in

Cara Cari Uang Tambahan Berkelas Ala Mahasiswa

Teruntuk mahasiswa perantauan yang bukan berasal dari keluarga kaya raya. Pengetahuan untuk mengelola keuangan adalah hal mutlak yang wajib dimiliki. Uang transferan orang tua yang biasanya untuk biaya kos, makan, praktikum dan sebagainya. Menyebabkan mahasiswa harus pandai mengatur uang yang seadanya itu.

Bagi sebagian mahasiswa, bekerja paruh waktu (part time) seperti menjadi waitress, barista atau guru les privat adalah hal biasa. Jenis-jenis pekerjaan tersebut sudah terlalu mainstream dan sedikit menyita waktu. Apalagi untuk mahasiswa super sibuk dengan kegiatan praktikum ataupun organisasi. Bekerja paruh waktu bukanlah pilihan yang tepat.

Mahasiswa plus anak kos memang dikenal sebagai golongan kaum yang kelihatan ’wah’ sekali. Aktif sana sini, menjadi aktivis organisasi dan mengabdi pada negeri. Padahal kenyataannya, banyak yang kere sehingga puasa senin kamis menjadi alternatif solusi.

Dengan kebutuhan yang terus bertambah, harus diikuti dengan pemasukan yang juga harus ditingkatkan. Tenang, berikut beberapa pilihan pekerjaan freelance untuk mahasiswa yang tidak hanya ringan. Namun juga terlihat keren bagi beberapa mahasiswa dan tentunya cukup efektif menghasilkan uang tambahan untuk mahasiswa. Juga telah saya rasakan alias sudah saya coba sendiri.

Membantu Selesaikan Tugas Teman 

Kalau ditanya masalah halal haram-nya, jujur saya tidak tau. Apa salahnya membantu teman yang malas tetapi punya modal uang? Kalau dulu, saya ada tawaran menulis tangan dengan upah sebesar Rp 20.000/satu lembar kertas folio. Namun ini perlu kesadaran diri bahwa kamu harus mempunyai tulisan yang rapi. Waktu itu saya sadar kalau tulisan saya naudzubillah jeleknya.

Kalau sudah sadar bahwa tulisan tanganmu buruk, tenang masih ada cara lain. Kamu bisa mengerjakan tugas kecil-kecilan temanmu.

Seperti membuat makalah atau PPT. Kalau saya dulu, sering dapat bagian mengerjakan tugas. Bukan bermaksut sok pintar, tetapi saya cuma punya modal otak bukan uang. Lalu untuk tugas nge-print dan jilid saya serahkan kepada mahasiswa satu kelompok yang berduit. Lumayan bisa mengurangi pengeluaran cetak kertas dan bisa buat beli mie instan.

Adapula teman saya yang membuka jasa menerjemah jurnal. Apabila kamu merasa memiliki IQ super tinggi ataupun super cerdas. Bisa menjadi joki skripsi juga. Membantu mengerjakan skripsi teman ataupun kakak tingkat yang belum lulus. Intinya kamu harus membangun relasi agar punya kenalan yang membutuhkan jasamu.

Saya pernah dengar cerita dari teman saya sendiri bahwa kenalannya menjadi joki skripsi. Ia bahkan bisa membeli HP bermerek buah-buahan yang terkenal itu, lho.

Freelance Sesuai Skills

Nah, kalau ini sepertinya bisa dikerjakan siapa saja, tidak hanya mahasiswa. Kalau kamu suka menulis artikel, bisa menjadi writer freelance. Apabila kalau kamu suka dunia desain grafis pun bisa. Selain itu, jika kamu mempunyai kemampuan pemrograman, lebih baik lagi. Teman saya ada yang jadi joki coding, sekali proyek bisa sampai jutaan rupiah lho.

Menjadi freelancer memang ada untung dan ruginya. Pekerjaan ini bisa dikerjakan kapan saja, yang artinya fleksibel. Namun, kamu harus siap-siap dengan revisi dari customer. Gapapa lah, itung-itung belajar menerima revisi skripsi dari dosen pembimbing suatu saat nanti.

Cara Cari Uang Berkelas Ala Mahasiswa
freelancer. Sumber: Pixabay

Ikut Lomba Karya Tulis

Jangan mengira bahwa mengikuti lomba karya tulis, esai ataupun business plan hanya untuk memperoleh sertifikat penghargaan atau piala. Barang-barang tersebut sebatas apresiasi tambahan akan kerja keras.

Saya memiliki seorang teman yang menjadikan lomba sebagai pekerjaan. Setiap minggunya ia akan melalang buana hingga ke penjuru negeri. Berkeliling kampus-kampus negeri hingga swasta untuk mengikuti perlombaan.

Selain dikenal sebagai mahasiswa yang berprestasi. Menjadi finalis perlombaan juga merupakan momen untuk jalan-jalan gratis hingga ke luar negeri. Di kampus saya sendiri, ada anggaran untuk mahasiswa yang ingin mengikuti lomba.

Mulai dari biaya registrasi, transportasi, akomodasi dan lain-lain semua ditanggung kampus. Apabila memperoleh juara, kamu masih akan mendapatkan uang tunai dari pihak penyelenggara. Bahkan jika lolos sebagai finalis, saya juga mendapatkan uang lagi dari kampus. Prestasi dapat, uang juga dapat!

Bagaimana temen-temen mahasiswa, tertarik mencoba pekerjaan freelance yang mana? Atau ada lagi pekerjaan freelance selain diatas yang belum disebutkan sebagai cara menghasilkan uang tambahan untuk mahasiswa.

Report

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Melamar Kerja Tanpa Pengalaman? Ini Tipsnya Buat Fresh Graduate

Panduan dan Tips Dalam Membuat Life Plan yang Tepat