in ,

Penasaran Sama Sifat Asli Seseorang? Temukan dengan 10 Cara Ini

Ada beragam cara untuk menebak kepribadian seseorang

Ada beragam cara untuk mengetahui kepribadian seseorang. (Sumber gambar: Martin Pechy on Unsplash)

Sebagai makhluk hidup yang harus bersosialisasi dan tidak bisa hidup sendiri, kita cenderung memiliki penilaian tersendiri akan sifat asli atau kepribadian seseorang yang kita kenal maupun orang yang hanya sebatas tahu.

“Oh, dilihat dari gaya bicaranya sepertinya dia congkak” atau “Kalau kulihat dari gaya berpakaiannya dia pasti orang yang misterius.” Dan masih banyak lagi persepsi kita akan kepribadian atau sifat asli orang lain. Nah, kali ini Ublik akan memberi tahu 10 cara mengetahui sifat asli seseorang. Yuk, check this out!

1.Cara Memperlakukan Orang yang Dianggap Inferior

Nggak bisa dipungkiri terkadang kita merasa superior dibandingkan yang lain. Misalnya saja nih kita bekerja sebagai pegawai negeri dengan pakaian rapi dan seragam keren. Lalu saat melintas di jalan raya kita bertemu dengan petugas kebersihan yang sedang menyapu jalanan di siang terik dengan kulit menghitam terpanggang matahari. Keadaan tersebut mungkin membuatmu beranggapan petugas tersebut inferior.

Untuk mengetahui sifat asli seseorang, lihatlah bagaimana caranya memperlakukan orang lain. Apakah dia tetap berlaku sopan pada siapa saja tanpa memandang status sosial? Atau jangan-jangan dia bersikap santun hanya pada orang yang dianggap setara atau malah lebih tinggi darinya?

Jika orang tersebut menjadikan status sosial sebagai ukuran berbuat sopan atau tidaknya, bisa jadi dia merupakan orang yang sombong dan merendahkan orang lain.

2.Saat Berjabat Tangan

Pernah berjabat tangan dengan seseorang dan merasa genggamannya kuat? Berarti dia adalah orang yang percaya diri. Apalagi jika tatapan matanya langsung menatap mata kamu. Sebaliknya, jika jabatan tangannya lemah bisa jadi mereka adalah orang-orang yang tidak percaya pada dirinya sendiri.

3.Cara Berjalan

cara berjalan , sifat asli
Cara berjalan dapat membantu meraba karakter seseorang. (Sumber gambar: Chris Barbalis on Unsplash)

Ada beragam cara berjalan. Dari situ kita bisa menilai sifat asli mereka, lho! Jika kamu melihat orang tersebut berjalan cepat dengan menumpukan berat badan ke depan, mereka adalah orang yang berpikir logis dan produktif. Tetapi di sisi lain mereka adalah orang yang gemar bersaing dan dingin.

Kalau ada orang berjalan jinjit dengan mata mengarah ke bawah, kemungkinan mereka adalah orang introvert yang pemalu serta sopan. Jika dia berjalan dengan kepala tegak, bahu ke belakang, dan dada ke depan, mereka adalah orang yang pandai bergaul, menyenangkan, berkarisma, tetapi bisa jadi cenderung merebut perhatian yang semestinya bukan untuk dia.

Nah, cara jalan yang terakhir yaitu orang yang menumpukan berat tubuh pada kakinya. Dia adalah orang yang mengutamakan urusan pribadi daripada pekerjaan dan lebih tertarik pada orang lain daripada karir.

4.Gaya Berbelanja

Sadar nggak sih gaya berbelanja itu sangat menunjukkan kepribadianmu? Coba deh perhatikan bagaimana gaya orangtuamu saat membeli pakaian. Biasanya orangtua yang teliti gemar melihat produk yang dibeli secara detail, bertanya ini-itu sampai puas, mengecek keadaannya apakah ada lecet atau rusak, hingga memikirkan apakah kelak bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan ada pula orang yang hanya mengandalkan informasi umum ala kadarnya saja. Yang penting dia jadi membeli barang yang diinginkan tanpa berpikir panjang. Berarti mereka bukan orang yang detail dan teliti.

Ada pula orang yang berbelanja dengan boros. Mereka membeli barang apa saja yang menarik tanpa memikirkan apakah mereka sebenarnya memerlukannya atau tidak. Sebaliknya, ada orang yang menunggu dengan sabar sampai barang yang dibutuhkan ada diskon. Atau menahan diri untuk tidak membeli barang yang tidak ada gunanya. Mereka adalah orang yang cermat dalam keuangan.

5.Berperilaku Kepada Keluarga

keluarga , sifat asli
Cara seseorang memperlakukan keluarga dapat menjadi petunjuk sifat aslinya. (Sumber gambar: Ben Konfrst on Unsplash)

Untuk melihat kepribadian seseorang dengan lebih cermat lihatlah bagaimana dia memperlakukan keluarganya. Banyak sekali laki-laki yang menjadi pemimpin di luar rumah, tetapi gagal dalam memimpin istri dan anak-anaknya. Di rumah mereka temperamental dan memperlakukan anggota keluarga lain seenaknya. Banyak pula wanita yang lemah lembut dengan orang lain tapi membentak keluarganya di rumah.

Jika seseorang itu baik dan berbakti pada keluarga, biasanya ketulusan itu dapat terlihat dalam lingkungan pergaulannya. Anak yang dibesarkan dengan cinta cenderung mudah pula memberi kasih sayang pada orang di sekitarnya.

6.Menceritakan Masalah

Biasanya ketika menghadapi masalah, kita mencari pertolongan dengan menceritakannya pada orang lain. Saat bercerita, ada berbagai tipe pendengar yang secara langsung memberi kesan pada kita. Ada teman yang mendengarkan cerita kita dengan saksama, ada pula yang gemar memotong dan malah balik bercerita dan membuat kita kesal.

Bila orang tersebut senang membicarakan dirinya sendiri, bisa jadi mereka adalah orang yang egois dan keras kepala. Jika ada orang yang mendengarkan dengan baik, kemungkinan memang sifat asli mereka ramah dan rendah hati.

7.Berswafoto

swafoto , sifat asli
Berekspresi positif saat swafoto ternyata ada artinya. (Sumber gambar: Alex Espinar on Unsplash)

Generasi milenial sih sudah akrab sama yang namanya selfie alias swafoto. Cakep dikit, cekrek! Kamu tahu nggak kalau dari gaya berswafoto kita bisa melihat sifat asli orang tersebut? Dilansir dari Kompas.com, dari hasil studi Nanyang Technological University Singapore pada tahun 2015 lalu, peneliti menemukan fakta bahwa orang lebih mudah setuju cenderung mengambil foto dari bawah. Sedangkan orang yang berhati-hati enggan membagi foto di ruang publik.

Orang yang berekspresi positif seperti tersenyum atau tertawa adalah orang yang terbuka pada pengalaman baru. Orang yang gemar swafoto sambil memajukan bibir atau bergaya mulut bebek memiliki masalah emosional.

Duh, langsung nggak mau manyun-manyun lagi kalau lagi swafoto. Hahaha.

8.Saat Bekerja Tim

Saat bekerja di dalam sebuah tim, pasti kamu akan menemukan berbagai macam karakter  alias sifat asli orang. Ada yang cenderung manut-manut saja dan tidak memiliki pendapat sendiri. Biasanya mereka adalah orang yang menghindari konflik. Ada pula yang gemar mengatur tetapi nggak banyak kerja. Mereka egois dan mau menang sendiri.

9.Menemui Suatu Masalah Secara Tiba-tiba

Seringkali masalah datang tanpa diduga sebelumnya. Ada orang yang tetap tenang ketika menemui masalah, berapapun tingkat kedahsyatannya. Mereka adalah orang-orang yang tetap berpikiran dingin di saat sulit. Ada pula yang langsung panik dan ingin menyerah. Mereka adalah orang yang mudah cemas dan gampang putus asa jika suatu hal tidak berjalan sesuai harapan.

10.Mendaki Gunung

mendaki gunung , sifat asli
Pendaki gunung biasanya memiliki kepribadian introvert. (Sumber gambar: Santiago Gomez on Unsplash)

Ada yang punya hobi mendaki gunung? Biasanya pendaki memiliki semangat juang. Demi melihat pemandangan alam yang menakjubkan mereka secara konsisten mendaki secara bertahap. Konon, orang introvert cenderung memilih gunung daripada berlibur di pantai yang dipadati pengunjung.

Demikian 10 cara mengetahui sifat asli seseorang. Mungkin nggak semuanya tepat, ya, karena sifat manusia sungguh kompleks. Tetapi setidaknya begitulah gambaran besar karakter orang yang biasanya kamu temui di sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

mempercayai orang , bisa dipercaya

Sikap Seperti Ini Bikin Kamu Jadi Pribadi yang Bisa Dipercaya

plastik , zero waste

Kurangi Penggunaan Plastik, Coba Zero Waste Lifestyle Ala Anak Millenial