in

Cublak-cublak Suweng, Lagu Dolanan yang Penuh Makna Kehidupan

Cublak-cublak Suweng adalah sebuah lagu dolanan yang dinyanyikan untuk mengiringi permainan tradisional. Di berbagai sumber sejarah menyatakan bahwa lagu Cublak-cublak Suweng diciptakan oleh seorang wali songo yaitu Syekh Maulana Ainul Yakin atau biasa dikenal dengan Sunan Giri sekitar tahun 1442 M. Cublak-cublak Suweng berasal dari daerah Jawa Timur. Pada masa itu Sunan Giri menyebarkan Agama Islam di Indonesia khususnya pulau jawa melalui jalur kebudayaan. Karena itulah Sunan Giri menciptakan lagu Cublak-cublak Suweng yang akhirnya di jadikan lagu dolanan pengiring permainan tradisional anak-anak.

‘Cublak Suweng’ sendiri memiliki arti tempat suweng. Suweng adalah bahasa jawa yang berarti anting, yang merupakan perhiasan perempuan. Sementara itu, sumber lain juga menyatakan Cublak-cublak Suweng memiliki arti tempat harta berharga, yaitu Suweng (Suwung, Sepi, Sejati) atau Harta Sejati.

(Baca Juga: Odong-Odong Sang Penyelamat Lagu Anak Indonesia )

Meski pada praktiknya Cublak-cublak Suweng dipergunakan sebagai lagu dolanan. Ternyata Cublak-cublak Suweng memiliki arti filosofi dan makna kehidupan yang mendalam. Syekh Maulana Ainul Yakin atau Sunan Giri memang menciptakan lagu dolanan ini untuk dapat menjadi falsafat kehidupan bagi masyarakat jawa.

Makna dan Lirik Cublak-cublak Suweng

Lirik cublak-cublak suweng
Anak-anak Bermain Cublak-cublak Suweng (Sumber: ngalam.co)

Lagu dolanan Cublak-cublak Suweng memiliki lirik sebagai berikut :

Cublak-cublak suweng,
Suwenge Teng Gelenter
Mambu Ketundhung Gudel
Pak empo Lera-lere
Sopo ngguyu Ndhelikake
Sir.. Sir pong dele kopong,
Sir.. Sir pong dele kopong.

Cublak Suweng artinya tempat Suweng. Suweng adalah anting perhiasan perempuan Jawa. Cublak-cublak suweng, memiliki arti ada tempat harta berharga, yaitu adalah Suweng (Suwung, Sepi, Sejati) atau Harta Sejati.

Suwenge Teng Gelenter artinya suweng berserakan. Harta Sejati itu yang merupakan kebahagiaan sejati sebenarnya sudah ada berserakan di sekitar manusia.

Mambu Ketundhung Gudel. Mambu = baunya , ketudhung = dituju, Gudel = anak kerbau. Artinya, banyak orang yang berusaha mencari harta sejati itu. Bahkan orang-orang yang bodoh (diibaratkan dengan Gudel atau anak kerbau) mencari harta tersebut dengan penuh hawa nafsu ego, keserakahan, tujuannya adalah untuk menemukan kebahagiaan sejati.

Pak empo Lera-lere. Pak empo = bapak ompong, Lera-lere = menengok kanan dan kiri. Orang-orang yang bodoh itu mirip orang tua ompong yang kebingungan. Meskipun hartanya sangat melimpah, ternyata harta itu palsu, bukan harta sejati ataupun kebahagiaan sejati seperti yang didambakan. Mereka kebingungan karena dikuasai oleh nafsu keserakahannya sendiri.

Sopo ngguyu Ndhelikake. Sopo ngguyu = siapa tertawa, Ndhelikake = menyembunyikan. Lirik ini menggambarkan bahwa barang siapa yang bijaksana, dialah yang menemukan harta sejati atau kebahagiaan yang sejati.

(Baca Juga: Beginilah Pengaruh Cerita Rakyat yang Didengar di Masa Kecil terhadap Karakter Bangsa )

Sir pong dele kopong. Sir = hari nurani, pong dele kopong = kedelai kosong tanpa isi. Artinya adalah di dalam hati nurani yang kosong. Memiliki makna bahwa untuk sampai kepada tempat harta sejati atau kebahagiaan sejati, Manusia harus melepaskan diri dari kecintaannya pada harta duniawi, rendah hati, tidak merendahkan sesama, dan selalu memakai rasa dan mengasah hati nuraninya.

Pada intinya, lagu dolanan ini mengajarkan untuk mendapatkan harta sejata atau kebahagiaan sejati tidak melulu menuruti hawa nafsu dan tidak serakah. Dengan hati yang bersih kita akan lebih mudah menemukan harta sejati dan tidak tersesat. Wah, sangat mendalam sekali ya makna kehidupan lagu dolanan ini.

Written by Ridho Nur Wahyu

Urip iku Urup

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

Lutvi: “Jadi Guru di Pedalaman Harus Multitalenta”

Waspada Sambaran Petir! Beberapa Cara Ini Bisa Menghindarinya