikuti keinginan teman kalian yang toxic. Mereka mau kamu kuliah di universitas yang sama dengan mereka demi alasan persahabatan, mereka menurunkan kepercayaan diri kamu ketika kamu memutuskan untuk ngulang, apalagi sampai menghina, merendahkan dan mempermalukan kamu. Kalau memang teman kamu berperilaku seperti itu, probably they’re not really the friends you want to hangout with for the rest of your life anyway.

mengulang-sbmptn
Mengulang SBMPTN? Yakinkan dirimu!

Alasan kelima, merasa bahwa kamu memang tidak sanggup dan tidak akan bisa lulus SBMPTN. Dari semua alasan di atas, menurut aku yang satu ini adalah alasan yang paling berbahaya. Gagal dan membuat kepercayaan diri kamu hancur. Sudah banyak orang yang mengatakan bahwa kegagalan dalam hidup itu penting. kenapa? Supaya kita bisa belajar dari kegagalan dan akhirnya (dengan attitude yang baik) you’ll be a better or wiser person.

Tidak lulus SBMPTN merupakan salah satu kegagalan yang aku alami. Tetapi dari kegagalan itu, banyak sekali hal yang aku pelajari. Dari kegagalan itu juga aku merasa mulai tumbuh menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Belajar berharap dan menerima keadaan, untuk mebuat keputusan, belajar untuk lebih sabar, belajar untuk tidak sombong, tidak mudah putus asa, dan masih banyak banget hal lain yang aku pelajari. Akhirnya dari semua pelajaran yang aku dapatkan, aku diterima PTN impian aku. Aku percaya, lebih cepat kamu merasakan kegagalan, maka akan lebih cepat pula kamu belajar dan tumbuh dibandingkan mereka yang belum pernah mengalami kegagalan.

Jadi untuk kamu pembaca Ublik yang memiliki niat untuk mengulang tahun depan, tetap semangat, jangan takut untuk menentukan keputusan dan berharap. Jangan lupa harapannya harus disertai doa dan usaha agar semuanya menjadi seimbang. Gunakan waktu satu tahun kalian sebaik mungkin untuk belajar banyak hal, travelling, nonton film, dan sebagainya. Gunakan waktu satu tahun kalian untuk mencari strategi belajar yang tepat agar bisa lulus SBMPTN di universitas impian kamu tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ui , universitas indonesia

Viral Gaji 8 Juta, Ini Realitas Jadi Mahasiswa UI

tips hiudp damai tanpa hutang atau pinjaman uang

5 Kiat Hidup Damai Tanpa Pinjaman Uang