in

Ingin Lebih Cepat Wujudkan Impian? Mulailah Membuat Jurnal Harian

Jurnal harian pribadi ternyata memberi banyak manfaat buat diri kita

Apakah kamu biasa menulis jurnal harian untuk dirimu sendiri? (Sumber gambar: Pixabay)

Apa yang muncul di benakmu saat mendengar tentang jurnal harian? Lalu apa hubungannya dengan urusan mewujudkan impian? Sebelum bayanganmu melayang ke mana-mana dan mengira bahwa jurnal harian ini adalah serupa jurnal ilmiah, lebih baik kita berhenti dulu sejenak, rilekskan pikiran, putar musik yang menenangkan, mungkin mau ngopi dulu silakan, lalu mari kita lanjutkan…

Apakah kamu terbiasa membuat catatan di kehidupan sehari-hari? Catatan di sini kita sebut dengan jurnal harian pribadi. Membuat jurnal secara teratur, ternyata memberikan banyak manfaat. Mungkin ada yang menganggap begini: “membuat catatan setiap hari, buat apa?” Mungkin itu terlihat seperti kebiasaan yang remeh dan tidak penting. Atau ada juga yang menganggap catatan harian itu menyenangkan, atau setidaknya melegakan, tetapi masih tetap meragukan manfaatnya. Memangnya menulis tentang diri sendiri itu akan ‘mengubah sesuatu’? Pada kenyataannya lain.

Baca juga;

Sejarah telah mengabadikan bahwa menulis adalah tradisi lama yang sudah ada dari masa lampau. Bahkan, setiap sumpah ataupun perjanjian antar manusia di masa lampau diresmikan dengan bukti di atas kertas. Tulisan-tulisan tersebut menjadi sebuah dokumentasi yang dapat menuntun kita belajar.

Setelah puluhan tahun berlalu hingga saat ini, penelitian modern pun telah menemukan bahwa menulis jurnal harian atau diary memberikan pengaruh positif bagi pelakunya. Hal itu berlaku khususnya untuk jenis penulisan ekspresif, yang menumpahkan emosi. Misalnya seperti ketika menulis hal-hal kurang menyenangkan berkaitan dengan pekerjaan, hubungan dengan keluarga, persoalan dengan teman, masalah percintaan, dsb.

menulis , jurnal harian
Apakah kamu biasa menulis jurnal harian untuk dirimu sendiri? (Sumber gambar: Pixabay)

Faktanya, seperti dikutip dari portalhr.com, kebiasaan menulis jurnal harian ini akan berdampak positif untuk kesehatan fisik dan mental seperti, mengurangi tekanan darah, meningkatkan fungsi paru-paru, hati, gejala asma, iritasi usus besar, artritis, meningkatkan imunitas, dan juga memperbaiki daya ingat. Selain itu, menulis juga dapat mempercepat proses penyembuhan ketika kita sedang berada pada proses perawatan karena suatu penyakit.

Menulis dalam hal ini tidak sembarang menulis, tapi menulis dengan tangan. Menulis dengan tangan bisa menstimulus kinerja bagian otak yang bernama Recticular Activating System (RAS). Bagian otak ini berfungsi untuk meningkatkan kemampun kita untuk berfokus. Menulis dengan tangan juga dapat meningkatkan kerja motorik yang tidak dapat kita peroleh seperti ketika mengetik. Ini bisa membuat otak menjadi lebih tajam.

Ahli psikologi dan peneliti expressive writing mengungkapkan, “Menulis tentang subjek yang memancing emosi membuat penulisnya memiliki perspektif, kerangka pikir yang berbeda dan menjadi lebih terorganisasi dalam mencari penyelesaian masalah. Hal ini membuat penulis yang sebetulnya sedang menghadapi masalah menjadi lebih tenang dan tidur lebih lelap.” Cara menulisnya adalah menulis dengan cepat, tanpa perlu terlalu banyak berpikir. Tujuannya adalah untuk menumpahkan uneg-uneg dan apa saja yang ada di pikiran kita. Bahkan, dengan rutin menuliskan setiap harinya sekitar 15-20 menit, efeknya akan sama halnya dengan meditasi.

Di luar hal-hal normatif, ini juga penting sekali untukmu yang sedang mengembangkan ide kreatif dalam hal bisnis. Jadi apakah Anda sudah memiliki jurnal pribadi untuk mencatat hal-hal penting sehari-hari? Agar kita bisa merasakan manfaatnya, kita perlu tahu dulu apa saja alasannya mengapa kita perlu memiliki jurnal harian. Apa saja itu? Check this out!

1.Membantu Merefleksikan Kehidupanmu

Hidup ini, kenyataanya, selalu bergerak. Bergeraknya kadang begitu cepat. Menulis jurnal harian menawarkan kesempatan untuk berhenti sejenak, ambil jeda, dan merenungkan segala sesuatu dalam hidup ini. Refleksi dapat membantu memastikanmu melakukan apa yang perlu dilakukan sesudah hari ini.

2.Menambah Rasa Syukur

Gunakan jurnal pribadi untuk mencatat semua hal yang kamu syukuri setiap hari. Lalu jadikan itu sebagai kebiasaan yang bisa membantumu menjadi sosok yang lebih optimis dan dapat menjadi pengingat agar kamu menikmati hal-hal kecil dalam kehidupan setiap hari.

3.Bisa Mengurangi Stres

Hal positif lain memiliki jurnal harian dapat membantumu mengurangi beban mental dan stres. Alih-alih merasa seperti harus menampung semua yang ada di kepala, membuat jurnal nanti dapat membebaskan energi mental untuk mengatasi tugas-tugas lain.

menulis , jurnal harian
Saat menulis jurnal pribadi bisa membuatmu lebih tenang (Sumber gambar: Pixabay)

4.Mengidentifikasi Cara-cara Kreatif untuk Pemecahan Masalah

Pembuatan catatan pribadi bisa membantumu menganalisis pilihan-pilihan untuk pemecahan masalah. Kamu dapat menuliskan plus minus dari setiap gagasan yang terlintas di kepala dan menganalisis setiap solusi, kira-kira mana yang mungkin menghasilkan yang terbaik. Mudah-mudahan ini dapat membantumu mengidentifikasi cara-cara kreatif untuk menyelesaikan masalah dan membantumu untuk lebih merasa percaya diri tentang pilihanmu.

5.Membantumu Mewujudkan Impian dengan Cepat

Saat kamu mulai menuliskan impian-impianmu, maka kamu akan lebih mungkin untuk menetapkan batas waktu dan bagaimana mencapainya. Setelah menetapkan batas waktu dan langkah-langkah yang akan mulai kamu ambil, kamu telah mengubah mimpi menjadi hal-hal realistis yang jauh lebih mudah diraih, setelah mulai menuliskan langkah-langkah tindakan dari apa yang akan kamu lakukan.

6.Untuk Mengukur Pencapaianmu Selama Ini

Mencatat pencapaian akan membantumu melacak rekam jejakmu sendiri. Meninjau ulang daftar pencapaian tentunya dapat sangat membantu ketika kita mempertimbangkan langkah demi langka: apakah perlu mengambil risiko lain atau tidak. Membayangkan saat kerja kerasmu telah terbayar, itu pun dapat menambah tingkat kepercayaan dirimu. Jadi, apakah kamu mau membiasakan membuat jurnal harian?

refleksi , jurnal harian
Apakah kamu biasa mencatat di jurnal harian? (Sumber gambar: Pixabay)

Lalu Apa Lagi Selain Itu?

Banyak orang merasa tidak nyaman untuk membicarakan perasaannya secara langsung dan terbuka. Bagaimana kalau menempatkan pena di atas kertas tentang apa yang muncul dalam pikiranmu, itu ternyata membantu memberikan informasi tentang kurang lebihnya dirimu? Karena itu, menuliskan catatan atau jurnal pribadi bisa menjelaskan perasaan tanpa takut dihakimi oleh orang lain. Lalu apa lagi selain itu? Paling tidak, menuliskan hal-hal tentang pikiran, pengalaman, dan perasaanmu itu dapat membantu mengembangkan pemahaman yang jauh lebih baik tentang dirimu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

tiket , kereta api

Tips Membeli Tiket Kereta Api Online untuk Mudik Lebaran 2019

alam , puisi

[Ruang Fiksi] Dengarkan Suara Alam yang Ingin Bersajak