in ,

Cara Mengatur Pola Pikir agar Hidup Lebih Bahagia

Bahagia itu sederhana, sahabat.

Ilustrasi travelling

Sahabat Ublik, setiap orang memiliki problematika sepanjang hidupnya. Entah itu masalah kecil atau masalah besar, pola pikir kitalah yang memegang kendali atas apa yang akan kita ambil. Maka dari itu tidak seharusnya mengeluhkan tanpa berbuat apa-apa. Malahan permasalahan tersebut menjadikan kita lebih bijak dalam menjalani kehidupan ke depannya. Momen lebaran bisa dimanfaatkan untuk membuka lembaran baru dengan hati yang lebih bersih, salah satunya dengan mengatur pola pikir yang lebih baik. Tentu kita tidak ingin bukan, bertindak gegabah atau tanpa pertimbangan yang matang dalam menyelesaikan masalah? Bagaimana mengatur pola pikir agar hidup lebih bahagia? Berikut beberapa tipsnya.

1. Olahraga

Cara Mengatur Pola Pikir agar Hidup Lebih Bahagia dengan olahraga
Ilustrasi olahraga

Olahraga banyak manfaatnya lho, sahabat. Sedari duduk di bangku sekolah, olahraga merupakan salah satu dari banyaknya mata pelajaran yang diajarkan. Selain menyehatkan bagi tubuh, juga membuat pikiran lebih rileks. Beban pikiran akan lebih ringan bersamaan dengan pembakaran energi dan keringat yang dikeluarkan. Sahabat bisa melampiaskan emosi di dalamnya, seperti boxing, basket, dan sebagainya. Sahabat juga bisa mencoba yoga untuk relaksasi pikiran.

2. Membaca Buku

Cara Mengatur Pola Pikir agar Hidup Lebih Bahagia dengan membaca buku
Ilustrasi membaca buku

Tentunya kita tidak asing dengan pepatah ‘Buku adalah jendela dunia’. Nah, membaca buku dapat menambah wawasan sehingga pola pikir kita akan berkembang. Tidak hanya itu, aktivitas ini dapat melatih fokus, mempertajam daya ingat, menghubungkan diri dengan dunia luar, dan masih banyak lagi.

3. Berpikir Positif dan Optimis

Pemikiran yang positif disertai optimis sangat membantu untuk mewujudkan hidup bahagia. Pikiran seperti ini akan memacu kita untuk lebih produktif dan percaya diri dalam mengerjakan sesuatu. Dua pikiran ini dapat melawan stres dan membantu bangkit dari keterpurukan. Dari suatu penelitian juga disebutkan pikiran positif dan optimis dapat memperpanjang umur, yang tentunya disertai dengan pola hidup yang sehat.

4. Jangan Mudah Sensitif

 

Apabila sahabat mudah tersinggung, marah, dan sejenisnya, ingatlah bahwa kita tidak memiliki kuasa untuk mengatur orang lain agar menyukai kita. Jangan mengacuhkan haters, karena hanya akan membuang waktu. Pun bisa mengundang berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, hipertensi, hingga stroke, dan berujung kematian. Sebagaimana orang berhak menilai, pun kita bersikap untuk tidak peduli. Sahabat perlu menghindari orang-orang toxic semacam itu. Kontrol emosi dengan mengambil napas panjang dan embuskan, lalu tersenyum.

5. Bentuk Circle Pertemanan yang Positif

Pergaulan yang positif turut serta membentuk pola pikir yang positif pula. Memiliki teman yang selalu mendukung dalam setiap proses, menemani dalam kegagalan, dan membantu untuk bangkit kembali, tidakkah itu sempurna? Kita tidak akan menemukan teman yang benar-benar sempurna, karena kesempurnaan dibentuk bersama orang-orang yang saling melengkapi kekurangan dan kelebihan satu sama lain.

Circle tersebut juga bisa didapat melalui bergabung dalam komunitas, sesuai minat dan bakat yang dimiliki. Selain itu komunitas tersebut bisa dijadikan wadah untuk berdiskusi atau bertukar pikiran sehingga sosialisasi semakin luas. Perluas hubungan baik dengan sesama agar kita mendapat perlakuan yang serupa.

6. Travelling

Cara Mengatur Pola Pikir agar Hidup Lebih Bahagia
Ilustrasi travelling

Sesekali sempatkan waktu untuk berjalan-jalan. Travelling adalah cara mengistirahatkan diri dari rutinitas keseharianmu yang melelahkan dan membosankan. Sahabat bisa mengikutsertakan keluarga, teman-teman, juga partner hidup untuk melengkapi perjalanan. Mengunjungi tempat yang baru akan membuatmu bertemu dengan orang-orang baru, kemampuan komunikasi akan terasah, pengalaman pun akan bertambah. Yuk mulai sekarang tulis list tempat yang ingin dikunjungi dan jangan lupa untuk menyisihkan sebagian pendapatan, ya! Jangan sampai kamu dibilang kurang piknik.

7. Dekatkan Diri kepada Tuhan

Segala yang terjadi di dalam hidup kita, Tuhan memegang peran sebagai penentu atas apa usaha yang kita lakukan. Maka dari itu, selalu libatkan Tuhan di dalam setiap prosesnya. Tanamkan positive thinking sekalipun kita gagal, karena Tuhan selalu tahu yang terbaik untuk kita.

Pola pikir sempit tidak akan membawa manfaat bagi kehidupan. Maka dari itu, agar hidup lebih bahagia atur pola pikir agar terbuka dan tidak mudah menerima (harus pandai memfilter) hal-hal yang masih bersifat dugaan dan mulailah mengaplikasikan beberapa tips di atas dalam hidupmu, sahabat!

Ditulis oleh Yustika Ayu Lestari

Mahasiswi aktif FMIPA Biologi Universitas Terbuka Jember, dan bekerja sebagai asisten laboratorium di PT. Mangli Djaya Raya, Jember.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

lembur

Yakin Mau Lembur? Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

Mengatasi Kegalauan saat Melihat Kesuksesan Orang Lain

Mengatasi Kegalauan saat Melihat Kesuksesan Orang Lain