in

Cara Biar Nggak Galau Walau Tak Mudik Lebaran

Buat yang nggak mudik lebaran, simak ini nih biar nggak ngenes-ngenes banget

Bagi orang yang nggak bisa mudik lebaran itu adalah hal yang cukup bikin galau. (Sumber gambar: Alexander Popov on Unsplash)

Sahabat Ublik, apakah kamu berkesempatan untuk mudik lebaran tahun ini? Pasti sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari, ya, seperti pemesanan tiket dan menyiapkan barang apa yang akan dibawa sebagai oleh-oleh. Hati jadi nggak sabar mau cepat pulang kampung!

Tetapi sayangnya tidak semua orang bisa kumpul bareng keluarga. Ada berbagai alasan mengapa di saat Hari Raya tiba, mereka justru harus tetap berada di tempat perantauan. Entah karena terkendala biaya, pekerjaan yang sulit ditinggalkan, dan lain sebagainya.

Cukup sedih sih sebenarnya. Idulfitri kan kesempatan untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan dengan keluarga besar, teman-teman sedari kecil, tetangga di sekitar rumah, dan tentu saja menikmati sajian kuliner yang luar biasa banyak dan menggugah selera. Tidak menutup kemungkinan juga ada calon jodoh yang datang bertamu, atau kamu yang datang ke rumahnya. Berawal dari silaturahmi, jadi sepasang istri dan suami. Eaaaa…. Rasanya hati jadi hangat dan penuh karena banyak mengumbar senyum hari itu.

Baca juga;

Bagi Sahabat Ublik yang belum bisa melaksanakan mudik lebaran, rileks aja! Mending simak 5 cara biar nggak galau walau tak mudik lebaran di bawah ini dan sambut hari raya dengan sukacita.

1.Fokus dengan Pekerjaan

fokus kerja , mudik lebaran
Fokus pada pekerjaan bisa mengalihkan perhatian. (Sumber gambar: William Iven on Unsplash)

Bagi kamu yang tidak mudik karena terhalang pekerjaan, maka itu bisa jadi kesempatanmu buat mengalihkan pikiran dari rasa sedih dan rindu yang menggelegak di dada. Apa pun pekerjaannya, banyak-banyaklah membantu orang lain pada hari itu dengan harapan orang yang senang karena kamu bantu akan menambah pahala dan membuatmu merasa berguna.

Contohnya adalah para pekerja medis yang harus selalu siap siaga merawat korban kecelakaan yang kerap terjadi saat arus mudik sedang tinggi-tingginya. Atau polantas yang mengatur ketertiban lalu lintas. Begitu juga polisi yang harus menangani berbagai kasus kejahatan karena penjahat tidak mengenal hari libur.

Jika kamu berprofesi sebagai reporter yang tidak berhasil mendapat jadwal cuti, suka nggak suka kamu harus tetap bekerja bahkan menggantikan mereka yang mendapatkan izin. Karena ruang redaksi harus selalu bekerja demi memberikan informasi pada masyarakat. Jika pihak media libur, kita jadi kekurangan berita, dong.

Intinya kita harus bersyukur dengan pekerjaan yang telah kita miliki. Bisa saja di lain waktu kamu bisa pulang kampung dengan lebih nyaman karena bukan di masa mudik Lebaran atau liburan.

2.Mengembara di Medsos

medsos , mudik lebaran
Melihat kebahagiaan orang lain di medsos mungkin bisa bantu mengobati rindu. (Sumber gambar: George Pagan on Unsplash)

Merasa galau itu wajar, kok, Sahabat Ublik. Apalagi kalau lihat teman-teman di dunia nyata maupun di dunia maya kompak mudik dan membagikannya di media sosial. Bawannya mupeng ingin berkumpul dengan keluarga juga.

Terdapat berbagai tipe orang dalam menyikapi hal ini. Ada yang saking mupengnya sampai jadi makin sedih. Tetapi ada juga yang dengan melihat momen kebersamaan orang lain selama Idulfitri justru bikin perasaan jadi ikut bahagia. Senyum yang terpancar di wajah orang lain bikin kita jadi ingin senyum juga.

Kalau kamu tipe yang pertama, sebaiknya sibukkan dirimu dengan hal lain. Kamu bisa menggunakan waktu untuk melakukan hal yang produktif dan yang kamu sukai. Jika kamu tipe kedua, yaaah, aman-aman saja mengembara di medsos dan mengambil sebanyak-banyaknya aura positif dari berbagai gambar dan video yang kamu lihat.

Percaya kalau suatu hari kesempatan itu akan datang padamu. Hal itu bisa bikin kamu lebih menghargai momen dengan keluarga, lho!

3.Makan Enak

makan , mudik lebaran
Makan enak bisa bikin kamu senang lagi. (Sumber gambar: www.unileverfoodsolutions.co.id)

Hari Raya identik dengan makanan enak. Makanan terkenal seperti rendang dan opor ayam buatan Ibu memang bikin rindu serindu-rindunyaaaaaa (jangan-jangan bacanya sambil nyanyi, hehe). Tapi apa daya, keinginan mudik tak bisa terkabulkan. Maka rencana makan makanan enak haruslah tetap terlaksana.

Kamu bisa cari restoran yang buka pada hari itu dan bersikap murah hatilah pada dirimu sendiri. Pesanlah makanan yang dapat mengobati rindumu akan rumah. Kamu nggak usah memikirkan biayanya. Mungkin di hari lain kamu bisa berpuasa kembali kalau tiba-tiba uang sudah raib di dompet.

4.Tetap Silaturahmi

Hubungi keluarga dan teman-teman di kampung halaman. Kan, zaman sekarang kamu masih bisa tatap muka atau paling nggak teleponan dengan mudah meski berada di ujung dunia yang berbeda. Kamu di sini dan kau di sana. Hanya berjumpa via suara. Lah, nyanyi lagi! :p

Pokoknya, nih, meski ragamu tak bersama mereka, paling nggak jika saling mengontak kamu dan mereka jadi tahu kalau kalian ada di hati satu sama lain. Walau rasanya ingin sekali sungkem sama Ibu dan Bapak, tapi melihat mereka dikelilingi banyak orang bikin kamu senang karena mereka nggak kesepian.

5.Berkenalan dengan Orang Sekitar

silaturahmi , mudik lebaran
Bersilaturahmi dengan tetangga di sekitar tempat tinggalmu bisa bikin suasana Lebaran jadi makin terasa. (Sumber gambar: Maximillian Conacher on Unsplash)

Anak rantau biasanya tinggal di lingkungan yang cukup asing. Nggak semua warga kamu kenal. Biasanya yang gampang diajak sosialisasi itu para penjual makanan, toko sembako, toko pulsa, orang yang sering ditemui di tempat ibadah, dan mereka yang memiliki keperluan denganmu.

Dengan datangnya hari raya, kamu jadi punya alasan buat mulai bersilaturahmi dan berkenalan dengan lebih banyak orang di sekitar tempat tinggalmu. Memiliki banyak kenalan di daerah tersebut bikin kamu merasa nggak sendiri.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

cara atur keuangan

5 Cara Mengatur Keuangan Untukmu yang Baru Kerja, Biar Gaji Ngga Cuman Numpang Lewat

Mendaki gunung minim nyampah itu nggak mustahil, kok. (Sumber gambar: Lucas Clara on Unsplash)

4 Tips Mendaki Gunung Minim Nyampah