Kalau kita menyangka Indonesia adalah sebuah negara besar dengan segala macam kekayaannya, maka hal itu adalah fakta dan memang benar adanya. Tapi kalau pertanyaannya adalah apakah Indonesia sebuah negara yang terkenal di dunia, maka sepertinya hal itu masih jauh panggang dari api. Sebab walau dengan segala kekayaannya tersebut, Indonesia masih belum termasuk negara populer di luar negeri.

Walaupun status Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia, negara kepulauan terbesar di dunia, negara dengan populasi terpadat ke empat di dunia atau hal-hal bombastis lainnya. Tetap membuat nama Indonesia tidak terangkat di pikiran orang-orang luar. Mereka bahkan lebih tau Bali ketimbang Indonesia. Yap, beberapa orang menyangka Bali adalah sebuah negara sendiri. Dan tidak tahu jika Bali adalah sebuah pulau yang berada dalam negara dengan bendera merah dan putih itu.

Pilihan Editor:

 

Nah, jika namanya saja sulit untuk terkenal, bagaimana memerkenalkan hal-hal lain macam kebudayaan, kesenian, hingga musik? Butuh ekstra kerja keras supaya segala hal tentang Indonesia bia terekspos di luar negeri. Tapi, entah mengapa beberapa hari terakhir ini, ciri khas Indonesia tengah viral di Amerika. Ciri khas tersebut sudah lumrah dan melekat di kehidupan masyarkat Indonesia. Hal itu adalah Dangdut! Sebuah musik khas Indonesia yang ternyata lagi digandrungi di negara Paman Sam.

Entah siapa yang mengawali. Tapi yang jelas dangdut viral di Amerika. Padahal, lagu dangdut kadang dikesankan kampungan dan selalu dianggap sebelah mata. Di sisi lain, beberapa masyarakat Indonesia menganggap kalau lagu-lagu Amerika adalah kiblat dari musik dunia. Musisinya disanjung dan lagu-lagunya dihapalkan. Yap, lagu dari Amerika sudah dicap sebagai lagu-lagu patut dengar dan patut hapal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Jadi, sangat menarik kalau lagu khas Indonesia justru tengah marak di negara yang digadang sebagai penghasil musik berkualitas terbaik di dunia.

Amerika Juga Punya Raja Dangdut

Rhoma Irama. Orang Indonesia mana yang tidak kenal dia. Rhoma adalah seorang maestro dangdut tanah air. Semua lagunya ngehits. Bukan cuma itu, lagu-lagunya itu seakan abadi di dunia musik dangdut Indonesia. Maka wajar kalau Rhoma Irama memiliki julukan Raja Dangdut di Indonesia atas kiprah dan karyanya.

Nah, di Amerika ternyata juga ada raja dangdut. Bukan, bukan karena dia punya karya musik dangdut yang begitu bejibun serta viral di sana. Raja Dangdut yang satu ini terkenal karena dia begitu mencintai lagu dangdut dan hapal banyak sekali lagu dangdut. Padahal dia asli Amerika dan tak fasih berbahasa Indonesia. Namanya Lexis Mazerski.

Lexis Mazerski, Raja Dangdut Amerika (Sumber: VOA Indonesia)

Bisa jadi di balik fenomenalnya lagu Dangdut di Amerika, karena Lexis turut andil di sana. Lexis tiba-tiba viral khususnya di Indonesia ketika mengunggah videonya yang tengah menyanyikan beberapa lagu berbahasa Indonesia. Unik, lucu dan sebetulnya membanggakan. Karena bagaimanapun yang dia nyanyikan adalah lagu berbahasa Indonesia.

Satu hal yang menarik, Lexis menamai dirinya Raja dangdut dari Amerika. Nama itu ia pilih untuk menamai channel Youtubenya yang sudah sangat populer di Indonesia. Sekarang, pria yang sudah berkunjung beberapa kali ke Indonesia itu terus menerus memviralkan lagu-lagu dangdut di Amerika. Fans berat Meggy Z itu pun bertekad untuk membuat warga Amerika turut menyukai Dangdut.

NSR Ada di Balik Viralnya Dangdut di Amerika

Setali tiga uang dengan Lexis, ada beberapa orang yang juga cinta dengan dangdut di Amerika. Kali ini hadir dari musisi Amerika. Salah satunya adalah Marina Mc Kenney, Maria yang beberapa kali menyanyikan lagu kebangsaan Amerika The Star Spangled Banner di beberapa kompetisi olahraga bonafit di Amerika itu keranjingan dengan lagu dangdut. Salah satu lagu dangdut yang pernah dia nyanyikan adalah Goyang Dumang dari Cita Citata.

New Sound Release Production (NSR) adalah label yang menaungi Marina dalam berkarya musik dangdut. Dia dan beberapa penyanyi lain dimanajemeni oleh label yang digawangi oleh seorang bernama Rissa Asnan. Menariknya adalah, Rissa Asnan dan NSR nya ini sudah ada sejak tahun 2004 lalu. Bahkan sejak tahun 2014, mereka bekerja sama dengan VOA Indonesia dan TVRI membuat sebuah ajang pencarian bakat untuk mencari penyanyi-penyanyi dangdut dari Amerika.

Penyebab Dangdut Viral di Amerika
Cuplikan video klip salah satu penyanyi dangdut asal Amerika (Sumber: Youtube/NSR)

Ketekunannya itu membuahkan hasil beberapa tahun terakhir ini. NSR sudah menggandeng beberapa penyanyi berpaspor Amerika untuk menyanyikan lagu-lagu Dangdut yang masih berbahasa Indonesia. Menariknya walau tidak fasih berbahasa Indonesia, mereka tetep enjoy dan menikmatik lagu dangdut. Sekarang Marina sudah rekaman lagu berjudul Separuh Hatimu. Selain itu penyanyi lain seperti Joelina Bee sampai Danniele Desiree juga menyanyikan lagu-lagu  dandgut berbahasa Indonesia dengan judul Sakit Tau karya Arya Bhima juga lagu Gelisah buatan Dorce Gamalama.

Danniele Desiree bahkan merilis lagu dangdutnya sendiri berjudul Kinyis-Kinyis yang diluncurkan oleh NSR.  Patut diketahui kalau Danniele Desiree adalah seorang penyanyi RnB yang namanya sudah cukup dikenal di sana.

Sekarang, sedikit demi sedikit lagu-lagu Dangdut khas Indonesia mulai diperdengarkan di penjuru-penjuru negeri Paman sam. Entah itu NSR dengan para artis nya atau Lexus secara tidak langsung seperti menjadi duta dangdut untuk  Amerika. Mereka secara senang hati menyanyikan sekaligus memperkenalkan lagu dangdut kepada publik Amerika.

Bagaimana Dengan Kita?

Musik memang tentang selera. Kita tidak bisa memaksakan selera musik masing-masing orang. Tapi yang patut ditekankan adalah, sebagai masyarakat Indonesia, akan terlihat kurang baik jika kita sendiri mencibir atau merendahkan lagu dangdut sebagai lagu khas Indonesia. Ketika di Amerika genre ini sedang happening dukungan dan harapan akan sangat baik jika kita sematkan. Sebab jika dangdut viral di Amerika dan semakin terkenal maka akan semakin terkenal juga negara kita di mata dunia khususnya Amerika.

Jadi, dari sekian banyak lagu dangdut yang ada di Indonesia dengan sejumlah musisi dangdut yang menyanyikannya. Lagu apa yang paling kamu suka dan nempel banget di otak kamu sampai sekarang?